Sabtu, 06 April 2019

Kasus Fordyce, Dugaan Penampakan Monster Loch Ness di darat


Kisah aneh mengenai perjumpaan dengan monster Loch Ness di darat ini dialami oleh Letnan McP Fordyce dan terjadi setahun sebelum Nessie pertama kali muncul di surat kabar.

McP Fordyce menceritakan kisah itu kepada The Scots Magazine pada Juni tahun 1990, sebagai berikut :

"Pada bulan April tahun 1932 saat tinggal di Kent, tunangan saya dan saya pergi ke Aberdeen untuk menghadiri pernikahan keluarga. Pada akhir pesta, daripada kembali ke selatan saat itu juga, saya memutuskan untuk menunjukkan kepadanya sedikit tentang tanah kelahiran saya. Kami menyeberang ke Inverness di mana persiapan tampaknya berjalan lancar untuk Highland Gathering."

"Setelah makan malam, kami berjalan-jalan di kota, dan melihat pria di ambang pintu toko dan di sudut-sudut berlatih bagpipe (alat musik) mereka. Udara penuh dengan musik indah (versi deskripsi saya), bersuara aneh, liar (deskripsi tunangan saya meskipun dia tidak pernah mengungkapkannya saat itu)!."

"Pagi berikutnya kami berangkat dalam perjalanan kembali ke Inggris. Cuacanya baik, hari musim semi yang indah, dan kami memiliki perjalanan indah di sisi Loch Ness sejauh Foyers di mana kami menghabiskan sedikit waktu mengagumi air terjun yang terkenal."

"Tak lama setelah meninggalkan Foyers, jalan ke Fort William memutar dari sisi Loch dan melewati negara berhutan lebat dengan tanah yang sedikit jatuh ke arah Loch."

"Bepergian sekitar 25 mph di bagian hutan ini, kami terkejut melihat seekor binatang besar keluar dari hutan di sebelah kiri kami dan berjalan di jalan sekitar 150 yard (137 meter) di depan kami menuju Loch. (Binatang) itu memiliki gaya berjalan seekor gajah, tetapi tampak seperti persilangan antara kuda yang sangat besar dan unta, dengan punuk di punggungnya dan kepala kecil di lehernya yang panjang. Saya menghentikan mobil dan mengikuti makhluk itu dengan berjalan kaki dalam jarak pendek."

"Dari belakang tampak abu-abu dan berbulu. Lehernya panjang dan kurus membuatnya terlihat seperti gajah dengan belalai yang terangkat. Sayangnya, saya meninggalkan kamera saya di mobil, tetapi bagaimanapun saya dengan cepat memikirkan kebijaksaan terbaik dari keberanian dan kembail ke kendaraan."

"Binatang aneh ini memenuhi pikiran dan percakapan kami selama bermil-mil, dan kami sampai pada kesimpulan bahwa itu adalah makhluk aneh yang melarikan diri dari menageries atau kebun binatang. Kami merasa bahwa binatang dengan ukuran yang besar sekali ini akan segera dilacak dan ditangkap."

"Terlepas dari pemindaian surat kabar nasional selama beberapa waktu untuk mencari penyebutan nama makhluk itu, kami membiarkan masalah itu."

"Saya memberi tahu anggota keluarga saya apa yang telah kami lihat dan mereka mendesak untuk menerbitkan cerita itu, tetapi saya belum melakukannya sampai sekarang."

"Pada saat penampakan, kami tidak menyadari ada sesuatu yang aneh di Loch Ness, namun pada musim gugur di tahun itu, cerita-cerita mulai bermunculan tentang binatang luar biasa yang terlihat di dalam dan di sekitar Loch."

"Itu adalah musim semi tahun 1933 bahwa istilah 'Monster Loch Ness' mulai digunakan secara umum."


Lt. Fordyce kemudian menjelaskan bagaimana dia akhirnya mengirim kisah itu ke editor majalah dan menggambarkan teorinya sendiri tentang binatang itu.

Lt. Fordyce menggambarkannya sebagai makhluk berwarna abu-abu, dan sebuah pertanyaan muncul, apa mungkin itu adalah unta yang melarikan diri dari salah satu sirkus yang merupakan pengunjung ke Inverness di masa lalu ?.


Namun, pembacaan surat kabar Highland pada waktu itu di situs web Ambaile Highland Heritage tidak memuat cerita tentang unta yang melarikan diri, meskipun tidak dapat dibayangkan bahwa ada beberapa pemilik binatang peliharaan eksotis yang sering mengunjungi daerah tersebut (terkenal bahwa seseorang menyimpan buaya di dekat Loch Ness pada tahun 1930n).

Lt. Fordyce pun sepertinya mengetahui bentuk unta, atau pun rusa yang umum berkeliaran di seberang jalan.

Lt. Fordyce menawarkan pendapat bahwa Nessie adalah amfibi dan bahwa pemburu monster harus mengalihkan perhatian mereka ke pegunungan Monadhliath untuk mengejar makhluk legendaris tersebut.

(Sumber : LOCH NESS MONSTER_ Nessie on Land_ The Fordyce Case)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar