Sabtu, 02 Maret 2019

Pemancing Australia menangkap ikan menyerupai alien di sungai terpencil Australia


Pemancing bernama Andrew Rose menangkap ikan misterius di dekat Taman Nasional Kakadu di Wilayah Utara pada pekan lalu.

Gambar yang tersebar di internet memperlihatkan ikan berpenampilan aneh sekaligus menakukutkan sepanjang 15 cm, berwarna coklat, pink-ungu, tampak tidak memiliki mata, dan bergigi tajam. Ikan itu mengingatkan Hokin, rekan Andrew, pada alien berwarna coklat ungu.

"(Ikan) itu memiliki kepala yang sangat aneh, tetapi tubuhnya seperti belut dan bahkan tidak menggeliat atau bergerak. (Ikan) itu seperti setengah sadar, seperti dalam mode diam...'Apa itu'."

"Itu terlihat prasejarah. Itu terlihat seperti sesuatu yang anda lihat di film. Umpan tidak berenang dengan benar, saya menariknya dan ada ikan aneh ini di ujung pancing. Kami tidak tahu apa itu. Kami memotretnya, melepas kait dan mengembalikannya kembali ke dalam air."


Ada yang membandingkannya dengan alien mengerikan dari film Alien 1979, Xenomorph.

Ahli ikan dari Museum and Art Gallery of the Northern Territory, Michael Hammer, mengatakan itu adalah worm goby, dari genus Taenioides. Ikan yang merupakan asli Wilayah Utara ini jarang dilihat orang dan tidak berbahaya.

Ahli identfikasi ikan, Morgan Grant, mengidentifikasi ikan itu sebagai ikan yang termasuk dalam kelompok yang disebut Eelgobies atau Wormgobies.

"Ikan-ikan ini ditemukan di muara segar dan payau, dan di perairan laut pesisir di Pasifik barat dan Samudra Hindia, dan terdapat sejumlah spesies yang berada di Australia."

"Mereka memiliki mata yang kurang berkembang, sering tertutupi oleh kulit, karena mereka hidup di air keruh dan mengandalkan sentuhan daripada penglihatan untuk menangkap mangsa mereka. Itulah mengapa mereka juga memiliki gigi yang ganas, karena ketika mereka menemukan makanan, mereka tidak ingin membiarkannya pergi."

( Sumber : Australian fisherman is left baffled after catching a mysterious sea creature with terrifying teeth, ‘It looked prehistoric’: angler describes fish that resembled creature from Alien)

1 komentar: