Senin, 27 Juli 2020

Foto Kelelawar raksasa di Filipina


Beberapa waktu lalu, media online sempat diramaikan dengan gambar kelelawar yang dikabarkan berukuran sebesar manusia yang bergantung di atap sebuah rumah di Filipina.

@AlexJoestar622 memposting gambar kelelawar raksasa itu di Twitter dengan keterangan : "Ingat ketika saya mengatakan kepada anda semuanya tentang Filipina yang memiliki kelelawar seukuran manusia ? Ya, ini yang saya maksud."


Pengguna lain pun berkomentar seperti :

"Bayangkan kelelawar ini bangun dan terbang ke arahmu. Saya akan meninggalkan negara itu."

"Kelelawar ini lebih tinggi daripada saya dan saya sama-sama takut dan terkesan."


Gambar itu sendiri asli dan tidak melibatkan Photoshop. Alasan yang membuat kelelawar itu tampak lebih besar adalah karena forced perspective

Kelelawarnya sendiri adalah jenis giant golden crowned flying fox (Kelelawar Mahkota Emas), yang hanya seukuran anjing kecil. Sementara kelelawar tidak berukuran seperti manusia, rentang sayap flying fox dapat mencapai sekitar 5.5 kaki (1,7 meter) dengan panjang tubuh sekitar 30 cm.

Pengguna Twitter yang berasal dari Filipina menulis :

"Heya, dari Filipina di sini. Saya dapat mengonfirmasi ini, mereka (kelelawar) memiliki bentang sayap yang besar sekali tetapi tubuhnya tidak benar-benar besar, kurang lebih tubuhnya sama dengan anjing berukuran sedang yang (sedikit lebih kecil)."

Pengguna Reddit bahkan memposting foto yang sama tetapi dari sudut yang berbeda, yang membuktikan bahwa perspektif membuat kelelawar itu tampak berukuran lebih besar.


Perlu diketahui bahwa, foto kelelawar itu pertama kali di posting di Reddit (Nature Is Metal) pada 9 Agustus 2018, saat pengguna dari Filipina bertemu dengan salah satu binatang mengagumkan ini di halaman rumah mereka.


(Sumber : Does a human sized bat exist Viral Twitter picture of a golden crowned flying fox bat from the Philippines explained Edinburgh, Here's What You Need to Know About That 'Human-Sized' Bat Going Viral)

4 komentar: