Minggu, 11 Agustus 2019

Foto Piramida di Bulan


Sebuah gambar yang diambil oleh salah satu astronot Apollo 17 pada tahun 1972 diklaim memperlihatkan dugaan struktur seperti Piramida di Bulan.

Bulan Desember tahun 1972, Apollo 17 melakukan misi 12 hari ke bulan dengan tiga awak dan merupakan misi terakhir dari program Apollo.

Semua gambar yang diambil selama misi ini tersedia secara online di Apollo Image Library oleh NASA.

Satu gambar di Library tersebut telah menjadi subjek perdebatan karena versi gambar dengan kualitas yang telah ditingkatkan, tampak menunjukkan objek segitiga yang beberapa orang katakan menyerupai sebuah piramida di permukaan Bulan.


Foto itu dikategotikan oleh NASA sebagai "blank" (kosong), tetapi itu tidak sepenuhnya kosong. Jika kontras dinaikkan, akan terlihat struktur yang berbentuk seperti piramida.


Foto itu asli dan dapat ditemukan di situs NASA, terdaftar di Magazine 135/G (bernomor AS17-135-20680).

Internet dan situs konspirasi telah menggunakan foto itu untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan minat, dan seringkali dinyatakan sebagai foto yang tidak pernah sepenuhnya dapat dijelaskan.

"Ini menarik, dan saya pikir itu tidak pernah terpecahkan."


  • Kemungkinan Penjelasan

  • Namun, ada penjelasan sederhana yang tidak melibatkan piramida di Bulan.

    Dalam rangkaian urutan foto yang mencangkup dua gulungan (magazine atau film) yang berbeda, meskipun gambar 81 itu kosong, gambar 82 menunjukkan adegan ke arah bawah yang memperlihatkan lantai Lunar Roving Vehicle (LRV).

    AS17-135-20676

    AS17-135-20677

    AS17-135-20678

    AS17-135-20679

    AS17-135-20680

    *) AS17-135-20681 (blank)

    AS17-135-20682

    Saat membaca library NASA dengan teliti, tampak bahwa gambar awal dan akhir dari banyak magazine berisi gambar yang diambil tanpa mempertimbangkan subjek tertentu, mungkin selama prosedur pemuatan atau pembongkaran, atau pemfokusan (seperti gambar awal magazine 135/G).

    Misalnya, foto-foto akhir dari urutan yang sama dari magazine 142/M, berlabel “sunstruck” atau “LRV floor”, atau yang lain yang dilabeli sebagai keduanya.

    Beberapa dari foto ini begitu sunstruck (terpengaruh oleh cahaya matahari) dan ambigu sehingga NASA memasukkan tanda tanya dalam deskripsinya seperti : “LRV floor?”.

    Seperti yang terlihat dalam urutan gambar, termasuk foto "piramida", ada banyak objek yang dapat membentuk segitiga.


    Tampak bahwa kamera diarahkan ke lantai LRV selama seluruh urutan gambar, dan tidak masuk akal jika gambar 80 difokuskan pada objek yang jauh (sehingga memotret piramida di permukaan Bulan) di tengah fase pembongkaran dan pemuatan, sementara semua gambar sebelum dan sesudahnya menunjukkan lantai LRV.


    Gambar "piramida" di Bulan tampaknya merupakan bidikan gambar dari lantai LRV (berasal dari bayangan suatu objek) ketika film sedang diubah di kamera, kemungkinan dari bayangan kursi di lantai LRV.


    Dari urutan foto yang dapat ditemukan di library NASA, dibuat sebuah foto panorama di mana kita bisa melihat gambaran yang lebih luas, dan tentu saja tidak ada struktur seperti piramida yang terlihat di permukaan Bulan.

    (Sumber : Debunked_ NASA Photo of a Pyramid on the Moon, A pyramid on the Moon)

    8 komentar:

    1. Piramida mesir "diduga" dibangun oleh "Lost Civilization", bagaimana mungkin Lost Civilization bangun piramid di bulan juga, ngakak wkwkwk cepat sekali jika oknum diluar sana mengaitkan dengan Alien.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Menurutku mudah membangun Pyramid jika ukuran tubuhmu juga luar biasa.

        Hapus
    2. Semangat gan ngasih info² misterinya

      BalasHapus
    3. Keren bro, keep posting.
      Dulu ini foto bener bener nguatin gua buat percaya sama misi apollo 20 dan dan monalisanya yang di post agan vahn-saryu.
      Saking penasarannya, ane nyari inpo ngalor ngidul eh ternyata semuanya hoax.

      BalasHapus
    4. Fakta bisa diungkap... Mantap bro

      BalasHapus
    5. Nemu juga blog mantap hehe

      BalasHapus