Selasa, 08 Oktober 2019

Misteri Alien Kelly–Hopkinsville


Pertemuan Kelly–Hopkinsville (atau Hopkinsville Goblins Case, Kelly Green Men Case) adalah klaim pertemuan dekat dengan makhluk luar angkasa yang terjadi pada tahun 1955 di dekat Hopkinsville, Christian County, Kentucky, Amerika Serikat.

  • Klaim pertemuan

  • Pada malam 21 Agustus 1955, lima orang dewasa dan tujuh anak-anak tiba di kantor polisi Hopkinsville, mengklaim bahwa makhluk alien kecil dari pesawat ruang angkasa menyerang rumah pertanian mereka dan mereka menahan makhluk itu dengan tembakan "selama hampir empat jam".


    Dua orang dewasa, Elmer Sutton dan Billy Ray Taylor, mengklaim telah menembak sosok gelap berukuran pendek yang berulang kali muncul di ambang pintu atau mengintip ke dalam jendela.


    Khawatir tentang kemungkinan pertempuran senjata antara warga setempat, empat polisi kota, lima polisi negara bagian, tiga wakil sheriff, dan empat polisi militer dari Angkatan Darat Amerika Serikat terdekat pergi ke rumah pertanian Sutton yang terletak di dekat kota Kelly di Christian County.

    Pencarian mereka tidak menghasilkan apa-apa selain bukti dari tembakan dan lubang di jendela dan pintu yang dibuat oleh senjata api.

    Keesokan harinya, tetangga mengatakan kepada dua petugas bahwa keluarga itu telah "berkemas dan pergi" setelah mengklaim "makhluk itu kembali sekitar pukul 3:30 di pagi hari".

  • Liputan pers

  • Klaim keluarga meliputi liputan pers lokal dan nasional. Artikelnya tidak merujuk pada "little green men" (pria hijau kecil), warna (hijau) kemudian ditambahkan pada beberapa cerita surat kabar.



    Perkiraan ukuran makhluk itu bervariasi, mulai dari dua hingga empat kaki (61 cm - 1,2 meter), dan gambaran seperti "telinga runcing besar, tangan seperti cakar, mata kuning yang bersinar dan kaki yang kurus", kemdian muncul di berbagai media.


  • Ufologist

  • Dalam sebuah publikasi, ufologist Prancis, Renaud Leclet berpendapat bahwa penjelasan kasus ini adalah great horned owls.

    Ufologist Jerome Clark menulis bahwa makhluk itu diduga "melayang" melalui pohon-pohon dan suara peluru yang menyerang mereka "menyerupai peluru yang menyerang ember logam".

    Clark menjelaskan tentang "cahaya aneh di sepanjang pagar di mana salah satu makhluk telah ditembak, dan, di hutan, sebuah lampu hijau yang sumbernya tidak dapat ditentukan."

    Namun, deskripsi ini konsisten dengan foxfire, jenis jamur bioluminenensi yang biasanya ditemukan di atas kayu yang telah membusuk.


    Clark juga menulis bahwa penyelidikan oleh polisi, perwira Angkatan udara dari dekat Fort Campbell dan ahli ufologi sipil tidak menemukan bukti kebohongan.

    Namun, Brian Dunning melaporkan bahwa "klaim bahwa penyelidik Angkatan Udara muncul keesokan harinya di rumah Ny. Lankford telah diterbitkan beberapa kali oleh penulis kemudian, tetapi saya tidak dapat menemukan bukti untuk menguatkan hal ini".

    Dunning juga mengamati bahwa "empat polisi militer yang menemani para petugas polisi pada malam tersebut berasal dari pangkalan militer, bukan pangkalan Angkatan Udara".

    Beberapa ahli Ufo telah membandingkan makhluk itu dengan gremlins, yang sejak saat itu, dalam budaya populer, sering disebut sebagai "Hopkinsville Goblins".


    Ufologist Allan Hendry menulis, "Kasus ini dibedakan oleh durasi dan juga jumlah saksi yang telibat.."

    Project Blue Book mendaftarkan kasus ini sebagai tipuan tanpa komentar lebih lanjut.

  • Penjelasan

  • Psikolog Rodney Schmaltz dan Scott Lilienfeld mengutip insiden itu sebagai contoh pseudoscience dan "klaim luar biasa" untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

    "Adalah masuk akal, jika tidak mungkin, bahwa "alien" itu adalah Great Horned Owls, dan ada beberapa bukti bahwa saksi mata mungkin mabuk selama 'serangan alien'."


    Joe Nickell dari Committee for Skeptical Inquiry mencatat bahwa keluarga itu bisa saja salah mengidentifikasi "eagle owls" atau great horned owls, yang merupakan binatang malam hari (nokturnal), bermata kuning dan agresif dalam mempertahankan sarangnya.


    Menurut Nickell, penampakan meteor juga terjadi pada saat itu, yang dapat menjelaskan klaim Billy Ray Taylor bawhwa dia melihat "cahaya terang melintas di langit dan menghilang di luar garis pohon berada agak jauh dari rumah."

    Penulis Brian Dunning mengatakan :

    "Ada terlalu banyak kesamaan antara makhluk yang dilaporkan oleh keluarga dengan sepasang great horned owls yang agresif, yang dapat berdiri sekitar dua pertiga dari ketinggian satu meter."

    (Sumber : Kelly–Hopkinsville encounter)

    3 komentar: