Rabu, 19 Desember 2018

Legenda Morgawr


Dalam ceirta rakyat Cornish, Morgawr (berarti raksasa laut) adalah ular laut yang konon menghuni laut dekat Falmouth Bay, Cornwall, Inggris.

Menurut legenda, makhluk ini pertama kali muncul di dekat Pendennis Point pada tahun 1975, dan digambarkan memiliki belalai dengan leher yang sangat panjang dan kulit berwarna hitam atau coklat "seperti singa laut".


Sejarah penampakan Morgawr

Pada tahun 1876, seekor ulat laut diduga ditangkap oleh nelayan di Gerran's Bay.

Pada tahun 1906, penampakan terjadi di Land's End.

Pada tahun 1975, dua saksi mata mengklaim telah melihat sosok berpunuk dengan tanduk pendek yang gemuk dan bulu di lehernya yang panjang, membawa conger eel di mulutnya.

Pada tahun 1976, Mary F mengirim dua foto Morgawr ke Falmouth Packet. Dia mengatakan :

"Itu terlihat seperti gajah yang melambaikan belalainya, tetapi belalai itu adalah leher panjang dengan kepala kecil di ujungnya, seperti kepala ular. Makhluk itu memiliki punuk di punggungnya yang bergerak dengan cara yang lucu... binatang itu menakuti saya. Saya tidak ingin melihatnya lebih dekat. Saya tidak suka cara makhluk itu bergerak ketika berenang."

Baik Mary F atau pun negatif fotonya tidak pernah dilacak. Penulis misteri terkemuka dan fotografer, Janet dan Colin Bord telah memeriksa cetakan salinan generasi pertama dan "merasa bahwa foto-foto ini bisa jadi asli."


Pada tahun 1976, Tony "Doc" Shiels mengklaim telah memotret makhluk itu berbaring rendah di air. Dia menyebutkan tentang tanduk pendek yang gemuk dan menggambarkan tubuh binatang itu sepanjang 15 kaki (4,5 meter).

Pada tahun 1985, laporan makhluk itu terjadi selama liburan. Perlu dicatat bahwa Mrs. Waldon melihat suaminya berenang di laut, ketika dia memperhatikan siluet besar dengan leher besar.

Pada tahun 1987, seorang penyelam melihat leher panjang yang naik satu meter dari laut.

Pada tahun 1999, terdapat rekaman binatang tak dikenal di laut. Penampakan terakhir Morgawr, bersama dengan kemungkinan kematiannya, karena makhluk ini belum terlihat dalam 15 tahun.

Beberapa versi cerita mengatakan monster itu muncul setelah kapal selam Jerman U28 menembakkan torpedo ke kapal dagang Inggris selama Perang Dunia I, dan digambarkan memiliki panjang 60 kaki (18 meter), berbentuk seperti buaya dengan empat kaki berselaput dan memiliki ekor yang kuat.

Folklorist berspekulasi bahwa penulis Cornish, Tony 'Doc' Shiels, "menciptakan" makhluk itu sebagai hoax, setelah mengklaim telah melihatnya pada tahun 1976.

Menurut cerita, Tony 'Doc' Shiels mengirim ke surat kabar Falmouth Packet tentang foto-foto dari monster yang dikaitkan dengan individu anonim bernama "Mary F".

Tahun yang sama di bulan Juli, nelayan John Cock dan George Vinnicombe mengklaim telah melihat makhluk itu di perairan Lizard Point.

Juga di tahun 1976, Shiels mengklaim telah memotret makhluk itu berbaring rendah di air dekat Mawnan. Menurut beberapa anekdot, penulis Inggris, Sheila Bird mengklaim telah melihat monster itu ketika sedang berjalan di tebing Gerrans Bay pada tahun 1985.

Berbagai teori telah diajukan untuk identitas ular laut ini, mulai dari hoax (tipuan) atau kasus kesalahan identifikasi, hingga dugaan sebagai spesies plesiosaurus yang masih hidup, atau bahwa makhluk itu merupakan spesies yang belum ditemukan dari long necked seal.


Dengan tidak adanya bangkai atau spesimen hidup yang ada, penjelasan mengenai identitas Morgawr hanya berdasarkan laporan saksi mata dan foto berkualitas rendah.


Legenda itu terus hidup sampai hari ini dengan klaim sporadis dari penampakan Morgawr di bentangan garis pantai antara Rosemullion Head dan Toll Point, yang dikenal sebagai "Morgawr's Mile".

(Sumber : Morgawr, Morgawr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar