Selasa, 21 April 2020

Makhluk laut terpanjang di dunia ditemukan di Australia


Penyelam bawah air menemukan makhluk berukuran 150 kaki yang hidup di ngarai bawah laut di lepas pantai Australia.

Para peneliti menggunakan kendaraan ROV SuBastian untuk mengekspolorasi dan mengumpulkan sampel dari daerah laut dalam yang belum diselidiki sebelumnya.

Selama perjalanan terakhir melalui perairan di barat Australia, para peneliti juga menemukan koloni besar dari spons kaca dan spesies lainnya.

Saat itu, mereka sedang mengamati dasar laut dalam untuk mencari binatang, dan setelah bepergian ke permukaan selama beberapa jam, mereka menemukan makhluk ini.

"Kami cenderung memiliki setidaknya satu atau dua ilmuwan yang menonton kamera, anda tidak pernah tahun apa yang mungkin anda temui. Dan pada hari khusus ini, (kami melihat) siphonophore yang menakjubkan ini."

"Tampaknya ini adalah binatang terbesar yang pernah ditemukan."


Makhluk ini adalah siphonophore , binatang laut yang bagian tubuhnya terdiri atas sekumpulan atau koloni polip (dibentuk oleh ribuan hewan kecil) berukuran kecil yang berbentuk seperti tabung.

Peneliti utama dalam ekspedisi tersebut, Nerida Wilson mengatakan :

""Spiral besar yang mengambang di air disebut siphonophore, dan cincin luarnya diperkirakan sepanjang 47 meter."

Panjang ukuran penuhnya masih merupakan misteri dan kepada penyiar As It Happens, Wilson mengatakan "kami sedang dalam proses mencoba mengukurnya dengan lebih akurat dan kami akan memperbarui ketika mendapatkan yang tepat."

Menurut Cell Magazine, "mereka biasanya memanjang atau seperti tali dan umumnya mencapai panjang sekitar 40 meter".


Wilson mengatakan, siphonophore adalah predator yang tinggal di laut dalam dan terdiri dari banyak koloni kecil yang bekerja bersama sebagai satu binatang.

"Mereka benar-benar binatang yang aneh. Sekelompok kecil klon yang entah bagaimana berkomunikasi satu sama lain dan memutuskan, yah, kita akan mengambil alih peran memberi makan, dan kelompok klon lain akan mengambil alih peran reproduksi."


Mereka terkait erat dengan karang dan anemon, namun akan lebih disamakan dengan ubur-ubur.

"Sifat spiral yang hanya diam di air itu sangat tidak biasa. Biasanya, mereka agak menggantung seperti seutas tali. Kita semua tahu bahwa kita melihat sesuatu yang sangat istimewa."


Siphonophore bukan satu-satunya makhluk aneh dan langka yang ditemukan oleh tim saat ekspedisi ke ngarai bawah laut Australia Barat.

Wilson mengatakan bahwa mereka juga menemukan "teripang luar biasa" dengan ekor panjang yang terlihat "seperti tupai", dan "hidroid raksasa yang luar biasa."

(Sumber : 'Longest animal ever' discovered in deep-sea canyon off Australian coast, This 'really strange' spiralling sea creature may be the longest animal in the ocean)

4 komentar: