Sabtu, 01 Agustus 2020

Legenda Monster Lough Ree


Monster Lough Ree adalah makhluk cryptid sepanjang 6 kaki (1,8 meter) yang dikatakan mendiami Lough Ree, sebuah danau di dataran tengah Irlandia.

Danau ini mendukung perikanan belut komersial kecil dan secara lokal terkenal akan belutnya. Seperti beberapa lough Irlandia lainnya, Lough Ree telah menjadi tempat penampakan monster danau selama bertahun-tahun.

Makhluk ini telah terlihat selama berabad-abad dan dikabarkan berenang dengan stabil dan tidak ada gangguan/gelombang yang tampak di air. Bagian tubuhnya saat berada di atas air tidak bergelombang. Makhluk ini berenang menuju pantai, kemudian tenggelam secara bertahap, menghilang dan muncul kembali. Sekitar 30 meter dari pantai, ia akan tenggelam lagi dan tidak muncul kembali ke permukaan.

Surat kabar lokal menerbitkan kisahnya di BBC secara internasional, melaporkan penampakan dan menerbitkannya dalam berbagai bahasa. Kesaksian ketiga pendeta juga memberi kredibilitas bagi keberadaan makhluk cryptid ini.

Ketiga pendeta melihat "objek sangat aneh yang bergerak perlahan di permukaan yang rata dan tenang, sekitar 80 meter jauhnya. Mereka menyatakan bahwa mereka melihat "kepala seperti ular" yang meruncing, dan menduga panjangnya lebih dari 20 kaki (6 meter).


Ketika orang skeptis mencoba membantah penampakann dengan mengatakan itu adalah kasus kesalahan identifikasi, beberapa penduduk setempat maju dengan menjelaskan penampakan dan pertemuan yang mereka alami.

Beberapa ceritanya sebagai berikut :

Dua pria sedang berjalan di tepi Teluk St. mark pada suatu malam. Mereka melihat apa yang tampak seperti anak sapi yang berenang di air. Saat mencoba menyelamatkannya, binatang itu tenggelam di area yang dipetakan sedalam 21 meter, dan tidak ada yang ditemukan.

Paddy Hanley (pensiunan tukang pos) mengatakan bahwa 30 sebelum penampakan yang dialami pendeta, dia sedang memancing di utara Yew Point di mulut Bally Bay ketika sesuatu yang kuat menarik tali pancing. Dia diseret di sekitar danau sampai dia bisa memotong tali tersebut.

Dua pengalaman serupa juga dilaporkan oleh FJ Walters dan dua turis Inggris.

Nelayan lokal, Patrick Ganley dan Joseph Ouigly (2 bulan sebelum penampakan pendeta), mengalami pertemuan dengan makhluk besar tak dikenal yang masuk ke jaring tombak mereka. Patrick dan Joseph tidak bisa melihat ukurannya karena makhulk itu memercikan air setinggi sekitar 1,8 meter ke udara.

Mereka mengatakan bahwa apa pun yang mereka temui, sama kuatnya dengan seekor kuda dan setelah makhluk itu melarikan diri, ada lubang berukuran 9 kaki (2,7 meter) di jaring mereka.


Banyaknya perjumpaan dengan monster Lough Ree mendorong tim beranggotakan tiga orang dari GUST (Global Underwater Search Team), termasuk Jan Sundberg, untuk melakukan ekspedisi selama lima hari ke Lough Ree pada Juni tahun 2001.

Saat ekspedisi, Sundberg mendengar suara aneh ketika menggunakan mikrofon. Suara itu sangat mirip dengan yang dia dengar saat memimpin ekspedisi di Norwegia. Sundberg dan yang lainnya melihat objek seperti tabung gelap yang tampak berenang menjauh dari sebuah pulau oleh sesuatu yang bergerak tetapi tidak terlihat di bawah air.

Sejauh ini, bukti seperti penampakan, suara, dan pertemuan dengan makhluk ini telah dikumpulkan, tetapi tidak ada makhluk yang berhasil di tangkap atau bangkai yang berhasil ditemukan, sehingga tidak ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung keberadaannya.

(Sumber : Irish Cryptid Lough Ree Water Monster)

1 komentar: