Jumat, 28 Desember 2018

Legenda Owlman


Dalam cerita rakyat Inggris, Owlman (terkadang disebut Cornish Owlman atau Owlman of Mawnan) adalah makhluk seperti burung hantu yang dikatakan terlihat sekitar pertengahan tahun 1976 di desa Mawnan, Cornwall, Inggris.

Cerita bermula ketika Tony "Doc" Shiels diklaim telah menyelidiki laporan dari dua gadis muda saat berlibur di Mawnan yang menyaksikan makhluk bersayap berukuran besar melayang di atas menara gereja pada 17 April 1976.

Menurut sebagian besar versi cerita, kedua gadis itu diidentifikasi sebagai June dan Vicky Melling.

Mereka sangat ketakutan oleh penampakan "manusia-burung berbulu" besar, bahwa ayah mereka segera memutus liburan keluarga mereka setelah mendengar cerita keduanya.

Menurut Sheils, salah satu gadis memberinya sketsa makhluk itu, yang kemudian ia beri nama "Owlman".


Owlman terkadang dibandingkan dengan Mothman karena kemiripan di antara keduanya.

Owlman of Mawnan versi penduduk asli Amerika

Cerita itu kemudian dikaitkan dalam pamflet berjudl Morgawr: The Monster of Falmouth Bay oleh Anthony Mawnan-Peller yang beredar di seluruh Cornwall pada tahun 1976.


Menurut Shiels, "Owlman" kembali dilaporkan pada 3 Juli oleh dua gadis berusia 14 tahun yang diidentifikasi sebagai Sally Chapman dan Barbara Perry yang mengetahui kisah tentang "Owlman".


Menurut cerita, pada 3 Juli, Sally Chapman (berusia 14 tahun) sedang berkemah bersama temannya, Barbara Perry, di hutan dekat gereja.


Saat dia berdiri di luar tendanya, dia mendengar suara mendesis dan berbalik saat dia melihat sosok seperti burung hantu sebesar seorang pria dengan telinga runcing dan bermata merah. Dia melaporkan bahwa makhluk itu terbang ke udara, sehingga memperlihatkan cakar hitamnya.


Penampakan makhluk ini terus dilaporkan pada hari berikutnya (ketika itu digambarkan sebagai "silvery gray") dan pada dua kesempatan di dua tahun kemudian, pada Juni dan Agustus tahun 1978, semua terjadi di sekitar gereja.

Pada tahun 1995, turis wanita dari Chicago menulis ke Western Morning News di Truro, Inggris, mengklaim telah melihat "manusia-burung... dengan wajah mengerikan, bermulut lebar, matanya bercahaya dan bertelinga runcing" serta "sayap bercakar".


Klaim sporadis tentang penampakan "Owlman" di sekitar gereja beredar pada tahun 1978, 1979, 1989, dan 1995, dan menurut legenda, "suara burung hantu yang sangat keras" dapat terdengar pada malam hari di halaman gereja Mullion selama tahun 2000.

Sejarawan Gareth Medway menyarankan bahwa semuanya mungkin adalah hoax yang dilakukan oleh Shiels, karena dia memiliki reputasi hoaxing.

Karena kedua penampakan tahun 1970an melibatkan "Doc" Shiels, peneliti Jonathan Downes mengakui bahwa Shiels dapat menciptakan Owlman.

Namun, Downes mengklaim telah mewawancarai seorang pemuda yang ia sebut "Gavin", yang bertemu dengan Owlman pada tahun 1989 (penampakan ini tidak melibatkan Shiels).

Gavin dan pacarnya mengklaim telah melihat makhluk :

"Sekitar setinggi lima kaki (1,5 meter)... Kakinya memiliki pergelangan kaki yang tinggi dan kakinya besar dan hitam dengan dua 'jari kaki' besar di sisi yang dapat terlihat. Makhluk itu berwarna abu-abu dengan coklat dan matanya jelas bersinar."

Penjelasan Owlman

Menurut Joe Nickell, menara gereja adalah tempat bertelur yang umum untuk barn owl, yang kemungkinan merupakan sumber penampakan Owlman.

Gereja Mawnan, tempat sebagian besar terjadinya penampakan Owlman

Menurut penulis dan presenter Fortean TV, pendeta Lionel Fanthorpe juga mengidentifikasi penampakan dari Eurasian eagle-owl (burung hantu elang eurasia) sebagai sumber dari legenda Owlman.


Eurasian eagle-owl adalah spesies burung hantu terbesar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 75 cm dengan lebar sayap 188 cm. Selain terbesar, burung ini juga merupakan salah satu yang paling banyak tersebar.


Sebagian besar habitatnya adalah daerah pegunungan, hutan konifera, stepa, dan tempat-tempat yang relatif terpencil lainnya.

Beberapa peneliti telah mengusulkan bahwa Owlman adalah hoax yang diciptakan sebagai tiruan dari makhluk legendaris Mothman yang konon tinggal di Virginia, Amerika Serikat.

(Sumber : Owlman, Owlman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar