Selasa, 31 Maret 2020

Ilmuwan menjelaskan penampakan Ogopogo


Studi ilmiah dan salah satu peneliti baru-baru ini memberikan laporan rinci tentang temuan terbaru mereka tentang monster legendaris Ogopogo.

Robert Young, profesor earth and environmental science di UBC Okanagan, memberi tahu iNFOnews bahwa sekitar 1.000 danau di seluruh dunia memiliki laporan tentang monster danau dan 34 di antaranya berada di British Columbia.

Young telah mendengar mitos kuno yang diceritakan oleh pemukim Eropa awal dan dari kisah-kisah modern, lengkap dengan videonya.

Dia tidak setuju dengan mitos dan percaya bahwa para saksi memang melihat sesuatu.

Sudah menjadi tugas seorang ilmuwan untuk menjelaskan apa itu, meskipun itu bukanlah monster laut.

"Orang tidak suka melihat hal-hal yang tidak memiliki penjelasan. Gagasan bahwa (makhluk) ini adalah beberapa reptil yang terperangkap dari era Mesozoikum adalah tidak masuk akal, karena lembah (danau) itu sendiri tidak terbentuk sampai setelah dinosaurus punah. Makhluk ini pasti sangat kesepian. Bagaimana cara (mereka) bereproduksi ? Bagaimana mereka bisa datang ke danau-danau ini ?"

Lalu makhluk apakah Ogopogo ini ?, dia kemudian menambahkan :

"Saat angin berhenti, maka air mengendap dan memiliki banyak arus yang terjadi dan itu dapat menyebabkan terciptanya gelombang."

Robert Young mengatakan bahwa semua penampakan Ogopogo adalah gelombang (ombak) dengan berbagai ukuran dan bentuk yang dapat terjadi di Danau Okanagan tanpa bantuan angin di dekatnya.


Dalam beberapa kasus, dia berpikir angin di bagian lain dari danau besar ini menyebabkan ombak dengan mengacaukan kedalaman dan arus air.

Dalam kasus lain, kenaikan kecil pada suhu air di permukaan menyebabkannya menjadi lebih padat dan tenggelam di bawah lapisan berikutnya.

Perubahan yang menyebabkan gelombang itu dapat disebabkan oleh adanya jembatan, dan Young menyalahkan Jembatan Danau Okanagan, untuk banyak gelombang yang dilaporkan sebagai penampakan Ogopogo.

Dalam kasus lain, penampakan punuk yang bergerak di air mungkin bukan hasil dari ilusi optik akuatik, melainkan sesuatu yang biasa, yaitu batang kayu yang mengambang di air.


Hal ini didasarkan ketika anda meninjau lusinan laporan penampakan dan membaca apa yang oleh saksi mata deskripsikan sebagai "batang kayu" lurus dan tidak berbentuk yang tampak mengambang dalam gelombang.

Perlu diketahui bahwa kayu adalah industri utama di wilayah ini, dengan ratusan batang kayu yang mengambang di Danau Okanagan.


Fitur geologi Danau Okanagan juga dapat membentuk gelombang panjang tidak biasa yang dapat terlihat persis seperti monster, dalam kasus ini membentuk serangkaian punuk.


Sangat Mungkin bahwa ada binatang lokal yang disalah artikan sebagai makhluk aneh saat mereka terlihat di sekitar atau di permukaan air Danau Okanagan, yang kemudian digambarkan oleh saksi mata sebagai penampakan Ogopogo.

(Sumber : Canadian Scientist Explains the Ogopogo Lake Monster)

4 komentar: