Senin, 08 Juni 2020

Kisah This Man


Menurut sebuah situs web yang dibuat pada tahun 2008, This Man, adalah sosok yang diklaim telah berulang kali terlihat dalam mimpi banyak orang sejak tahun 2006, tetapi orang ini tidak pernah ditemukan di kehidupan nyata.

Andrea Natella, seorang pemasar Italia, membuat situs ini pada tahun 2008, tetapi baru mendapat perhatian dari pers dan pengguna online pada Oktober 2009.

Dengan domain ThisMan.org (Ever Dream This Man?), mengklaim bahwa This Man pertama kali digambar oleh "psikiater terkenal" dari New York pada Januari 2006, saat menangani seorang pasien wanita yang mengaku terus melihat This Man dalam mimpinya.

Beberapa hari kemudian, salah satu pasien psikiater lainnya mengenali pria itu (This Man) dari gambar dan mengatakan dia juga melihat pria itu ketika tertidur.

Kedua pasien mengklaim tidak pernah melihat pria itu di kehidupan nyata.

Psikiater kemudian mengirim sketsa gambar ke empat rekan kerja lain yang berurusan dengan orang-orang yang mengalami mimpi berulang-ulang, dan empat pasien rekannya mengidentifikasi pria itu dan menggambarkannya sebagai "This Man".


Menurut cerita, setelah itu, lebih dari 2.000 orang dari kota-kota besar lainnya di seluruh dunia seperti Los Angeles, Berlin, São Paulo, Tehran, Beijing, Rome, Barcelona, Stockholm, Paris, New Delhi, dan Moscow, mengklaim telah melihat This Man saat mereka bermimpi.

Cerita dari mereka yang memimpikannya (tetap anonim), menduga bahwa This Man adalah seorang guru sekolah asal Brazil yang memiliki enam jari di tangan kanannya.

Pengalaman mimpi bersama This Man bervariasi, mulai dari situasi romantis, seksual, mematikan, terbang bersama, hingga melihat pria itu menatap si pemimpi dan tidak melakukan apa-apa.


ThisMan.org menyarankan lima teori tentang fenomena ini :

  • This Man adalah contoh dari konsep Carl Jung tentang "gambaran pola dasar" yang disadari orang-orang selama situasi kehidupan yang sangat sulit.

  • This Man adalah perwujudan Tuhan.

  • Sebuah perusahaan secara mental mengkondisikan banyak orang untuk memimpikan pria yang sama.

  • Beberapa orang memimpikan pria itu setelah mengetahui bahwa orang lain melihatnya.

  • Karena sulit bagi manusia untuk mengingat wajah seseorang dalam mimpi, orang secara tidak tepat menggunakan identikit Andrea tentang This Man untuk menggambarkan orang itu dalam mimpi mereka yang berulang.

  • This Man di kehidupan nyata, atau seseorang yang terlihat seperti This Man tidak pernah diidentifikasi.

    "Suaranya juga tidak dapat dikenali, karena jauh lebih sulit bagi seseorang untuk mengingat bagian suara dari mimpi daripada bagian visual; juga (pria itu) jarang berbicara dalam mimpi."

    Namun, Andrea mengklaim bahwa dia menerima surat dan email yang telah membandingkan This Man dengan karakter fiksi seperti The Man from Another Place dan The Dummy, serta tokoh-tokoh di kehidupan nyata yang terkenal seperti Abdel Fattah el-Sisi dan Andrew Lloyd Webber.





    Andrea juga mengatakan bahwa beberapa, termasuk seorang guru India bernama Arud Kannan Ayya, mengklaim diri mereka sendiri sebagai This Man, tetapi klaim ini tanpa bukti.

  • Populer

  • Kisah This Man mulai mendapat perhatian dari pengguna internet dan pers pada tahun 2009, dan pada Oktober, pengunjung situs ini meningkat tajam.

    Dalam waktu singkat, situs telah mengumpulkan lebih dari 2 juta kunjungan dan lebih dari 10.000 email dari orang lain yang berbagi pengalaman tentang This Man dan mengirimkan foto orang-orang yang mirip dengannya.

    Pada 12 Oktober, Tim Heidecker (komedian) memposting tentang This Man di Twitter, bahwa itu "sangat menakut-nakuti saya."

  • Hoax

  • Setelah populer secara meluas, ada kecurigaan tidak hanya dari pengguna 4chan, tetapi juga dari blog seperti ASSME dan io9 bahwa itu adalah Guerilla Marketing (Pemasaran Gerilya), karena mereka menemukan situs ThisMan.org dihosting oleh perusahaan sama yang juga menghosting situs guerrigliamarketing.it.

    Itu adalah situs agen periklanan palsu yang merancang tipuan dan menciptakan proyek seni aneh yang mengeksplorasi pornografi, politik, dan periklanan. Sedangkan Pemasaran Gerilya adalah strategi periklanan di mana perusahaan menggunakan interaksi/metode tidak konvensional dalam mempromosikan suatu produk atau layanan untuk mengejutkan konsumen.

    Di tahun 2010, sebuah postingan dari situs web artgency, yang menjadi partner Andrea saat This Man mendapatkan perhatian, dan makalah yang dia tulis di tahun 2012 berjudul "Viral 'K' Marketing", akhirnya mengonfirmasi bahwa This Man tidak nyata, melainkan hanya sebuah aksi pemasaran.

    Meskipun Andrea mengakui ThisMan.org hanyalah taktik pemasaran, dia tidak pernah mengungkapkan apa yang dipromosikannya.

    Beberapa sumber, termasuk The Kernel, menduga bahwa itu dimaksudkan untuk mempromosikan film dengan nama yang sama (This Man) oleh penulis dan sutradara, Bryan Bertino.

    Ghost House Pictures membeli ThisMan.org pada Mei tahun 2010, yang mengumumkan bahwa mereka sedang menulis dan mengarahkan film tentang This Man, dengan Bertino yang dikontrak sebagai penulis/sutradara, namun tidak ada pengumuman lebih lanjut tentang film ini sejak saat itu.


    Bahkan, setelah konfirmasi dari Andrea, liputan serius tentang This Man masih berlanjut hingga pertengahan 2010 dari publikasi seperti The Epoch Times dan majalah Vice.

    Keduanya menghubungi situs ThisMan.org, dan Andrea menjawab pertanyaan mereka seolah-oleh situs itu bukan hoax (tipuan).

    Saat Andrea Natella diwawancarai oleh majalah Vice untuk sebuah artikel yang menganggap serius kisah tersebut, Andrea pun menjawab pertanyaan-pertanyaan itu seolah-olah itu adalah nyata, dan menjelaskan bahwa :

    "Andrea pertama kali memimpikan This Man sebelum menyadari siapa dia sebenarnya, itu (terjadi) pada musim dingin (tahun) 2008, dan This Man mengundang [Andrea] untuk membuat situs web untuk menemukan jawaban atas penampilannya sendiri. Mengikuti instruksi ini, Andrea tidak hanya membuat situs web, tetapi juga membuat identikit (facial composite) pria misterius itu menggunakan aplikasi perangkat seluler Ultimate Flash Face."


    Namun, pada hari yang sama mereka menerbitkan wawancara mereka dengan Andrea, Vice merilis sebuah pengumuman kepada para pembacanya bahwa This Man ini tidak nyata :

    "Kami menjalankan sebuah cerita, ternyata menjadi sesuatu yang (telah dinyatakan hoax) pada tahun 2009, dan dapat dengan mudah diverifikasi sebagai sebuah tipuan dengan satu (pencarian) google, beberapa orang memanggil kami orang bodoh dan tim editorial tenggelam dalam air mata mereka sendiri."

    Annalee Newitz (penulis io9), menyebut This Man sebagai "karya terbaik Natella," dengan alasan bahwa itu "aneh," "murahan," dan sedikit menakutkan," daripada memiliki "seni pseudo-intelektual politik" seperti banyak karya seni lainnya.

    Vice menjelaskan bahwa sementara This Man tidak nyata, orang ini "benar-benar terlihat seperti jenis pria yang mungkin anda lihat dalam mimpi," sedangkan sebuah artikel Mysterious Universe pada tahun 2014, percaya bahwa banyak orang yang mengalami jenis mimpi yang sama adalah hal yang mungkin terjadi.

    Andrea Natella adalah pemilik asli dari situs tentang This Man yaitu ThisMan.org, dan juga pemilik dari Guerilla Marketing (spesialis dalam menciptakan hoax subversif untuk iklan kampanye di media, dan yang lainnya).

    (Sumber : This Man)

    6 komentar:

    1. Sudah terungkap ternyata, sampai saat ini masih ada saja media yg menyebarkan berita bohong ini padahal hoax.

      BalasHapus
    2. Terkadang masih aja ada yang share cerita ini tanpa penjelasan atau tanpa keterangan hoax di bagian akhir postingannya..

      BalasHapus
    3. Bisa saja, dengan melihat gambar ini dengan narasinya, membuat masuk ke alam bawah sadar kita, jadi seakan-akan sosok ini yang masuk ke dalam mimpi (alam bawah sadar) ketika tidur. Ini sama halnya ketika kita mengingat-ingat foto gebetan kita sebelum tidur atau setiap saat dalam hidup kita, maka jangan heran kita membawanya ke alam mimpi. Mungkin logika pikirnya seperti itu sih.

      Iya kalau gebetan kita juga diincar orang lain, tak menutup kemungkinan kita-kita yang menyukai gebetan yang sama, akan memimpikan atau mengkhayalkan sosok yang sama. Bukan begitu?

      BalasHapus
    4. Dulu ada kisah penemuan mahluk2 aneh yg viral dan ternyata itu bagian promosi sebuah game

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mungkin salah satu yang paling terkenal berasal dari game Shadow of the Colossus ..

        Hapus