Jumat, 24 Mei 2019

Cerita di balik foto-foto menyeramkan dan misterius yang beredar di Internet


Ada begitu banyak foto-foto menyeramkan yang berhubungan dengan urban legend, mitos, legenda, dan paranormal yang beredar di internet selama bertahun-tahun.

Banyak dari foto-foto ini, dengan latar belakang yang mengerikan, kabarnya tidak dapat dijelaskan, dan bahkan masuk dalam gambar paling menyeramkan di internet dan masuk kategori "mengganggu". Namun seiring dengan berkembangnya zaman, berbagai penjelasan mulai muncul dan tidak banyak juga yang pada akhirnya berubah menjadi sebuah tipuan (hoax).

Seperti beberapa foto berikut yang beberapa di antaranya telah memiliki penjelasan dan sebagian lainnya ternyata hanya sebuah tipuan :

  • The Buckley Family

  • The Buckley Family menceritakan tentang Susan dan John Buckley yang memutuskan untuk membunuh ibu mereka sebagai lelucon Halloween dan memenggal kepala ibu mereka dengan kapak.

    Ketika polisi tiba, anak-anak itu sudah lama pergi dan satu-satunya bukti yang mereka tinggalkan adalah foto keduanya memegang kepala ibu mereka yang telah terpenggal.


    Namun, kisah di atas benar, karena dalam foto aslinya, kepala ibu mereka tidak terpenggal.


  • Penonton wanita Jepang

  • Foto menyeramkan kali ini berasal dari salah seorang penonton di sebuah acara TV Jepang, di mana terlihat seorang wanita berwajah pucat dengan kepala yang memutar pada sudut yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia biasa.


    Foto ini menjadi foto hantu yang terkenal di Jepang dan ditampilkan di sejumlah acara paranormal dan acara TV.

    Sosok wanita itu memang nyata, namun seseorang mengedit wajahnya menjadi lebih putih dan lehernya dibuat tampak lebih memutar.


  • Expressionless Woman (Wanita tanpa ekspresi)

  • Pada Juni 1972, seorang wanita muncul di Rumah sakit Cedar Senai hanya dengan gaun putih berlumuran darah.

    Ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan karena orang sering mengalami kecelakaan di sekitar dan datang ke rumah sakit terdekat untuk perawatan medis. Tetapi ada dua hal yang menyebabkan orang-orang yang melihatnya muntah dan lari ketakutan.

    Yang pertama, karena dia bukan manusia biasa. Dia menyerupai sesuatu yang terlihat seperti mannequinn (model boneka manusia untuk peragaan busana), tetapi memiliki ketangkasan dan keluwesan manusia normal. Wajahnya, tanpa cacat seperti layaknya mannequinn, tanpa alis dan diolesi make-up.

    Rahangnya menjepit begitu erat di sekitarnya sampai pada titik di mana gigi tidak dapat terlihat, darah masih menyembur keluar dari gaunnya ke lantai. Dia kemudian mengeluarkan darahnya dari mulut, melemparnya ke samping dan jatuh.

    Dari saat dia melangkah melalui pintu masuk ke tempat dia dibawa ke kamar rumah sakit dan dibersihkan sebelum disiapkan untuk diberi penenang, dia benar-benar tenang, tanpa ekspresi dan tidak bergerak. Para dokter berpikir sebaiknya menahannya sampai pihak berwenang bisa datang.

    Mereka tidak dapat memperoleh respon apa pun darinya dan sebagian besar anggota staf terlalu tidak nyaman untuk menatap langsung kepadanya selama lebih dari beberapa detik.

    Tapi begitu anggota staf mencoba membiusnya, dia melawan balik dengan kekuatan ekstrem. Dua anggota staf memegangnya saat tubuhnya bangkit dari tempat tidur dengan ekspresi kosong yang sama.

    Dia mengalihkan pandangan tanpa emosinya ke arah dokter pria dan melakukan sesuatu yang tidak biasa. Dia tersenyum.

    Saat tersenyum, dokter wanita menjerit dan syok. Di mulut wanita itu bukan gigi manusia, tetapi duri panjang yang tajam. Terlalu panjang untuk menutup mulutnya secara penuh tanpa menyebabkan kerusakan.

    Dokter pria sejenak menatap balik sebelum bertanya : "Kamu ini apa ?".

    Wanita itu menggerakkan leher untuk mengamatinya, dengan tetap tersenyum.

    Ada jeda yang lama, keamanan telah diperingatkan dan dapat terdengar datang dari koridor.

    Saat wanita itu mendengar mereka, dengan tiba-tiba dia lari cepat ke depan, menenggelamkan giginya ke depan tenggorokannya, merobek pembuluh darah di leher, dan membiarkannya jatuh ke lantai, terengah-engah saat dia tersedak darahnya sendiri.

    Dia berdiri dan mencondongkan tubuhnya ke arah pria, wajahnya mendekat sangat dekat ke pria itu ketika kehidupan memudar dari matanya.

    Mata para dokter dipenuhi ketakutan ketika menyaksikan dia dengan tenang pergi untuk menyambut petugas keamanan. Penglihatan terakhirnya adalah melihat wanita itu memakan petugas keamanan satu per satu.

    Dokter wanita yang selamat dari insiden itu menamainya sebagai "The Expressionless".

    Tidak pernah ada penampakan lagi darinya.

    Meskipun terdengar cukup menyeramkan, cerita di atas tidak benar, dan foto yang diduga memperlihatkan "Expressionless Woman", sebenarnya adalah gambar dua perawat dan boneka lilin yang digunakan untuk pelatihan.


    Foto ini diambil oleh fotografer bernama Lord Snowdon untuk bukunya Assignments pada tahun 1968.

  • Cooper Family Falling Body Photo

  • Menurut legenda, ketika keluarga Cooper pindah ke rumah baru mereka, mereka mengambil beberapa foto, di mana ketika foto itu dikembangkan, mereka menemukan sosok tubuh yang jatuh dari langit-langit rumah baru mereka.


    Penjelasan foto di atas bisa dilihat di postingan ini : Misteri The Cooper Family Falling Body telah terpecahkan ?.

  • The Bunny Man Killer

  • Sebuah gambar telah beredar di internet dengan keterangan yang mengklaim bahwa gambar itu ditemukan pada tahun 1982 di tempat sampah di belakang sebuah restoran di Georgia, bahwa seorang wanita dibunuh oleh seorang pria berpakaian kelinci.


    Kisah The Bunny Man Killer telah banyak beredar di media sosial dan mungkin banyak juga orang yang mempercayainya, namun cerita tersebut palsu, dan dalam foto yang berkualitas tinggi dan berwarna, jika diperhatikan lebih dekat, wanita itu terlihat mengenakan topeng ayam.


    Gambar aslinya sendiri diambil oleh fotografer bernama Eliot Lee Hazel pada tahun 2010 sebagai bagian dari koleksi yang disebut Poppy Field Gang.

    Pria berpakaian kelinci dan wanita berkepala ayam dapat terlihat di koleksi gambar Poppy Field Gang, seperti yang terlihat di bawah ini :



    Seseorang mengedit foto itu agar tampak berusia lebih tua, berwarna hitam putih, dan memberinya cerita yang berhubungan dengan pembunuhan kejam.

  • Charlie Noonan

  • Seorang folklorist amatir bernama Charlie Noonan melakukan perjalanan melintasi Amerika Serikat Barat Daya untuk mengumpulkan cerita rakyat dan cerita supernatural.

    Dia mendengar cerita aneh dari seorang petani Oklahoma tentang seorang wanita aneh yang tinggal sendirian di tempat terpencil, di Panhandle. Dia mengatakan wanita itu sama sekali bukan wanita, tetapi makhluk yang menyamar sebagai wanita dan menyembunyikan sifat aslinya di balik penutup kepalanya.

    Charlie Noonan tertarik dan pergi mencari wanita ini, tetapi dia tidak pernah terlihat lagi. Bertahun-tahun kemudian, saat kamera Charlie ditemukan, kamera itu memperlihatkan satu-satunya foto di gulungan kamera (diduga menangkap sosok Charlie Noonan).


    Namun, penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa ini hanyalah mitos. Tidak ada folklorist bernama Charlie Noonan dan tidak ada catatan tentang peristiwa aneh ini.

    Ini hanya kisah menarik yang dibuat oleh seseorang di internet yang terinspirasi oleh foto menyeramkan di atas.

  • Little Girl and Deer

  • Sebuah kamera trail yang ditempatkan di hutan menangkap gambar dari dua rusa dan seorang gadis keci berpakaian putih yang diduga sebagai "hantu".


    Meski terlihat cukup menyeramkan, itu sebenarnya adalah karya seni oleh fotografer William Harper, di mana foto tersebut adalah salah satu dari rangkaian yang disebut "Following the Deer".


  • The El Khaimah "Djinn" (Jin El Khaimah)

  • Sebuah gambar yang pertama kali beredar pada pertengahan 1990an di Inggris diduga berhasil menangkap sosok Jin di sebuah gua di Arab.

    Informasi sebagai berikut :

    "Ini adalah kisah nyata di Ras el Khaimah, Uni Emirat Arab. Gambar ini telah dirilis sebagai bukti laporan polisi di UEA. Ceritanya adalah bahwa seorang pria muda pergi ke gua-gua di Ras el Khaimah untuk mengambil gua yang diketahui telah ditinggalkan, dengan seorang teman. Dia telah diperingatkan untuk tidak pergi. Orang yang bersamanya memanggil polisi dan mengatakan bahwa dia melihat lampu temannya mati dan kemudian temannya menjerit. Dia memanggil temannya tetapi tidak mendapat jawaban dan takut dia akan jatuh sehingga pergi ke polisi. Beberapa jam kemudian mereka menemukan pria di gua dalam keadaan mati dan satu-satunya gambar yang ditemukan di kameranya adalah yang ini."


    Majalah Inggris, Fortean Times diketahui sudah memverifikasi gambar tersebut pada tahun 1995.

    Fortean Times mencangkup gambar lain dari patung dan pernyataan dari Bob Smart, direktur Cheddar Showcaves & Gorge. Gambar itu adalah bagian dari atraksi "Crystal Quest" yang menarik jutaan pengunjung sejak dibuka pada tahun 1991.

    "Jin" itu sebenarnya adalah goblin, berada di gua dengan patung-patung mirip Lord of the Rings yang dibuat Rowland Pavey.


  • Brown Lady of Raynham Hall

  • Brown Lady of Raynham Hall adalah hantu yang dilaporkan menghantui Raynham Hall di Norfolk, Inggris.

    Tempat ini menjadi salah satu tempat menghantui paling terkenal di Inggris Raya saat fotografer dari majalah Country Life diklaim telah memotret hantu tersebut.


    Joe Nickell menulis bahwa pemeriksaan lebih dekat dari foto tersebut menunjukkan bukti double exposure.

    John Fairley dan Simon Welfare menulis : "ada garis putih di atas masing-masing tangga, menunjukkan bahwa satu gambar telah ditumpangkan di atas yang lain; sebuah cahaya yang dipantulkan di bagian atas pegangan tangga sebelah kanan muncul dua kali."

  • Demon in Hospital Bed

  • Sebuah foto yang diposting di bagian paranormal Reddit (ditelusuri setidaknya berasal dari Desember 2013) diklaim memperlihatkan iblis berwarna hitam sedang berjongkok di atas kasur rumah sakit.

    Keterangan foto itu menyatakan : "Foto ini diambil dari monitor perawat. Di monitor, sosok hitam muncul berdiri di atas pasien yang terbaring di kasur. Pasien itu mati dalam beberapa jam setelah sosok ini muncul."

    Beberapa situs paranormal berspekulasi bahwa sosok itu adalah mare (entitas jahat dalam cerita rakyat Jerman dan Slavia di mana mereka menaiki dada seseorang saat mereka tidur, pembawa mimpi buruk).


    Walaupun beberapa mempercayai cerita tersebut, sebuah penjelasan muncul bahwa gambar itu hanya contoh menarik dari pareidolia.

    Berbagai objek di ruangan seperti kaki pasien, ranjang tempat tidur, jaket dan peralatan rumah sakit, berada pada posisi yang tepat, lalu dengan gambar yang buram, membuat gabungan semua itu tampak menyerupai sosok"iblis".

    Kaki pasien membentuk kaki iblis, ranjang tempat tidur membentuk kaki bagian atasnya, peralatan di tembok membentuk tubuhnya, dan apa yang tampak seperti bagian atas mantel yang tergantung membentuk kepalanya.


  • Kerangka manusia raksasa di Arab Saudi

  • Sebuah gambar yang mulai beredar secara online pada awal tahun 2004 diklaim menunjukkan kerangka raksasa yang digali oleh tim arkeologi di Arab Saudi.

    Gambar itu disertai keterangan sebagai berikut :

    "Kegiatan eksplorasi gas baru-baru ini wilayah tenggara gurun Arab telah menemukan kerangka manusia berukuran luar biasa. Wilayah gurun Arab ini disebut Empty Quarter atau dalam bahasa Arab, 'Rab-Ul-Khalee'. Penemuan ini dibuat oleh tim Aramco Exploration. Seperti yang Tuhan nyatakan dalam Al Quran bahwa Dia telah menciptakan manusia berukuran luar biasa yang sejak saat itu belum pernah Dia ciptakan. (Mereka) ini adalah orang-orang Aad di mana Nabi Hud dikirim. Mereka sangat tinggi, besar, dan sangat kuat, sehingga mereka dapat merangkul batang pohon dan mencabutnya."

    "Kemudian orang-orang ini, yang telah diberi semua kekuatan, berbalik melawan Allah, dan Nabi, dan melampaui batas-batas yang ditetapkan oleh Allah. Akibatnya mereka hancur."

    "Ulama Arab Saudi percaya ini adalah sisa-sisa dari orang-orang Aad. Militer Saudi telah mengamankan seluruh area dan tiak ada yang diizinkan masuk kecuali personil ARAMCO. Itu telah disimpan dalam kerahasiaan, tetapi sebuah helikopter militer mengambil beberapa gambar dari udara dan salah satu gambarnya bocor ke internet di Arab Saudi."


    Pada April tahun 2004, gambar dan cerita di atas dilaporkan sebagai fakta oleh surat kabar Bangladesh The New Nation, dan juga oleh surat kabar di India.

    Kenyataannya, gambar itu dibuat oleh IronKite pada tahun 2002, di mana dia adalah anggota dari Worth1000.com yang telah mengirimkan gambar itu sebagai entri dalam kontes foto "Archaeological Anomalies".

    Peraturan kontes tersebut menantang para peserta untuk "membuat tipuan arkeologis... menunjukkan gambar penemuan arkeologis yang tampak begitu nyata, jika tidak muncul di Worth1000, orang mungkin telah mengambil gambar dua kali."

    Sumber asli gambar di atas berasal dari bidikan udara penggalian mastodon yang dipimpin oleh para peneliti dari Cornell University di luar Hyde Park, New York.


  • Hantu gadis kecil di Wem Town Hall

  • Pada 19 November tahun 1995, Wem Town Hall mengalami kebakaran mengakibatkan interior bangunan hancur total oleh api. Insiden ini menjadi terkenal setelah fotografer amatir Tony O'Rahilly tampaknya memotret seorang gadis muda di ambang pintu yang terbakar dari seberang jalan dengan lensa 200mm.

    Penduduk lokal menyatakan bahwa gadis ini adalah hantu dari Jane Churn, seorang gadis muda yang pada tahun 1677 dituduh memulai kebakaran di kota yang sama.

    Gambar gadis di gedung yang terbakar tidak diperhatikan oleh fotografer atau orang di tempat kejadian, dan hanya muncul setelah foto dikembangkan. O'Rahilley juga kemudian membantah klaim bahwa dia telah menggunakan efek khusus untuk menambahkan gadis itu ke dalam gambarnya.


    Foto ini sempat dikirim ke ASSAP dan diteruskan ke direktur Royal Photographic Society, Dr. Vernon Harrison yang menyimpulkan bahwa gambar itu memang tampak asli, tetapi dia tetap skeptis, percaya itu mungkin asap atau trik cahaya.

    Blake Smith untuk Skeptical Inquirer menulis :

    "Sebuah analisa berikutnya oleh petugas fotografi dari National Media Museum menyimpulkan bahwa foto itu adalah menipu. Negatif yang dibuat dari foto (bukan negatif asli) menunjukkan garis-garis pemindaian horizontal yang konsisten dengan gambar televisi di seberang gambar gadis itu. Petugas menyimpulkan bahwa gambar gadis itu kemungkinan ditempelkan ke dalam foto."

    Pada tahun 2010, lima tahun setelah kematian fotografer, penduduk lokal berusia 77 tahun mengklaim telah memecahkan misteri foto tersebut dengan menunjuk kesamaan antara gadis di gambar dengan gadis di kartu pos yang muncul di koran lokal Shropshire Star.

    Pembaca ShropShireStar, Brian Lear, menelusuri bagian gambar masa lalu dari Shropsire dan menemukan kartu pos lama Wem dari tahun 1922.

    Saat mengamati setiap detail seperti bangunan, mobil dan orang-orang, dia memperhatikan seorang gadis kecil di sudut kiri, yang tampak akrab dengan apa yang pernah dia lihat.

    "Saya tertarik untuk menemukan bahwa dia (gadis itu) memiliki kemiripan yang mencolok dengan gadis kecil yang terlihat sebagai 'hantu perempuan'."


  • Janet Hodgson melayang

  • Sebuah klaim mengatakan bahwa konon, Janet yang berusia 11 tahun, dapat melayang di udara oleh energi jahat.

    Foto Janet saat "melayang" di kamarnya, diambil dari jarak jauh oleh kamera yang dipasang oleh Graham Morris segera diterbitkan sebagai bukti klaim tersebut.


    Namun, telah disarankan bahwa foto yang diduga memperlihatkan Janet sedang melayang di tempat tidurnya, sebenarnya menunjukkan dia yang sedang melakukan lompatan (melompat) bukan melayang. Rangkaian foto saat dia melompat akan terlihat seperti di bawah ini :


  • Pesta Kostum Halloween

  • Dikatakan bahwa ini adalah satu-satunya foto yang diketahui dari seorang pembunuh kejam yang tidak dikenal.

    Cerita mengatakan, pada malam Halloween tahun 1962, seorang pria bertopeng hitam diduga datang secara tak diundang ke sebuah pesta kostum, mengunci semua pintu, dan berusaha membunuh setiap tamu dengan pisau dapur.

    Dia membunuh tujuh orang dan meninggalkan tempat kejadian. Pria tersebut tidak pernah tertangkap dan FBI masih memiliki topeng hitam sebagai barang bukti.


    Cerita di atas tidak benar. Foto itu hanya gambar Halloween lama yang telah beredar di internet selama bertahun-tahun. Seseorang lalu melihatnya dan memutuskan untuk menciptakan sebuah legenda tentang foto tersebut.

    **) Isi artikel ini kemungkinan akan ditambah dan diupdate di postingan selanjutnya ..

    (Sumber : Scary Images and the Real Stories Behind Them, Japan_ The Woman in the Audience, The Expressionless, The Bunny Man, Charlie Noonan, Little Girl Ghost with Deer, The El Khaimah _Djinn, Brown Lady of Raynham Hall, The Demon on a Hospital Bed, Giant Skeleton Uncovered in Saudi Arabia, Wem Town Hall)

    12 komentar: