Minggu, 30 Desember 2018

Misteri The Cooper Family Falling Body telah terpecahkan ?


Cerita bermula bahwa pada suatu waktu di tahun 1950an, keluarga Cooper dari Texas membeli sebuah rumah tua dan kemudian tinggal di dalamnya.

Pada malam pertama, sang ayah mengambil foto ibu dan nenek sedang berpose bersama dua anaknya di meja ruang makan.

Semuanya tampak senang dan tersenyum, menjalani mimpi hidup di Amerika.

Namun, ketika foto itu dikembangkan, mereka melihat sesuatu yang mengerikan. Foto itu memperlihatkan apa yang tampak seperti tubuh yang jatuh atau menggantung dari langit-langit di samping mereka.


Sosok itu tidak ada ketika sang ayah mengambil foto, membuat mereka bertanya-tanya :

"Dari mana tubuh itu berasal ?"

"Apakah itu adalah penampakan dari mantan penghuni rumah yang sudah meninggal ?"


Fotonya sendiri disebutkan sebagai "sepuluh foto hantu yang tidak dapat dijelaskan".

Namun, kisah di atas sebenarnya tidak benar, melainkan murni cerita fiksi, yang menjadi menyeramkan setelah telah beredar luas secara online bersama dengan fotonya.

Referensi awal cerita itu tidak dapat ditemukan, tetapi tampaknya telah ditemukan pada tahun 2013.

Sumber aslinya tidak diketahui, tetapi dari berbagai detail foto, menunjukkan bahwa itu adalah foto yang berasal dari zaman modern (bukan 1950an), yang telah diubah secara digital.

Terdapat juga "vignetting" (pengurangan brightness atau saturasi di bagian pojok dibandingkan dengan bagian tengah frame) di sudut-sudut foto.

Wikipedia mencatat bahwa vignetting dapat menjadi hasil dari "pengaturan kamera atau keterbatasan lensa", tetapi dalam kasus ini, vignetting terlihat terlalu simetris, sehingga itu mungkin hasil dari efek yang dibuat oleh Photoshop atau software manipulasi gambar lainnya.

Bayangan tubuh itu juga jatuh dengan cara yang salah dalam hubungannya dengan sumber cahaya utama dalam foto tersebut.

Bagian yang menggantung tidak memiliki sumber cahaya untuk bayangannya, bayangan lilin juga berada di arah yang berlawanan.

Ini menunjukkan bahwa tubuh itu telah dimasukkan dan ditempelkan secara digital ke dalam foto, atau bahwa itu sebagai akibat dari double exposure.

Tubuh itu juga mungkin bukanlah sosok hantu, melainkan seorang penari balet yang sedang melakukan pose balet namun dalam posisi terbalik.


Versi paling awal yang diketahui mengatakan bahwa foto menyeramkan itu dibuat sekitar tahun 2009 oleh Thomas Ligotti sebagai bagian dari karya seni bertema horor, tetapi segera menjadi keliru dan disalah artikan sebagai foto antik yang asli, bersama dengan cerita palsu yang melibatkan "Keluarga Cooper dari Texas", untuk memberikan detail suasana yang menyeramkan.

Asal mula foto "Keluarga Cooper" terungkap ketika salah satu anak laki-laki di foto itu (Robert Copper) berkomentar. Robert Copper mengatakan :

"Ketika kakak laki-laki saya mengirim tautan ini, saya kebingungan. Kami adalah dua anak laki-laki dalam foto itu. Kembali ke tahun 1959. Saya memiliki banyak gambar seperti ini, tetapi tidak dengan yang satu ini. Ibu saya memiliki kebiasaan membuang gambar yang tidak dia sukai. Sampai akhirnya yang dia simpan diberikan (diteruskan) kepada saya. Yang mengganggu saya adalah seseorang berhasil memegang foto keluarga saya. Kisahnya hampir sepenuhnya fiksi. Nama belakang kami adalah Copper, bukan Cooper. Apakah ada yang tahu siapa yang melakukan ini ?"

Robert dengan ramah memeriksa foto lama yang menunjukkan bahwa itu memang foto dia dan saudaranya.

Bukti terkuat mengenai hal ini adalah bahwa foto ulang tahun yang diambil di sekitar tahun yang sama, terlihat berwarna dan berkualitas jauh lebih tinggi dari foto "Cooper Family Falling Body".


Foto "The Cooper Family Falling Body" memiliki resolusi yang sangat rendah, monokrom, berkontras tinggi, dan gambarnya kasar, seolah-olah gambar itu telah diproses, mungkin dengan bantuan photoshop, agar terlihat seperti foto tua yang menyeramkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa foto ini adalah palsu.

(Sumber : The Cooper Family Falling Body Photo, Debunked: Cooper/Copper family ghost photo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar