Rabu, 31 Juli 2019

Legenda Flatwoods Monster


Flatwoods monster, juga dikenal sebagai Phantom of Flatwoods atau Braxton County Monster, adalah makhluk yang dilaporkan terlihat di kota Flatwoods, Braxton County, Virginia Barat, Amerika Serikat.

Penampakannya terjadi pada 12 September 1952, mengikuti kemunculan objek terang yang melintasi langit malam.

  • Penampakan

  • Pada 12 September 1952, pukul 7:15 malam, Edward dan Fred May, dengan teman mereka Tommy Hyer, mengatakan mereka melihat objek terang melintasi langit dan mendarat di tanah milik petani setempat, G. Bailey Fisher. Mereka lalu pergi ke rumah Kathleen May, di mana mereka menceritakan kejadian yang baru mereka alami.

    May, ditemani oleh Edward, Fred May, Tommy Hyer, anak-anak setempat, Neil Nunley dan Ronnie Shaver, dan West Virginia National Guardsman, Eugene Lemon, pergi ke peternakan Fisher dalam upaya menemukan apa yang baru saja dikatakan ketiga anak lelaki itu.

    Kelompok itu mencapai puncak bukit, di mana Nunley mengatakan mereka melihat cahaya merah yang berdenyut. Lemon kemudian mengatakan dia mengarahkan senter ke arah itu dan untuk sesaat melihat "sosok tinggi seperti manusia dengan wajah bulat yang merah dikelilingi oleh bentuk runcing seperti kerudung".

    Foto yang menggambarkan Monster
    Flatwoods oleh Gray Barker

    Deskripsi makhluk itu bervariasi. Dalam sebuah artikel untuk Fate Magazine, berdasarkan wawancara rekaman, penulis UFO, Gray Barker menggambarkan sosok itu sebagai :

    "Makhluk setinggi sekitar 3 meter, dengan wajah bundar berwarna merah darah, memiliki bentuk "seperti kerudung" runcing besar di sekitar wajah, bentuk matanya seperti mata yang memancarkan cahaya orange kehijauan, dan tubuhnya hitam atau hijau gelap."


    Kathleen May menggambarkan sosok itu memiliki "tangan kecil seperti cakar", lipatan seperti pakaian, dan "kepala yang menyerupai kartu as spade (sekop)".


    Menurut cerita, ketika sosok itu mengeluarkan suara mendesis dan "meluncur ke arah mereka", Lemon menjerit dan menjatuhkan senternya, menyebabkan kelompok itu melarikan diri.

    Menurut mantan editor berita, Holt Byrne, "berita surat kabar dimuat di seluruh negeri, siaran radio dilakukan di jaringan besar, dan ratusan panggilan telepon diterima dari seluruh penjuru negeri."


    Layanan pers nasional menilai cerita itu "#11 for the year". Seorang menteri dari Brooklyn pun datang untuk bertanya kepada keluarga May mengenai kejadian yang mereka alami.

    Gambar asli dari Monster Flatwoods oleh
    seorang seniman sketsa New York

    Surat kabar Pittsburg mengirim reporter khusus, dan penulis UFO dan Fortean seperti Gray Barker dan Ivan T. Sanderson, datang untuk menyelidiki kasus tersebut.

  • Penjelasan

  • Setelah penyelidikan kasus di tahun 2000, Joe Nickell dari Committee for Skeptical Inquiry, menyimpulkan bahwa cahaya terang di langit yang dilaporkan oleh para saksi pada 12 September, kemungkinan besar adalah sebuah meteor, bahwa lampu merah yang berdenyut kemungkinan merupakan navigasi pesawat atau suar, dan bahwa makhluk yang digambarkan oleh para saksi mata sangat mirip dengan burung hantu.

    Nickell menyarankan bahwa persepsi para saksi mata terdistorsi oleh tingkat kecemasan mereka yang tinggi. Kesimpulan Nickell dibagikan kepada sejumlah penyelidik lain, termasuk dari Angkatan Udara.

    Pada malam penampakan (12 September), sebuah meteor telah diamati di tiga negara bagian (Maryland, Pennsylvania dan Virginia Barat).

    Menurut Nickell, tiga suar merah yang berkedip dari pesawat juga terlihat dari area penampakan, yang bisa menjelaskan laporan lampu merah yang berdenyut dan warna merah di wajah monster yang dilaporkan.

    Nickell menyimpulkan bahwa bentuk, gerakan dan suara yang dilaporkan oleh para saksi mata juga konsisten dengan siluet, pola penerbangan dan panggilan dari burung hantu jenis barn owl yang terkejut, saat bertengger di dahan pohon, membuat para peneliti untuk menyimpulkan bahwa dedaunan di bawah burung hantu mungkin telah menciptakan ilusi bagian bawah monster itu (yang digambarkan sebagai rok hijau berlipat).

    Ilustrasi perbandingan Flatwoods
    Monster dengan burung
    hantu oleh Nickell

    Para peneliti juga menyimpulkan bahwa ketidakmampuan para saksi untuk menyetujui apakah sosok itu memiliki tangan, dihubungkan dengan laporan Kathleen May, bahwa sosok itu memiliki "tangan kecil seperti cakar", yang "melebar di depannya", juga cocok dengan deskripsi barn owl dengan cakar yang mencengkeram cabang pohon.


    Hampir lima puluh tahun kemudian, para penyidik menyimpulkan bahwa cahaya terang yang dilaporkan adalah meteor, sedangkan makhluk yang terlihat oleh para saksi mata adalah barn owl yang bertengger di pohon, dengan bayangan yang membuatnya menjadi tampak seperti humanoid besar.

    (Sumber : Flatwoods monster)

    4 komentar:

    1. Ada-ada saja orang dahulu disana mentafsirkan fenomena seperti ini

      BalasHapus
    2. aneh sih penelitiannya gak masuk akal padahal tingginya 3 meter emang semak semaknya setinggi appan coba?

      BalasHapus