Rabu, 01 Mei 2019

Tentara India menemukan jejak Yeti di Himalaya


Belum lama ini, beredar kabar tentang Tentara India yang mengklaim telah menemukan jejak kaki Yeti selama perjalanan mendaki di Nepal.

Kejadian itu terjadi pada 9 April, di mana mereka membagikan gambar-gambar ke Twitter yang menunjukkan jejak kaki berukuran 32 inci di Makalu Base Camp, sebuah daerah pegunungan terpencil di antara Nepal dan Tibet.

"Untuk pertama kalinya, Tim Ekspedisi Pendakian Tentara India telah menemukan jejak kaki misterius dari binatang buas 'Yeti' berukuran 32x15 inci di dekat Makalu Base Camp pada 9 April 2019."

"Manusia salju yang sulit ditangkap ini hanya terlihat di Makalu-Barun National Park pada masa lalu."


Tweet ini memicu berbagai tanggapan, sementara yang lain bercanda dengan hashtag #Yeti yang menjadi salah satu trending topik di Twitter teratas pada hari Selasa di India.

Pengguna bernama Chowkidar Tarun Vijay mengucapkan selamat atas penemuan itu dan berkata :

"Selamat, kami selalu bangga dengan anda. Salut kepada Tim Ekspedisi Gunung."

"Tapi tolong, anda orang India, jangan menyebut Yeti sebagai binatang buas. Tunjukkan rasa hormat untuk mereka. Jika anda mengatakan ia adalah snowman (manusia salju)."


Berbeda dengan tanggapan di atas, pengguna Twitter bernama Kunal berkomentar :

"Dengan segala hormat kepada semua orang, apa yang kami sebut sebagai Yeti adalah dengan segala kemungkinan entah itu beruang cokelat Himalaya atau Tibetan blue bear."

"Keduanya terancam punah, bisa tumbuh lebih dari 7 kaki (2,1 meter) dan bipedal. Cetakan satu kaki terbentuk ketika beruang berjalan dengan empat kaki."

Pengguna lain bernama Anusuya berkomentar :

"Apa yang salah dengan kalian ? Lihat saja foto-foto itu demi Tuhan. Itu bukan bipedal. Tidak bisakah kalian memanggil ahli binatang sebelum memposting ini ?. Kecuali anda mengklaim Yeti berjalan dengan satu kaki dan bepergian dengan melompat."

Keberadaan Yeti tidak pernah terbukti, namun banyak orang telah menangkap imajinasi terhadap makhluk tersebut, termasuk dari naturalis Inggris yang terkenal, Sir David Attenborough.


Angkatan Darat India biasanya tidak membahas ke masalah-masalah monster misterius, dan banyak dari Tweet mereka lebih bersifat duniawi (biasa), tentang mantan anggota tentara atau acara-acara publik.

Tentara India tidak memberikan bukti lebih lanjut mengenai penemuan ini dan belum menjawab permintaan CNN untuk berkomentar pada saat publikasi.

(Sumber : Indian army says 32-inch-long markings make up a trail left by abominable snowman, 'Yeti' footprints sighted claims Indian Army tweet)

1 komentar: