Jumat, 22 November 2019

Penjelasan Video hutan yang terlihat bernafas di Quebec


Pada tahun 2018, penduduk lokal di pedesaan Quebec dibuat terkejut oleh video hutan terdekat yang terlihat sedang "bernafas" setelah badai terjadi.

Dalam video itu, tanah hutan dengan pohon-pohon di sekitarnya terlihat bergerak naik turun memberi kesan seolah sedang bernafas.

Video "hutan bernafas" telah membuat pengguna media sosial terkejut dan ketakutan. Salah satu pengguna Twitter bahkan mengatakan :

"Video hutan di Kanada yang terlihat bernafas adalah hal yang paling menakutkan yang pernah saya lihat sepanjang bulan ini.".

"Sepertinya ada sesuatu di bawah sana yang sedang menetas."


Meski kejadian ini tampak sangat tidak biasa, fenomena yang membingungkan ini memiliki penjelasan yang masuk akal.

Kepada The Weather Network, Arborist Mark Vanderwouw mengatakan bahwa gerakan pernafasan yang menakutkan itu disebabkan oleh zona saturasi tanah setelah terjadinya hujan badai yang lebat.

"Selama hujan dan angin topan, tanah menjadi jenuh, 'melonggarkan' kohesi tanah dengan akar saat angin bertiup di mahkota pohon."

"Angin mencoba 'mendorong' pepohonan, dan ketika kekuatan dipindahkan ke akarnya, tanah mulai naik."

"Jika angin cukup kencang dan bertahan cukup lama, lebih banyak akar akan patah dan pada akhirnya beberapa pohon akan tumbang."

Mark Sirois dari Southern Quebec Severe Weather Network, mengatakan ini merupakan fenomena meteorologis yang dapat dipahami di mana unsur-unsur di dalamnya terjadi secara tepat untuk menciptakan pemandangan yang tidak biasa, lalu direkam dan dibagikan ke media online sehingga menjadi viral.

"Ketika anda melihat pohon-pohon di belakangnya, jelas bahwa angin sangat kencang."

"Lantai hutan tampak ditutupi oleh lumut yang menyisakan banyak sistem akar pohon yang lebih muda bersarang di media yang longgar. Saat angin mengayunkan pepohonan, lantai hutan terangkat, dan memberi kesan 'bernafas'."

Penjelasan Sirois diperkuat oleh para ahli meteorologi lain yang setuju bahwa tidak ada yang salah dalam rekaman itu, meskipun itu membingungkan banyak orang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tanah Bumi sekarang "bernafas" lebih berat dibandingkan sebelumnya karena kenaikan suhu di seluruh dunia.

(Sumber : Canada news Locals baffled as Quebec forest 'BREATHES' during storm, Breathing Forest Viral Video Explained By an Expert Time)

7 komentar:

  1. Binawe ko ni. Masuk blog misteri sebok plak promo prjudian. Buat blog sndri la

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tenan, gendeng iku seng promo judi online kok nang kene

      Hapus
  2. mantab kak sudah membagi informasinya, semoga blognya tambah rame kunjungannya. Terima kasih kak.

    BalasHapus
  3. Request Tentang Benua Lemuria Sama Sundaland Gan

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas kunjungannya ..

    BalasHapus