Minggu, 21 Juli 2019

Legenda Ubur-Ubur Raksasa


Ubur-ubur raksasa, secara lokal dikenal sebagai Nomura's Jellyfish, terlihat hanya beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir, namun telah mengejutkan orang-orang dengan kekaguman selama beberapa dekade.

  • Penampakan

  • Pada tahun 1953, seorang penyelam Australia dilaporkan menyaksikan massa coklat berukuran sangat besar yang menelan seekor hiu.

    Pada tahun 1969, penyelam Richard Winer dan Pat Boatwright melihat ubur-ubur dengan diameter 50-100 kaki (15 sampai 30 meter).

    Mereka menemukannya di barat daya Bermuda, dan mengatakan ubur-ubur itu berwarna ungu gelap dengan pinggiran merah muda.


    Penampakan lain terjadi di tahun 1973, di mana kapal yang dikenal sebagai Kuranda bertabrakan dengan ubur-ubur berukuran besar. Meskipun dilepas menggunakan selang, salah satu pelaut tersengat sehingga meninggal karena luka yang diakibatkan olehnya.

    Sebuah pemeriksaan terhadap lendir yang ditinggalkan di kapal membuktikan bahwa itu adalah Lion's Mane Jellyfish, yang berukuran sangat besar, namun tidak hampir sebesar makhluk cryptid ubur-ubur raksasa.

    Ada laporan tentang ubur-ubur yang berukuran lebih besar daripada manusia di Jepang.

    Seorang pria muda pernah menelepon polisi karena dia mengatakan bahwa ubur-ubur seukuran mobil memakan keluarganya saat dia berenang di perairan laut dangkal.

    Dia dipenjara atas dasar pembunuhan karena polisi mengira dia berbohong untuk menghindari penangkapan atas kejahatan yang dia lakukan.

    Kemudian, saat dia dibebaskan dari penjara, sebuah tes polygraph (tes deteksi kebohongan) dilakukan kepadanya menunjukkan bahwa dia tampaknya tidak berbohong.

    Sangat mungkin dia melakukan tipuan terhadap tes itu atau sama sekali tidak membunuh keluarganya. Tetapi beberapa berspekulasi bahwa dia benar-benar melihat spesies baru dari ubur-ubur besar yang mampu memakan manusia.

  • Penjelasan

  • Ada kemungkinan yang berkaitan dengan ubur-ubur berukuran lebih besar dan lebih berbahaya yang berada di tempat lain di dunia.

    Telah dikatakan bahwa karena pemanasan global, spesies ubur-ubur tumbuh dengan cepat, tetapi mungkin beberapa spesies ini tumbuh dalam hal ukuran bukan dalam jumlah.

    Penjelasan lain mungkin penampakan ubur-ubur raksasa berasal dari pengamatan Lion's Mane Jellyfish yang tumbuh menjadi berukuran raksasa.


    Lion's Mane Jellyfish terbesar yang pernah tercatat hingga saat ini, ditemukan pada tahun 1870 di pantai Massachusetts Bay.

    Tubuhnya berukuran diameter 2,29 meter dan memiliki tentakel sepanjang 46 meter, lebih panjang daripada paus biru (binatang terbesar yang dikenal di dunia).


    Namun, ubur-ubur ini cenderung panjang daripada lebar, sehingga laporannya akan menjadi penampakan ubur-ubur panjang daripada penampakan ubur-ubur besar yang lebar.

    Ubur-ubur raksasa bisa jadi adalah spesies ubur-ubur baru dengan struktur genetik yang memungkinkan ubur-ubur untuk tumbuh hingga berukuran raksasa.

    (Sumber : Giant Jellyfish)

    4 komentar: