Minggu, 14 April 2019

Legenda Slothfoot


"Slothfoot" adalah makhluk cryptid misterius yang dikatakan menyerupai sloth tanah prasejarah yang telah terlihat di Utara Amerika dari Kanada Ke Meksiko.

Pada 10 Maret 1797, Thomas Jefferson memperkenalkan sebuah makalah tentang tulang-tulang makhluk raksasa yang ia beri nama Megalonyx ("giant claw" atau "cakar raksasa").

Thomas Jefferson dengan Megalonyx

Dia meminta Lewis dan Clark, ketika mereka merencanakan ekspedisi mereka yang terkenal di tahun 1804-1806, untuk mengawasi spesimen hidup spesies ini.

Beberapa penampakan sloth tersebut di antaranya :

  • Beast of Boonville (1936-1937)

  • Beast of Boonville adalah sloth raksasa yang dilaporkan dari Boonville, Indiana, Amerika Serikat pada tahun 1936 dan 1937. Makhluk ini diduga berasal dari Meksiko.

    Laporan pertama datang dari tahun 1936, saat nelayan Ralph Duff melaporkan tentang seekor binatang berbulu besar yang telah merobek-robek anjingnya.

    Istri Duff melihat binatang itu, yang lari setelah dia menjerit, dan mengatakan bahwa itu "monster tinggi yang lebih besar dari beruang".

    Ralph percaya itu adalah kera dan mengatur perangkap beruang di sepanjang sungai untuk menangkapnya. Pada 13 Agustus di tahun berikutnya, Ny. Fudd melihat binatang itu lagi, yang ia bandingkan dengan kera raksasa.

    Setelah tanggal itu, penduduk Boonville melaporkan telah mendengar "jeritan dan teriakan darah mengental."

    Polisi mulai mencari di dasar sungai dengan hati-hati berharap dapat melacak binatang itu ke sarangnya. Seekor anjing polisi dilaporkan telah dianiaya "sangat buruk sehingga harus ditembak."


    Pada 18 Agustus, seorang pria memasuki kantor surat kabar Boonville dan menyatakan bahwa binatang itu adalah seekor sloth raksasa yang ditangkap oleh dia dan pamannya selama ekspedisi ke Meksiko dua tahun sebelumnya.

    "Dia mengatakan mereka kehilangan (sloth) itu di dekat Evansville dan tidak pernah menemukan jejaknya sejak saat itu. Dia tidak yakin apakah itu berjari dua atau berjari tiga, tetapi rata-rata bahwa sloth datang dari kedua varietas tersebut."

  • Tupai raksasa

  • Dalam cerita rakyat Micmac Indians dari Nova Scotia, Kanada, "tupai raksasa" dikatakan turun ke desa-desa dan memakan kulit pohon wigwam (rumah tradisional Algonquian Indians) atau tenda teepee (rumah suku indian berbentuk kerucut).

    Meski tupai ini tidak pernah menyakiti orang, mereka adalah gangguan bagi Micmacs karena mereka menghancurkan rumah-rumah penduduk Micmacs. Pada akhirnya tupai menghilang, dan rumah Micmacs ditinggalkan tanpa penghuni.

    Ben S. Roesch menyarankan bahwa cerita-cerita itu merujuk kepada sloth tanah pemakan kulit pohon dan tumbuh-tumbuhan lainnya, dan memiliki ekor berbulu yang panjang.


    Jika benar, sloth itu bertahan di daerah ini sampai abad pertengahan, karena diyakini bahwa legenda Micmac terjadi sekitar 500 SM.

  • Yukon Beaver Eater (1989)

  • The saytoechin adalah makhluk cryptid yang dilaporkan dari Yukon di Kanada.

    Cryptid ini digambarkan sebagai binatang besar dan berbahaya yang disamakan dengan sloth tanah raksasa. Penampakannya terjadi pada akhir 1980an dan awal 1990an.

    Ketika peduduk asli diperlihatkan buku binatang prasejarah, mereka memilih sloth tanah raksasa sebagai yang paling mirip dengan beaver eater.

  • Appalachian ground sloth (2002-2011)

  • Sloth tanah Appalachian adalah cryptid yang dilaporkan dari Georgia dan Kentucky di Amerika Serikat.

    Blogger arclein menghubungkan makhluk ini dengan penampakan di tahun 2002 yang diyakini oleh saksi mata sebagai skunk ape.

    Saat mengendara melalui area rawa, seekor binatang berlari menyeberang jalan yang dikatakan mirip sloth raksasa, hanya saja ini berlari dengan cepat. Binatan itu lari kencang dengan keempat kakinya seperti anjing, namun ketika melompat, lengannya terangkat, dan dia melihat bahwa itu bukan beruang.


    Pada tahun 2011, seorang pria bernama Henry mengklaim :

    "Melihat seekor binatang besar bergerak melalui pohon cemara di daerah rawa yang berdampingan dengan salah satu lapangan tempat saya bekerja. Saya tinggal di Ware County, Georgia. Saya bekerja di lapangan pada waktu itu dan melihat pergerakan. Itu sudah sore dan masih terang. Binatang itu besar, berbulu, dan berjalan dengan merangkak tetapi saya melihat bagian belakangnya sekali saja. Itu mengingatkan saya pada beruang hitam tetapi itu lebih besar dan warnanya lebih terang. Saya berada sekitar 200 yards dari (binatang) itu tetapi saya memiliki pandangan yang bagus. Saya mengetahui pasti bahwa ini bukan beruang. Saya telah melihat beruang hitam di Okefenokee dan ini sama sekali bukan salah satu dari mereka. Saya kemudian melihat gambar seekor binatang, seekor mapinguari, yang seharusnya menjadi legenda. Saya bersumpah itu adalah yang saya lihat. Pernahkah anda mendengar tentang binatang ini ? Saya belum melihatnya sejak saat itu tetapi ada banyak pohon cemara yang baru-baru ini robek dan saya bertanya-tanya, jika ini disebabkan oleh (binatang) itu. Beberapa orang mengatakan selama bertahun-tahun bahwa ada binatang rawa di Ware County tetapi saya tidak memedulikannya sampai sekarang."

  • Virginia Slothfoot (2013)

  • Pada 18 Juli 2018, pemburu Roger Williams menangkap Virginia Slothfoot dalam trail camera, dan telah disarankan sebagai Sasquatch karena tampak memiliki jari.


    Williams sendiri percaya itu adalah beruang muda dengan penyakit kulit. Dia mencatat bahwa dia telah berburu di daerah itu selama beberapa waktu dan tidak pernah menemukan jejak dari binatang yang tidak dikenal.

    Jay Clooney dan tim Finding Bigfoot, setuju, dan mencatat kurangnya ciri seperti kera pada binatang itu.

    The Journal of the Bizarre blog menyarankan binatang itu sebagai sloth tanah.

    Mereka juga percaya bahwa banyak penampakan kera kayu (wood ape) dapat dijelaskan oleh penampakan sloth tanah relik (peninggalan zaman purba yang masih bertahan hidup).

    (Sumber : Slothfoot, Beast of Boonville)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar