Jumat, 21 Agustus 2020

Helikopter yang terlihat melayang di udara


Dalam sebuah video yang sempat viral, seseorang merekam helikopter yang tampak mengambang di udara tanpa menggerakkan baling-baling rotornya.

Video yang dibagikan di Twitter itu sempat membuat heboh media sosial, karena rotor helikopter tersebut seakan membeku, membuat helikopter itu seperti melayang di udara.

"Tampak seolah-olah baling-baling helikopter itu diam dan kendaraan itu mengambang secara ajaib di langit."


Beragam komentar pun bermunculan, seperti :

"Saya tahu sihir saat melihatnya."

"Matriksnya rusak."

"Terlalu banyak bagi otak saya untuk memahami bagaimana itu bahkan mungkin (terjadi)."

"Itu gila, anda masih bisa melihat rotor ekornya bekerja, atau bahkan akan (bekerja) lebih aneh."


Meskipun pemandangan ini terlihat sangat aneh, ada penjelasan yang sederhana untuk menjelaskan kejadian ini, dan ini melibatkan kamera itu sendiri yang telah menyebabkan ilusi optik.

Si perekam video (Videografer) mengatur kecepatan frame kamera secara sinkron (sesuai) dengan kecepatan putaran rotor helikopter.

"Laju frame kamera cocok dengan rotor helikopter."


Dalam video helikopter yang direkam oleh juru kamera, Chris Fay, frame rate dan shutter speed disinkronkan dengan sempurna untuk menangkap efek "freeze frame" dari baling-baling helikopter.

Chris Fay menjelaskan bagaimana dia merekam video tersebut.

"Saya merekam video ini pada bulan Januari di Hong Kong. Saya merekam video menggunakan Smartphone Samsung S7 yang diatur pada 'Pro Function', di mana anda dapat menyesuaikan ISO dan shutter speed secara manual, sehingga anda memiliki kontrol penuh. Untuk menghilangkan motion blur, anda harus mengatur shutter speed ke nilai yang sangat tinggi. Video aslinya ditangkap dalam QHD, yaitu 2560 x `440 Pixel pada S7."

"Frame ratenya adalah 30 fps. Saya menduga bahwa kecepatan helikopter memiliki kecepatan rotasi sekitar 6 putaran per detik dan karena 30 fps di kamera adalah kelipatan dari itu, bilah (helikopter) terlihat seperti tidak bergerak."

"Helikopter itu memiliki kecepatan RPM (rounds per minute/putaran per menit) yang sama saat lift off. Keadaan ini membantu menciptakan ilusi ini."



Popular Mechanics menjelaskan :

"Tidak peduli seberapa cepat kamera dapat memotret, kamera hanya dapat menangkap satu gambar pada satu waktu, dan ketika menangkap sesuatu yang berputar secepat bilah helikopter, (kamera) kehilangan banyak gerakan. Ini menjelaskan keanehan (yang terlihat), tetapi video di atas dan contoh lain yang seperti itu adalah kebetulan yang sangat jarang - saat kecepatan putaran bilah (helikopter) dan shutter speed kamera cocok dengan sempurna dan setiap frame menangkap bilah (helikopter) di tempat yang sama."

(Sumber : ‘Witchcraft, Jedi Luke or sorcery’ Video of ‘floating’ helicopter sparks varied reactions among people, Watch This helicopter looks like it's floating, but there's a simple explanation, The Floating Helicopter Viral Video - How It Was Shot cinema5D)

5 komentar: