Sabtu, 26 Januari 2019

Klaim-klaim tentang perjalanan waktu


Ada berbagai macam laporan tentang orang-orang yang diduga telah melakukan perjalanan waktu dan dugaan mesin waktu yang dilaporkan oleh pers, dan media online yang tersebar di internet.

Klaim penjelajah waktu :

*) Chaplin's Time Traveller

Pada Oktober tahun 2010, pembuat film Irlandia, George Clarke mengupload video berjudul "Chaplin's Time Traveller" ke YouTube, sebuah bonus klip pendek dari DVD
film Charlie Chaplin, The Circus.

Pada satu titik, klip pendek ini memperlihatkan seorang wanita yang berjalan dengan memegang sebuah benda di telinganya. Clark mengatakan bahwa, pada pemeriksaan yang lebih dekat, wanita itu sedang berbicara ke perangkat hitam tipis yang tampaknya merupakan sebuah "cell phone".


Clark menyimpulkan bahwa wanita itu mungkin seorang penjelajah waktu. Klip nya sendiri menjadi terkenal dan merupakan subjek dari berita yang disiarkan di televisi.


Nicholas Jackson (associate editor untuk The Atlantic) mengatakan, jawaban yang paling mungkin adalah wanita itu sedang menggunakan alat bantu dengar portable, sebuah teknologi yang baru saja dikembangkan pada saat itu.

Philip Skroska, arsiparis di Bernard Becker Medical Library of Washington University di St. Lous, mengira bahwa wanita itu mungkin memegang trompet telinga persegi panjang.


Penulis New York Daily News, Michael Sheridan, mengatakan alat itu mungkin adalah alat bantu dengar awal, mungkin yang diproduksi oleh Acousticon.


*) Hipster di tahun 1941

Sebuah foto dari tahun 1941 tentang pembukaan kembali South Fork Bridge di Gold Bridge, British Columbia, diduga memperlihatkan seorang penjelajah waktu.

Seseorang itu telah diklaim bahwa pakaian dan kacamata hitamnya bukan gaya yang biasa dipakai pada tahun 1940an.

Di tengah kerumunan orang yang memakai topi dan jas, terlihat seorang pria muda dengan penampilan yang sangat berbeda dengan orang-orang di sekitarnya. Dia tampak memakai kacamata hitam, T-Shirt dan seperti memegang kamera portabel.


Penelitian lebih lanjut menyarankan bahwa gaya kacamata hitam pertama kali muncul pada tahun 1920an. Sementara untuk T-shirt, itu adalah sweater huruf dan kameranya sendiri adalah model kodak Folding Pocket.

Secara sekilas, pria itu mengenakan T-shirt yang dicetak, tetapi pada pemeriksaan lebih dekat, itu tampak seperti sweater dengan lambang yang dijahit, jenis pakaian yang sering dipakai oleh tim olahraga pada periode tersebut, dan sangat mirip dengan yang digunakan oleh Montreal Maroons, tim hoki es dari era itu.


Pusat perdebatan mengenai foto ini adalah apakah ini benar-benar memperlihatkan seorang penjelajah waktu, hasil Photoshop, atau hanya kesalahpahaman anakronisme (dalam hal ini, pakaian yang tidak sesuai dengan zamannya).

"Time Traveling Hipster" menjadi studi kasus dalam fenomena internet yang viral di museum yang dipresentasikan di konferensi Museum and Web 2011 di Philadelphia, Pennsylvania.

*) Rudolph Fentz

Kisah Rudolph Fentz adalah urban legend dari awal tahun 1950-an dan telah diceritakan ulang dan diperkenalkan sebagai bukti adanya perjalanan waktu.

Inti dari legenda ini adalah bahwa pada tahun 1951, seorang pria yang mengenakan pakaian dari abad ke-19, muncul di Times Square dengan tampak terkejut, dan semenit kemudian ditabrak oleh sebuah mobil di New York City.


Penyelidikan berikutnya mengungkapkan bahwa polisi menemukan uang dari abad ke-19, sebuah surat bertanggal tahun 1876, kartu nama Rudolph Fentz, dan tak satupun dari barang-barang ini menunjukkan tanda penuaan. 


Sebuah penyelidikan kemudian melacak Mrs. Rudolph Fentz, seorang janda dari Rudolph Fentz, Jr, dan cerita itu berlanjut bahwa ayah Rudolph Fentz, Jr menghilang secara misterius di tahun 1876. Barang-barang miliknya menunjukkan bahwa pria itu telah melakukan perjalanan waktu dari tahun 1876 ke tahun 1950 secara langsung.

Folklorist Chris Aubeck menyelidiki kasus ini dan menemukan bahwa kisah Rudolph Fentz berasal dari buku fiksi ilmiah tahun 1950-an, A Voice from the Gallery oleh Ralph M. Holland, yang telah menyalinnya dari cerita pendek oleh Jack Finney "I'm Scared" (1911–1995). Finney melanjutkan dengan menulis Invasion of the Body Snatchers and Time and Again.

*) Mike Tyson

Pada klip dari pertarungan tahun 1995 antara Mike Tyson dan Peter McNeely, terlihat seseorang di kerumunan penonton yang mengambil gambar menggunakan teknologi yang belum ada atau belum digunakan di zamannya, yaitu sebuah perangkat smartphone.


Meski sulit untuk menentukan fitur spesifik dari perangkat tersebut, terdapat sejumlah kamera yang mirip dengan apa yang terlihat di klip Mike Tyson, yang juga tersedia pada tahun 1995, terutama Casio QV-10A, Casio QV-100 dan Logitech Fotoman seperti di bawah ini.


Klip tersebut sangat mungkin menangkap gambar seseorang yang menggunakan kamera saku yang mirip dengan beberapa kamera di atas daripada seorang penjelajah waktu dari masa depan yang kembali ke tahun 1995 untuk mengambil gambar pertandingan Mike Tyson menggunakan kamera telepon era tahun 2000an.

*) John Titor

Antara tahun 2000 dan 2001, pengguna forum diskusi online mengidentifikasikan diri sebagai John Titor, yang menjadi populer ketika dia mengklaim sebagai seorang penjelajah waktu dari tahun 2036 dalam misi militer.

Foto yang diduga memperlihatkan John Titor

Dia menyatakan bahwa banyak peristiwa yang terjadi pada waktunya, akan benar-benar terjadi di timeline ini, termasuk perang sipil yang menghancurkan Amerika Serikat pada tahun 2008, diikuti oleh Perang Dunia ke-3 nuklir pendek pada tahun 2015.

Mesin waktu C204 John Titor

Pada tahun-tahun setelah postingan terakhir, setelah mengumumkan bahwa dia kembali ke masanya 
pada Maret 2001 dan tidak akan terlihat lagi, ketidakpastian dari prediksi spesifiknya membuat popularitas John Titor menurun karena sebagian besar ramalannya tidak menjadi kenyataan.

Sebuah kritik telah menunjukkan kesalahan atau ketidaksempurnaan di kisah Titor dan penyelidikan menyarankan karakter John Titor mungkin tipuan dan sebuah ciptaan dari dua saudara di Florida.

Hingga saat ini, kisah John Titor telah diceritakan kembali di banyak situs web, dalam buku, novel/visual/anime Steins;Gate, dalam sebuah drama, dan mungkin sesekali dibahas di acara radio Coast to Coast AM..

*) Andrew Carlssin

Andrew Carlssin dilaporkan ditangkap pada Maret 2003 dengan alasan pelanggaran SEC (Securities and Exchange Commission) karena membuat 126 perdagangan saham beresiko tinggi dan menjadi sukses.

Carlssin memulai dengan investasi awal sebesar $800 dan berakhir dengan lebih dari $350,000,000, sehingga menarik perhatian SEC.

Laporan setelah itu menduga bahwa setelah ditangkap, Carlssin mengajukan pengakuan selama empat jam, di mana dia mengklaim sebagai seorang penjelajah waktu yang berasal dari tahun 2256.


Dia menawarkan diri untuk memberitahu para peneliti tentang hal-hal seperti keberadaan Osama bin Laden dan obat penyembuh untuk AIDS, dengan imbalan hukuman yang lebih rendah dan dapat diizinkan untuk kembali ke kapal waktunya, meskipun ia menolak memberi tahu para penyelidik lokasi atau cara kerja kapalnya.

Kisah Carlssin ternyata berasal dari bagian fiktif di Weekly World News, surat kabar satir, dan kemudian diceritakan ulang oleh Yahoo! News, di mana sifat fiktifnya menjadi kurang jelas.


Bagian fiktif ini segera dilaporkan oleh surat kabar dan majalah lainnya sebagai sebuah fakta.


Bagian cerita ini kemudian menyebar dari mulut ke mulut melalui kotak masuk email dan forum internet, yang mengarah ke deskripsi peristiwa yang jauh lebih detail dari cerita fiktif sebelumnya.

*) Håkan Nordkvist

Video yang diunggah pada tahun 2006 menunjukkan seorang pria Swedia bernama Håkan Nordkvist yang mengklaim bahwa dia secara tidak sengaja terbawa ke tahun 2046, ketika dia mencoba memperbaiki wastafel miliknya.

Di masa depan, dia segera bertemu dengan seseorang yang mengungkapkan dan membuktikan sebagai dirinya sendiri yang berusia sekitar 70 tahun.


Dia merekam cuplikan pendek dari keduanya yang tersenyum, memeluk satu sama lain, dan memperlihatkan tato yang mereka punya di lengan kanan mereka.


Namun, Kisah Håkan Nordkvist bukanlah sebuah kisah nyata, melainkan sebagai bagian dari kampanye pemasaran untuk mempromosikan manfaat dari program pensiun oleh perusahaan asuransi AMF.

Dugaan teknologi mesin waktu :

*) The Chronovisor

Chronovisor adalah nama yang diberikan kepada mesin yang dikatakan mampu melihat peristiwa masal lalu dan masa depan.

Keberadaannya diduga dibuktikan oleh Father François Brune, penulis beberapa buku tentang fenomena paranormal dan agama.

Dalam bukunya, The Vatican’s New Mystery (2002), dia mengklaim bahwa alat itu telah dibangun oleh pendeta dan ilmuwan Italia, Father Pellegrino Maria Ernetti.


Sementara Father Pellegrino Maria Ernetti adalah orang yang nyata, keberadaan serta fungsi dari chronovisor tidak pernah dikonfirmasi dan mesin ini dilaporkan disembunyikan di lemari besi Vatikan.

*) Iranian time machine

Pada April 2013, kabar berita Iran Fars memuat kisah yang mengklaim tentang seorang ilmuwan Iran berusia 27 tahun yang telah menemukan mesin waktu yang memungkinkan seseorang untuk melihat ke masa depan.

Beberapa hari kemudian, kisah itu dihapus, dan diganti dengan cerita yang mengutip seorang pejabat pemerintah Iran bahwa tidak ada alat semacam itu yang pernah dicatat.

*) Philadelphia Experiment dan Montauk Project

Philadelphia Experiment adalah nama yang diberikan untuk eksperimen militer Angkatan Laut yang diduga dilakukan di Philadelphia Naval Shipyard, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, sekitar tanggal 28 Oktober 1943.

Dikatakan bahwa kapal perusak USS Eldridge Angkatan Laut Amerika Serikat menjadi tidak terlihat (atau "menjadi tersembunyi") terhadap perangkat musuh. Eksperimen yang juga disebut sebagai Project Rainbow ini dilaporkan memiliki efek samping yang sangat mengerikan, seperti menyebabkan pelaut tetap menjadi tidak terlihat.


Beberapa laporan menuduh bahwa kapal perang itu berjalan mundur sekitar 10 detik; namun, budaya populer telah menggambarkan lompatan waktu yang lebih besar.

Kisah itu secara luas telah dianggap sebagai hoax. Angkatan Laut AS menyatakan bahwa tidak ada eksperimen semacam itu yang terjadi, dan detail ceritanya bertentangan dengan fakta-fakta tentang Eldridge serta hukum fisika yang telah diketahui.

Sedangkan Montauk Project, diduga menjadi serangkaian proyek rahasia pemerintah Amerika Serikat yang dilakukan di Camp Hero atau Montauk Air Force Station di Montauk, Long Island, untuk tujuan penelitian eksotis, termasuk perjalanan waktu.


Jacques Vallée menggambarkan dugaan Montauk Project sebagai hasil perkembangan dari cerita tentang Philadelphia Experiment.

Laporan-laporan klaim tentang seseorang yang telah melakukan perjalanan waktu secara umum ternyata berubah menjadi sebuah hoax atau didasarkan pada asumsi yang salah, informasi yang tidak lengkap, atau interpretasi fiksi sebagai fakta, dan banyak yang sekarang diakui sebagai urban legend.

(Sumber : Time travel claims and urban legends, snopes)

5 komentar: