Rabu, 03 April 2019

Nelayan berhasil menangkap kepala hiu yang telah terpenggal di Australia


Seorang nelayan berhasil menangkap kepala hiu raksasa di lautan lepas pantai Australia yang memicu spekulasi bahwa hiu itu telah dibunuh oleh predator yang berukuran lebih besar darinya.

Jason, yang mengalami kejadian itu pada hari Kamis, memposting gambar hiu itu secara online dan menggambarkan tangkapan pagi itu sebagai tangkapan "gila".

"Jadi hanya ini yang kami dapatkan dari monster mako. Sayangnya kami tidak melihat yang memakannya tetapi itu pasti mengesankan !! Kepalanya sekitar 100 kg (220 lbs)."


Saat kru memotong daging di bagian kepala, mereka menemukan tanduk ikan marlin tertanam di dagingnya, yang menurut Jason itu adalah hasil dari pertempuran yang terjadi tahun lalu.

Segera setelah di posting, pengikut Facebook Jason mulai berspekulasi tentang monster seperti apa yang dapat menyebabkan kerusakan pada hiu Mako, bahkan sampai dugaan itu disebabkan oleh megalodon.

Hiu Mako merupakan predator menakutkan yang dapat tumbuh hingga sepanjang 12 kaki (3,6 meter) dengan berat 1.260 lbs. Mereka adalah spesies hiu tercepat (dapat mencapai kecepatan 46 mph).

Hiu ini jarang menjadi mangsa, sehingga kemungkinan makhluk yang memotong kepalanya adalah predator puncak seperti hiu putih besar atau paus pembunuh.

Beberapa juga menyarankan ini bisa disebabkan oleh paus pembunuh atau Orca.

Berbeda dengan tanggapan di atas, Jason percaya hiu malang itu adalah korban dari hiu yang berukuran lebih besar

Menurut Shamus Johnston, itu mungkin ulah hiu harimau, yang berkomentar bahwa ia pernah melilhat satu yang membunuh hiu berukuran 12 kaki dengan satu gigitan.

"Hiu macan menjadi besar, dengan penampakan dan catatan mereka menjadi lebih dari 20 kaki dan menjadi sangat agresif terhadap hiu lain."

Greg Doble menulis bahwa bekas gigitan khas di sekitar kepala Mako membuatnya tampaknya berasal dari hiu putih berkukuran 20 kaki (6 meter) dan mungkin lebih dari satu hiu.

"Anda dapat melihat gigi yang lebih kecil di luar bekas gigitan utama. Bukan Orca, mereka cenderung memakan hati hiu besar dan membiarkan sisanya jatuh ke dasar laut."

Lisa Newick setuju dan menambahkan : Terlepas dari reputasi mereka sebagai pemburu tunggal, hiu putih akan bekerja sama dengan yang lain, berburu dalam kelompok dan berbagi rampasan."

"Mereka adalah makhluk sosial dan terkadang juga bepergian dalam kelompok, itulah mengapa anda melihat mereka mondar-mandir di sekitar bangkai paus."

(Sumber : Fisherman catches shark's gigantic head off of Australia)

1 komentar: