Rabu, 27 Maret 2019

Lubang pusaran aneh terlihat di Uni Emirat Arab


Sebuah fenomena yang menunjukkan lubang pusaran aneh di langit terlihat di dekat perbatasan Oman, Uni Emirat Arab.

Clip singkat yang dibagikan di Twitter oleh Ibrahim Al Jarwan ini sempat membuat bingung penduduk Uni Emirat Arab.

"Fenomena aneh dan indah ini terlihat pagi ini di Al Ain City [dan] disebut holepunch cloud' atau 'fallstreak phenomenon hole'."


Pengguna Twitter dengan bercanda mengatakan itu disebabkan oleh UFO, sementara yang lain mengatakan itu terlihat seolah-olah "Tuhan melempar batu ke danau".

Menurut Met Office, fenomena itu terjadi ketika bagian dari lapisan awan membentuk kristal es yang cukup besar untuk jatuh sebagai "fallstreak".

"Mereka terbentuk di awan tetesan air yang sangat dingin, air berada di bawah 0°C tetapi belum membeku. Tetesan air ini membutuhkan partikel kecil, sebuah inti, untuk membeku atau didinginkan di bawah -40°C.".


"Pesawat yang menembus lapisan awan ini dapat menyebabkan udara mengembang dan mendingin saat melewati sayap pesawat atau baling-baling. Perubahan suhu ini cukup untuk menorong tetesan untuk membeku dan jatuh dari lapisan awan dalam pola yang berbeda. Sebuah lubang kemudian tertinggal, yang akan mulai meluas keluar saat tetesan yang berdekatan mulai membeku."


Menurut United States (US) National Weather Service (NWS), "fallstreak hole" adalah kombinasi formasi awan yang menakjubkan dan langka.

Karena penampilannya yang aneh, "fallstreak hole" sering dikaitkan dengan UFO karena lubang tersebut membentuk celah bundar berukuran besar di awan cirrocumulus atau awan altocumulus.

(Sumber : Mysterious whirlpool hole in the sky stuns UAE residents, 'It's as if God threw a stone into a lake'_ Mystifying circular ‘hole in the sky’ stuns UAE)

3 komentar:

  1. Pasti selalu ada yg mengaitkan dgn UFO, terlalu konyol jikalau mereka datang ke bumi hanya untuk membuat fenomena awan seperti itu, sudah jelas itu fenomena alami dari bumi

    BalasHapus