Jumat, 25 Oktober 2019

Keanehan pada jejak kaki astronot di Bulan


Sebuah teori konspirasi mengatakan bahwa sepatu Neil Armstrong tidak cocok dengan jejak kaki yang ditinggalkan oleh mereka di Bulan.

Misi Apollo 11 telah menjadi sumber teori konspirasi sejak lunar excursion module (LEM) mendarat di permukaan Bulan pada tanggal 20 Juli 1969.

Berbagai rumor telah diajukan, dan pada Agustus 2016, rumor baru telah menyarankan bahwa bukti palsu pendaratan di Bulan dapat ditemukan pada sepatu bot Neil Armstrong.

Rumor itu termasuk foto dari pakaian luar angkasa Neil Armstrong dan jejak kakinya di Bulan.

Para ahli teori konspirasi bermata jeli mengatakan bahwa jejak kaki yang tertinggal di Bulan tidak cocok dengan sepatu bot astronot, di mana sepatu astronot terlihat rata dan mulus tanpa lekukan, sedangkan jejak di Bulan memperlihatkan cetakan jejak dengan pola tapak tegak lurus yang tebal.


"Bagian bawah sepatu bot ini tidak cocok dengan semua cetakan terkenal yang ditinggalkan di permukaan Bulan."

Foto pakaian Neil Armstrong diambil pada tahun 2015 oleh astronom Phil Plait, saat pakaian bersejarah itu disimpan oleh Smithsonian’s National Air and Space Museum.

Para astronot Apollo 11 memotret diri mereka sendiri dan konddisi tanah Bulan, termasuk jejak kaki mereka, ketika mereka berjalan di permukaan Bulan.



  • Penjelasan

  • Sementara untuk sebagian besar misi Apollo 11 Armstrong memang mengenakan pakaian seperti pada gambar di atas, Neil Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mengenakan beberapa perlengkapan tambahan sebelum melangkah ke permukaan Bulan, termasuk dua overshoes (atau sepatu luar) besar dengan jejak yang di sol.

    Apollo 11 A7L Suit

    Sepatu itu menutupi area boot reguler pada versi baju ruang angkasa yang digunakan di Bulan, yang disebut A7LB Space Suit, serta memberikan perlindungan ekstra dari robekan, sobekan, dan debu ke pakaian dasar ruang angkasa.


    Sebagai catatan, jejak kaki dalam foto itu bukan dibuat oleh Neil Armstrong, melainkan oleh Buzz Aldrin, yang pada saat itu menemani Armstrong pergi ke Bulan.

    Buzz Aldrin memotret jejak kakinya sendiri untuk mempelajari kekuatan daya tarik permukaan Bulan yang akan diteliti oleh para ilmuwan.

    Sepatu Buzz Aldrin bersama dengan jejaknya
    yang tercetak di permukaan Bulan

    Foto jejak itu cocok dengan sepatu bot Aldrin, seperti didokumentasikan dalam gambar yang diambil oleh Armstrong ketika Aldrin menuruni tangga dari LEM ke permukaan Bulan.

    Aldrin menuruni tangga Lunar Module
    untuk memulai persiapan berjalan di Bulan

    Aldrin akan menggunakan dua komponen (EASEP)
    di permukaan Bulan selama misi Apollo 11

    Bagaimanapun, jejak bot Armstrong juga cocok dengan jejak yang terlihat pada foto-foto jejak kaki di permukaan Bulan lainnya.

    Jejak kaki khas yang ditinggalkan oleh sepatu bot ini dapat dilihat di banyak gambar selama misi Apollo 11.




    Sepatu ini meninggalkan jejak kaki dengan ciri khas yang masih terdapat di Bulan sampai hari ini.

    Nasa mengatakan : "Jejak kaki pertama di Bulan akan ada di sana selama satu juta tahun. Tidak ada angin untuk meniupnya."

    Alasan mengapa sepatu luar ini tidak berada di museum bersama dengan perlengkapan astronot lainnya, karena sepatu dengan sekitar 100 barang lainnya, seperti lensa TV dan cairan tubuh, ditinggalkan di Bulan untuk menghemat beban.

    (Sumber : Lunar Footprint Mystery, Someone Points Out That Neil Armstrong's Boot Doesn't Match The Print On The Moon)

    7 komentar:

    1. Soal fakta sepatu memang terbantahkan, bagaimana dengan fakta astronomi pada ketinggian 2.000 s.d 60.000 km dari permukaan bumi, terdapat medan radiasi yang disebut Van Allen Belt. Makhluk hidup tak akan bisa melewatinya dengan selamat, tanpa teknologi pelindung.
      https://bossdar.wordpress.com/2016/03/25/apollo-tak-mendarat-di-bulan-proyek-hoax-rp-2000-triliun/

      BalasHapus
    2. Awalnya mau buat artikel tentang teori konspirasi Flat Earth, di dalamnya termasuk membahas Radiasi Van Allen, dll, tapi itu bakalan sangat panjang, dan mungkin nantinya akan di buat per bagian buat pembahasannya ..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ok min tapi bukan berarti saya penganut flat earth sperti bossdarling juga ya :D

        Hapus
    3. "Jejak kaki pertama di Bulan akan ada di sana selama satu juta tahun. Tidak ada angin untuk meniupnya."


      Trus benderanya berkibar karena apa klo bukan angin?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Penjelasan tentang bendera yang berkibar bisa ditemukan di postingan ini, http://blogmisteritesla.blogspot.com/2018/04/teori-konspirasi-pendaratan-manusia-di.html

        Hapus
      2. Ditiup gan pakai selang udara. Konon yang pegang selang mental sampai ke galaxy Nebula. Hehehehe

        Hapus