Kamis, 30 April 2020

Mengenal SCP Foundation


Menanggapi email dari Agung Natilukali, maka dipostingan kali ini akan membahas sedikit mengenai SCP Foundation.

SCP Foundation (Yayasan SCP) adalah organisasi fiksi di internet yang dipenuhi oleh berbagai cerita horor bergaya ilmiah.

SCP, singkatan dari Secure (Amankan), Contain (Tahan), & Protect (Lindungi), adalah organisasi rahasia yang dipercayakan pemerintah untuk menangkap, menahan, dan mengidentifikasi makhluk, objek, atau lokasi yang melanggar hukum alam.


Sebagian besar karya dalam SCP Foundation terdiri dari "prosedur penahanan khusus" : dokumentasi internal terstruktur yang menggambarkan objek SCP dan cara menjaganya agar tetap ditahan.

Situs web SCP juga berisi ribuan "Foundation Tales", yaitu cerita pendek yang dibuat di dalam alam semesta SCP Foundation.

Seri ini telah dipuji karena kemampuannya untuk menyampaikan horor melalui gaya penulisan ilmiah dan akademik, serta standar kualitasnya yang tinggi.

Di SCP Foundation wiki, sebagian besar karyanya adalah artikel yang stand-alone (berdiri sendiri), yang merinci "prosedur penahanan khusus" dari objek SCP yang diberikan.

Dalam artikel khusus, objek SCP diberikan nomor identifikasi yang unik.

Objek SCP kemudian ditetapkan sebagai "kelas objek" (object class) berdasarkan pada kesulitan dalam menahan mereka.

Dokumentasi kemudian menguraikan prosedur penahanan yang tepat dan langkah-langkah keselamatan, dan kemudian menjelaskan objek SCP yang dimaksud.

Tambahan, seperti gambar, data penelitian, atau pembaruan stasus, juga dapat dilampirkan pada dokumen.

Laporan ditulis dengan nada ilmiah semu dan seringkali informasi "Redact" (mengedit, atau mempersiapkan untuk penerbitan).

Pada April 2020, terdapat artikel untuk hampir 5.700 objek SCP, dengan artikel baru yang sering ditambahkan.

SCP Foundation berisi lebih dari 3.000 cerita pendek yang disebut "Foundation Tales".

Cerita-cerita tersebut bertempat di dalam dunia SCP Foundation, dan sering berfokus pada Staf SCP Foundation atau entitas (makhluk) SCP.

Gregory Burkart, yang menulis untuk Blumhouse Productions, mencatat bahwa beberapa Foundation Tales memiliki nada gelap dan suram, sementara yang lain "secara mengejutkan bernada ceria".

SCP Foundation tidak memiliki plot pusat, tetapi cerita-cerita di wiki sering dihubungkan secara bersama untuk menciptakan narasi yang lebih besar.

Penyumbang cerita memiliki kemampuan untuk membuat "canons" (plot), yang merupakan kelompok SCP dan Foundation Tales dengan lokasi, karakter, atau plot pusat yang sama.

Banyak "canon" memiliki halaman hub yang menjelaskan konsep dasar mereka dan memberikan informasi seperti garis waktu dan daftar karakter.

Genre yang dibahas didalamnya seperti fiksi ilmiah, fiksi, urban fantasy, dan horor.

  • Klasifikasi Objek

  • Kelas Utama :

    *) Safe (Aman)


    Ini adalah objek, mahluk, atau anomali yang telah diindentifikasi, hal ini menyebabkan tidak diperlukannya pengaman istimewa atau prosedur penahan khusus.

    *) Euclid


    Ini adalah objek, mahluk atau anomali yang lebih banyak membutuhkan keamanan agar penahanan berjalan baik, hal ini dikarenakan objek, mahluk atau anomali masih belum diketahui pasti dan pergerakannya masih tidak bisa diprediksi.

    *) Keter


    Ini adalah salah satu kelas yang susah ditahan oleh organisasi, hal ini bukan berarti objek tersebut benar-benar berbahaya, tetapi dikarenakan kurangnya kemampuan teknologi untuk memahami atau melacak objek, mahluk, atau anomali tersebut.

    *) Thaumiel


    Objek, mahluk, atau anomali yang digunakan untuk interaksi atau penahan objek, mahluk, atau anomali yang lain.

    Kegunaan pasti akan kelas ini hanya diketahui Dewan O5.

    *) Neutralized

    Spesimen (objek, mahluk, anomali) yang telah dimusnahkan karena alasan tertentu.

    Penjelasan non-standar (Non-Standard Object Classes) :

    *) Explained

    Spesimen telah terjelaskan dengan baik bahkan hinggaspesimen bukan lagi dianggap anomali ilmiah.

    *) Esoteric/Narrative.

    Spesimen yang diciptakan oleh penulis hanya sebagai naratif saja. Umumnya hanya digunakan sekali dan dibuat untuk memajukan narasi dalam SCP tertentu.

    *) Decommissioned

    Kelas objek yang digunakan oleh staf senior di masa lalu untuk tidak hanya menghapus artikel yang tidak diinginkan tetapi juga menempatkannya di semacam "Wall of Shame", untuk dijadikan contoh dari apa yang tidak boleh dilakukan. Kelas objek ini tidak digunakan lagi.

  • Mengenai komunitas

  • Seri SCP Foundation berasal dari forum paranormal (forum 4chan), di mana prosedur penahanan khusus pertama, SCP-173, diposting pada tahun 2007.


    Banyak prosedur penahanan khusus tambahan dibuat tidak lama setelah itu.

    Wiki stand-alone untuk ini dibuat pada Januari tahun 2008, yang menampilkan artikel SCP.

    Situs web ini tidak memiliki moderator atau kemampuan untuk menghapus artikel. Angotanya berkomunikasi melalui halaman pembicaraan artikel individual dan /x/ board.

    Pada Juli 2008, seri SCP Foundation dipindahkan ke situs web Wikidot dan beralih ke model berbayar.

    Situs web wiki saat ini berisi banyak fitur standar wiki seperti pencarian kata kunci dan daftar artikel.

    Wiki dimoderatori oleh tim staf, setiap tim bertanggung jawab atas fungsi yang berbeda seperti penjangkauan masyarakat dan disiplin.

    Pengguna wikidot diharuskan untuk mengirimkan aplikasi sebelum mereka diizinkan memposting konten mereka.

    Setiap artikel di wiki diberi halaman diskusi, di mana anggota dapat mengevaluasi dan memberi kritik padda cerita yang dikirimkan.

    Halaman diskusi sering digunakan oleh penulis untuk memperbaiki cerita mereka.

    Anggota juga memiliki kemampuan untuk "meningkatkan" artikel yang mereka sukai dan "menurunkan" artikel yang tidak mereka sukai, serta artikel yang menerima terlalu banyak "downvote" akan dihapus.

  • Penerimaan SCP Foundation

  • SCP Foundation telah menerima banyak ulasan positif. Michelle Starr dari CNET memuji sifat menyeramkan dari seri ini.

    Gavia Baker-Whitelaw, untuk Daily Dot, memuji orisinalitas SCP Foundation dan menggambarkannya sebagai "penulisan horor yang paling menarik di internet".

    Alex Eichler, untuk io9, mencatat bahwa seri ini memiliki tingkat kualitas yang berbeda-beda dan bahwa beberapa laporannya membosankan atau berulang-ulang. Namun, SCP Foundation berisi tulisan yang akan menarik bagi semua pembaca.

    Winston Cook-Wilson, untuk Inverse, membandingkan SCP Foundation dengan tulisan seperti Lovecraft.

    Cook-Wilson berpendapat bahwa kedua karya Lovecraft dan karya SCP Foundation diperkuat oleh ketegangan antara suasana ilmiah mereka yang terpisah dan sifat cerita-cerita yang diceritakan mengerikan.

    Bryan Alexander, untuk The New Digital Storytelling mencatat bahwa SCP Foundation mungkin "pencapaian paling maju dari penceritaan wiki".

    Berikut contoh SCP :

    *) SCP-055

    (Sesuatu yang menyebabkan siapa pun yang memeriksanya melupakan berbagai karakteristiknya, sehingga membuatnya tidak dapat digambarkan, kecuali dalam hal apa yang bukan)


    *) SCP-087

    (Tangga yang tampak turun selamanya. Tangga ini dihuni oleh SCP-087-1, yang digambarkan sebagai wajah tanpa mulut, pupil, atau lubang hidung).


    *) SCP-108

    (Sistem bunker NAZI yang hanya dapat diakses melalui portal yang ditemukan di hidung seorang wanita).


    *) SCP-173

    (Patung humanoid yang terdiri dari rebar, beton dan cat semprot Krylon. SCP ini diam ketika diamati secara langsung, namun menyerang dan mematahkan leher seseorang ketika mereka memejamkan mata. SCP ini sangat cepat, ke titik di mana ia bisa bergerak beberapa meter saat pengamat berkedip).


    *) SCP-294

    (Mesin kopi yang bisa mengeluarkan apa pun yang ada atau bisa ada dalam bentuk cair).


    *) SCP-426

    (Pemanggang roti yang hanya bisa disebut sebagai orang pertama).


    *) SCP-1171

    (Rumah yang jendelanya selalu tertutup kondensasi, dengan menulis dalam kondensasi pada kaca, memungkinkan untuk berkomunikasi dengan entitas ekstra-dimensi yang jendelanya juga tertutup kondensasi. Entitas ini menanggung permusuhan yang signifikan terhadap manusia tetapi tidak tahu bahwa anggota Foundation adalah manusia).


    *) SCP-1609

    (Mulsa yang berpindah ke paru-paru siapa saja yang mendekatinya secara agresif atau saat mengenakan seragam. Ini sebelumnya adalah kursi tenang yang diteleportasi ke orang terdekat yang merasa perlu duduk, tetapi saat ini ia memasuki kondisi agresif setelah dimasukkan ke dalam woodchipper oleh organisasi saingan).


    *) SCP-3008

    (Toko ritel IKEA yang memiliki ruang interior tanpa batas, tanpa batas fisik luar, sehingga menyebabkan calon pelanggan terperangkap setelah mereka tersesat dalam dunia dimensi saku ini. Toko ini berisi peradaban dasar yang dibentuk oleh para pelanggan (yang terperangkap), yang dipaksa untuk membela diri terhadap humanoid yang ditunjuk sebagai SCP-3008-2, menyerupai karyawan IKEA dan menjadi agresif pada malam hari.)


    Foundation ini telah menginspirasi banyak karya spin-off, termasuk game horor indie berjudul SCP – Containment Breach, salah satu game paling populer berdasarkan SCP Foundation.


    Dalam game ini, pemain harus menghindari pengawal bersenjata dan melarikan diri dari SCP, termasuk SCP-173.

    Dalam situs SCP wiki, tertulis :

  • Pernyataan Misi

  • Beroperasi secara sembunyi-sembunyi dan di seluruh dunia, Yayasan beroperasi di luar yurisdiksi, diberdayakan dan dipercayakan oleh setiap pemerintah nasional besar dengan tugas berisi objek, entitas, dan fenomena yang tidak wajar. Anomali ini menimbulkan ancaman signifikan bagi keamanan global dengan mengancam baik secara fisik maupun psikologis.

    Yayasan beroperasi untuk menjaga kenormalan, sehingga penduduk sipil di seluruh dunia dapat hidup dan melanjutkan kehidupan sehari-hari mereka tanpa rasa takut, ketidakpercayaan, atau keraguan dalam keyakinan pribadi mereka, dan untuk mempertahankan kemerdekaan manusia dari ekstraterestrial, ekstradimensional, dan pengaruh ekstranormal lainnya.

    Misi kami :

    *) Aman

    Yayasan mengamankan anomali dengan tujuan mencegah mereka jatuh ke tangan lembaga sipil atau saingan, melalui pengamatan dan pengawasan yang luas dan dengan bertindak untuk mencegat anomali tersebut pada kesempatan paling awal.

    *) Berisi

    Yayasan berisi anomali dengan tujuan mencegah pengaruh atau efeknya menyebar, baik dengan merelokasi, menyembunyikan, atau membongkar anomali tersebut atau dengan menekan atau mencegah penyebaran pengetahuan publik kepada mereka.

    *) Melindungi

    Yayasan melindungi umat manusia dari efek anomali tersebut serta anomali itu sendiri sampai mereka dapat sepenuhnya dipahami atau teori-teori sains baru dapat dirancang berdasarkan sifat dan perilaku mereka. Yayasan juga dapat menetralisir atau menghancurkan anomali sebagai pilihan terakhir, jika mereka dianggap terlalu berbahaya untuk ditahan.

  • Operasi Yayasan

  • Operasi rahasia dan rahasia yayasan dilakukan di seluruh dunia dalam mengejar misi utama kami.

  • Prosedur Penahanan Khusus

  • Yayasan memiliki basis data yang luas mengenai anomali yang memerlukan Prosedur Penahanan Khusus, yang biasa disebut "SCP". Basis data Yayasan primer berisi ringkasan dari anomali dan prosedur darurat tersebut untuk mempertahankan atau membangun kembali pengurungan yang aman dalam kasus pelanggaran penahanan atau peristiwa lainnya. Anomali dapat mengambil banyak bentuk, baik itu objek, entitas, lokasi, atau fenomena yang berdiri sendiri. Anomali ini dikategorikan ke dalam salah satu dari beberapa Kelas Objek dan baik yang ditahan di salah satu dari Berbagai Fasilitas Aman Yayasan atau ditahan di tempat jika relokasi dianggap tidak layak.

  • Keamanan Operasional

  • Yayasan beroperasi dengan kerahasiaan maksimal. Semua personel Yayasan harus mematuhi Tingkat Izin Keamanan serta perlu mengetahui dan membagi informasi. Personil yang ditemukan melanggar protokol keamanan Yayasan akan diidentifikasi, ditahan, dan dikenakan tindakan disipliner.

  • Agen Rival dan Kelompok Minat

  • Yayasan bukan satu-satunya organisasi dengan pengetahuan dan kemampuan untuk berinteraksi dengan atau memanfaatkan anomali. Sementara beberapa Kelompok Minat ini memiliki tujuan yang sama dan dapat bekerja sama dengan kami dalam masalah keamanan global, banyak lagi yang oportunistik dan berorientasi pada laba, yang berusaha menyesuaikan atau menggunakan anomali untuk tujuan mereka sendiri. Personil Yayasan diinstruksikan untuk memperlakukan individu dari kelompok tersebut dengan kecurigaan setiap saat, dan kolaborasi dengan kelompok tersebut tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari pimpinan Yayasan akan menyebabkan pemutusan hubungan kerja atau tindakan disipliner lainnya.

    Meski telah dijelaskan sebagai organisasi fiksi, ada juga yang masih mempertanyakan apakah SCP ini benar-benar asli, apakah SCP diangkat dari kisah nyata, dan sebagainya.

    Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya akan menulis kembali FAQ (tanya jawab) yang tercantum di situs SCP Foundation :

    ** (Note, Q : Pertanyaan, A : Jawaban)

    Q : Apakah SCP nyata ?

    A : Tidak. Kami adalah situs web penulisan kreatif. Semua SCP adalah fiksi. Yayasan ini fiksi.

    Q : Bagaimana saya bisa bergabung dengan SCP Foundation ?

    A : Buka Join Page kami. Ingatlah untuk mengikuti semua instruksi.

    Q : Dapatkah bahaya memetika menyakiti saya ? Apakah saya akan mati jika saya mengabaikan peringatan keamanan ? Akankah sesuatu terjadi pada saya dalam kehidupan nyata setelah membaca halaman-halaman ini ?

    A : Tidak. "Bahaya memetika" hanyalah gambar acak. Peringatan keamanan hanya untuk memberi tahu pembaca betapa Yayasan menganggap hal-hal ini penting dan menakutkan. Itu tidak nyata.

    Q : Saya melihat SCP ! / Saya pikir saya ini SCP ! Apa yang saya lakukan ?

    A : Tidak, kamu tidak (melihatnya). SCP adalah fiksi yang kami tulis. Selain itu, kami bukan situs roleplaying !

    Q : Apakah Anda semua menulis hal ini, atau orang lain ?

    A : Kami menulis semua ini. Kami adalah komunitas penulis.

    Q : Bisakah saya menggambar atau membuat karya seni tentang SCP ? Bisakah saya tunjukkan ?

    A : Benar! Posting di Fan Work forum kami. Anda juga dapat memposting di Visual Records - siapa pun dapat bergabung, meskipun mereka bukan anggota di sini.

    Sebagai penutup, saya akan membahas satu SCP, yaitu SCP-106 (The Old Man).

    Item # : SCP-106

    Object Class : Keter

    Special Containment Procedures :REVISION 11-6

    REVISION 11-7

    REVISION 11-8

    Tidak ada interaksi fisik dengan SCP-106 yang diizinkan setiap saat. Semua interaksi fisik harus disetujui oleh tidak kurang dari dua pertiga suara dari O5-Command. Setiap interaksi fisik seperti itu harus dilakukan di tempat keamanan maksimum AR-II, setelah evakuasi staf umum yang tidak penting. Semua staf (Penelitian, Keamanan, Kelas D, dll) harus tetap berada setidaknya enam puluh meter dari sel penahanan setiap saat, kecuali jika terjadi peristiwa pelanggaran.

    SCP-106 harus ditahan dalam kotak tertutup, terdiri dari baja berlapis timah. Kotak akan dikunci dalam empat puluh lapis bahan yang identik, setiap lapisan dipisahkan oleh ruang kosong tak kurang dari 36 cm.

    Penopang pendukung antara lapisan harus ditempatkan secara acak. Kotak harus digantung tidak kurang dari 60 cm dari permukaan apa pun oleh dukungan elektromagnetik ELO-IID.

    Area penahanan sekunder terdiri dari enam belas "sel" berbentuk bola, masing-masing diisi dengan berbagai macam cairan dan rakitan acak permukaan dan penopang. Penahanan sekunder harus dilengkapi dengan sistem cahaya, yang mampu menyinari seluruh unit dengan tidak kurang dari 80.000 lumen cahaya secara instan tanpa keterlibatan manusia secara langsung. Kedua area penahanan harus tetap di bawah pengawasan 24 jam.

    Setiap korosi yang diamati pada permukaan sel kontainmen, angota staf, atau lokasi lainnya dalam jarak dua ratus meter dari SCP-106 harus segera dilaporkan ke Site Security. Setiap objek atau personil yang hilang dari SCP-106 harus dianggap hilang/KIA/ Tidak ada upaya pemulihan yang dilakukan dalam keadaan apa pun.

    Catatan : Penelitian dan pengamatan yang berkelanjutan telah menunjukkan bahwa, ketika dihadapkan dengan struktur yang sangat kompleks/acak, SCP-106 dapat "bingung", menunjukkan ditandainya penundaan saat masuk dan keluar dari struktur tersebut. SCP-106 juga menunjukkan keengganan, untuk mengarahkan cahaya yang tiba-tiba. Ini tidak dimanifestasikan dalam bentuk kerusakan fisik apa pun, tetapi keluar cepat ke "dimensi saku" yang dihasilkan pada permukaan padat.

    Pengamatan ini, bersama dengan kebingungan timah dan cair, telah mengurangi insiden pelarian umum sebesar 43%. Sel "Primer" juga efektif dalam insiden pemulihan yang membutuhkan Recall Protocol ██ -███ -█. Pengamatan sedang berlangsung.


    Kerusakan korosi pada sel pemulihan awal.
    Prosedur penahanan sejak itu telah direvisi

    Deskripsi : SCP-106 tampaknya adalah humanoid lansia, dengan tampilan umum dari dekomposisi lanjut. Penampilan ini dapat bervariasi, tetapi ciri "membusuk" diamati dalam semua bentuk. SCP-106 tidak terlalu gesit, dan akan tetap tak bergerak selama berhari-hari, menunggu mangsa. SCP-106 juga mampu naik ke permukaan vertikal apa pun dan dapat tetap digantung terbalik tanpa batas. Saat menyerang, SCP-106 akan berusaha melumpuhkan mangsa denan merusak organ utama, kelompok otot, atau tendon, lalu menarik mangsa yang sudah lumpuh ke dimensi sakunya. SCP-106, tampak lebih menyukai item mangsa golongan manusia berusia 10-25 tahun.


    SCP-106 menyebabkan efek "korosi" pada semua benda padat yang disentuhnya, menyebabkan kerusakan fisik pada material beberapa detik setelah kontak dilakukan. Ini diamati sebagai berkarat, membusuk, dan bahan yang retak, dan penciptaan zat hitam, seperti lendir mirip dengan lapisan material SCP-106. Efek ini sangat merusak jaringan hidup, dan dianggap sebagai tindakan "pra-pencernaan". Korosi berlanjut selama enam jam setelah kontak, setelah itu efeknya tampak "terbakar".

    SCP-106 mampu melewati zat padat, meninggalkan sepetak besar lendir korosif. SCP-106 mampu "menghilang" di dalam materi padat, memasuki apa yang dianggap sebagai "dimensi saku". SCP-106 kemudian dapat keluar dari dimensi ini dari titik mana pun yang terhubung ke titik masuk awal (contoh : "memasuki" dinding bagian dalam ruangan, dan "keluar" dari dinding luar. Memasuki dinding, dan keluar dari langit-langit). Tidak diketahui apakah ini adalah titik asal untuk SCP-106, atau "sarang" sederhana yang dibuat oleh SCP-106.


    Pengamatan terbatas pada "dimensi saku" ini menunjukkan bahwa ruang itu sebagian besar terdiri dari aula dan kamar, dengan entri [DATA DIHAPUSKAN]. Aktivitas ini dapat berlanjut selama berhari-hari, dengan beberapa orang yang dibebaskan untuk tujuan berburu, ditangkap kembali, [DATA DIHAPUSKAN].

    Tambahan :

    Catatan Tinjauan SCP :

    Karena sifat SCP-106 yang sangat sulit dikendalikan, SCP akan ditinjau setiap tiga bulan atau selama insiden pasca-pelanggaran. Pengekangan fisik tidak mungkin, dan kerusakan fisik langsung tampaknya tidak berpengaruh pada SCP-106. SCP-106 saat ini, pada ██/██/████, memutar di sekitar pengamatan dasar dan merespon secara langsung. Sebelumnya, prosedur penahanan khusus yang lebih proaktif telah ditarik karena peristiwa pelanggaran ██, ███, ██, █, dan ████.

    Catatan tentang perilaku :

    SCP-106 tampaknya mengalami periode "dormansi" yang lama, di mana ia akan tetap tidak bergerak hingga tiga bulan. Penyebabnya tidak diketahui; namun, telah terbukti bahwa ini tampaknya digunakan sebagai taktik "menenangkan". SCP-106 akan muncul dari keadaan ini dalam keadaan yang sangat gelisah, dan akan menyerang dan menculik staf dan menyebabkan kerusakan parah pada sel penahannya dan lokasi pda umumnya. Ingat Protokol [DATA DIHAPUS].

    SCP-106 tampaknya berburu dan menyerang berdasarkan keinginan, bukan karena kelaparan. SCP-106 akan menyerang dan mengumpulkan beberapa item mangsa selama kegiatan perilaku berburu, menjaga banyak mangsa "hidup" di dimensi saku untuk periode waktu yang lama. SCP-106 tidak memiliki "batas" yang dapat ditentukan, dan tampaknya mengumpulkan jumlah item mangsa secara acak selama suatu perburuan.

    Dimensi inti yang diakses oleh SCP-106 haya dapat diakses oleh SCP-106. Perangkat perekaman dan transmisi telah terbukti masih beroperasi di dalam dimensi ini, meskipun rekaman dan transmisi sangat terdegradasi. Tampaknya SCP-106 akan "bermain" dengan mangsa yang ditangkap, dan tampaknya memiliki kontrol penuh terhadap waktu, ruang, dan persepsi di dalam dimensi ini. SCP-106 muncul [DATA EXPUNGED].

    Agen █████, setelah "dilepas" oleh SCP-106.
    Subjek telah menghilang selama dua jam.
    Subjek tetap hidup selama satu jam setelah dilepas

    RECALL PROTOCOL ██ -███ -█ :

    Jika terjadi pelanggaran oleh SCP-106, manusia berusia 10-25 tahun akan disiapkan untuk penarikan kembali, dengan sel kontainmen yang diganti dan dipulihkan untuk digunakan. Ketika sel sudah siap, subjek umpan akan terluka, lebih disukai melalui patah tulang panjang, seperti tulang paha, atau terputusnya tendon utama, seperti Achilles Tendon. Subjek umpan kemudian akan ditempatkan di sel, dan suara yang dikeluarkan oleh subjek tersebut akan ditransmisikan melalui site public address system.

    SCP-106 biasanya akan mulai tertarik pada subjek umpan dalam sepuluh sampai lima belas menit setelah mendengar subjek. Jika SCP-106 tidak menanggapi siaran awal, trauma fisik tambahan harus diberikan pada subjek umpan dengan interval dua puluh menit sampai SCP-106 merespons. Beberapa subjek umpan dapat digunakan dalam kasus peristiwa pelanggaran besar.

    SCP-106 biasanya akan memasuki keadaan tidak aktif setelah selesai dengan subjek umpan. Selain itu, subjek dapat [DATA DIHAPUSKAN].

    (Sumber : SCP Foundation, About The SCP Foundation, FAQ - SCP Foundation, SCP-106 - SCP Foundation)

    3 komentar:

    1. Wow makasih banyak min 🙏 moga bisa jd bantahan buat otak saya haha

      Lupa bilang kemarin req scp nya 001 gate guardian, tp gpp juga sih

      BalasHapus
    2. Banyak orang yang nganggep ini nyata padahal di blog ya udah tertulis kalau ini fiksi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yup betul sekali, mungkin mereka kurang teliti, atau tidak memperhatikan tulisan fiksi nya ..

        Hapus