Minggu, 10 Mei 2020

Legenda The Hanging Munchkin


Menanggapi komentar dari Kurawa, maka dipostingan kali ini akan mencoba membahas salah satu urban legend, yaitu The Hanging Munchkin.

The Hanging Munchkin adalah urban legend tentang klaim seorang aktor yang memerankan munchkin (orang betubuh pendek), yang melakukan gantung diri di lokasi syuting selama pembuatan film The Wizard of Oz.

The Wizard of Oz adalah film fantasi/petualangan berdasarkan novel tahun 1900 The Wonderful Wizard of Oz, karya L. Frank Baum, yang dirilis pada tahun 1939.


  • Legenda

  • Legenda ini telah beredar selama beberapa dekade, dan bertepatan dengan perilisan ulang The Wizard of Oz ke-50 pada tahun 1989.

    Legenda menyatakan bahwa tanpa diketahui oleh pemeran, sutradara, dan kru flm, seorang aktor yang memerankan salah satu munchkin melakukan bunuh diri selama syuting The Wizard of Oz.

    Kematiannya terekam kamera karena di saat yang bersamaan, kameramen sedang merekam pemain lain yang tengah melakukan pengambilan gambar, dan untuk beberapa alasan, bagian itu tidak pernah diedit.


    Contoh urban legend yang diposting di internet pada tahun 1993 :

    "Seorang rekan kerja mengatakan kepada saya hari ini bahwa ada sebuah adegan di 'The Wizard of Oz', di mana anda dapat melihat salah satu dari dwarf menggantung diri pada seutas tali di latar belakang. Dia mengatakan kondisi set syuting sangat buruk, dan semua orang kerdil diperlakukan dengan sangat buruk, dan salah satu dari mereka gantung diri di pohon (prop film).


  • Penjelasan

  • Tidak ada satu orang pun yang mati di lokasi syuting selama proses pembuatan film ini.

    Untuk memberikan set dalam ruangan (indoor) memiliki nuansa seperti berada di luar ruangan (outdoor) tampak nyata, berbagai jenis burung dalam berbagai ukuran dipinjam dari Kebun Binatang Los Angeles, dan dibiarkan berkeliaran di set lokasi syuting.

    Dalam sebuah adegan, ketika Dorothy, Scarecrow dan Tin Man (manusia timah) berjalan menjauhi kamera, salah satu burung berukuran lebih besar, (sering disebut emu atau burung bangau), dapat terlihat berdiri di latar belakang, bergerak, dan melebarkan sayapnya.

    Tidak ada seseorang, tidak ada aktor munchkin yang digantung, hanya ada seekor burung besar.

    Dalam versi Original, bentuk burung ini tidak begitu jelas, terlihat buram, tetapi dalam versi Remastered, pergerakannya terlihat cukup jelas.


    Berikut video versi Remastered :



    Selain itu, adegan dengan latar belakang hutan dalam The Wizard of Oz, difilmkan sebelum adegan Munchkinland, sehingga tidak ada aktor Munchkin yang akan hadir dalam adegan tersebut.

    Sangat aneh juga bahwa seseorang bisa jatuh atau gantung diri di lokasi syuting yang sedang digunakan, namun tidak ada satu pun dari puluhan orang yang hadir untuk memperhatikan atau bereaksi terhadap kejadian tersebut.

    Entah ini memang bentuk promosi besar-besaran yang bertepatan dengan perilisan ulang video The Wizard of Oz dalam perayaan peringatan ke-50, seseorang mengarang cerita tentang aktor dwarf yang menderita karena cintanya tak terbalaskan, sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di lokasi syuting, dan karena dikabarkan terekam kamera, membuat banyak orang ingin melihatnya.

    Versi lain dari rumor ini mengklaim bahwa sosok itu bukan aktor, tetapi pengamen panggung yang gantung diri.

    Legenda ini masih beredar meskipun telah berkali-kali dibantah untuk menegaskan bahwa kejadian bunuh diri semacam itu tidak pernah terjadi.

    (Sumber : The Myth of the Munchkin Hanging in 'The Wizard of Oz', Does 'The Wizard of Oz' Include a Munchkin Suicide)

    5 komentar:

    1. Bagus sekali penjelasannya...

      BalasHapus
    2. Menarik dan seru legendanya

      BalasHapus
    3. Agak aneh sih sebernya,
      1. Pergerakan sayap bangau di versi remastered sama sekali gada yg persis bentuknya kaya bayangan 'hanging munchkin' di background. bahkan posisinya pun beda
      2. Di versi original, area pohon di sekitar pohon 'hanging munckin' bener bener clear bersih gada apa apa.kalah misalkan ada mahluk hidup atau orang, minimal pasti akan terlihat berbayang.

      Terus kalo dari analisa sotoy ane, legenda 'hanging munckin' ini emang buat marketing. Dasarnya, karena emang legenda ini muncul pas banget sama hari jadi ke 50 wizard of oz. Dan kalo menurut ane, versi original yang kita bisa lihat dan beredar sekarang sebenernya versi edited yang udh ditambain 'hanging munckin' di backgroundnya. Gunanya ya itu tadi marketing, biar orang - orang yang kepo beli dan nonton, bener- bener ngeliat ada 'hanging munckin' dan pasti akan disebar luaskan lagi (orangbyg udah nonto.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya juga pernah baca, cuma lupa sumbernya, yang katanya, bagian 'Hanging Munchkin' sebenarnya emang editan yang sengaja dibuat terlihat seperti orang yang gantung diri, tujuannya ya biar banyak orang yang penasaran buat ngeliatnya ..

        Hapus