Minggu, 23 Desember 2018

Legenda Fouke Monster


Dalam cerita rakyat Arkansas, Monster Fouke dikatakan telah terlihat di Fouke, Miller County, Arkansas, selama awal tahun 1970an.

Monster Fouke, dikenal juga sebagai Southern Sasquatch atau Swamp Stalker of Boggy Creek.

Penemuan awal makhluk itu dipusatkan di wilayah Jonesville/Boggy Creek, di mana ia disalahkan atas kehancuran dari ternak lokal. Makhluk ini dituduh menyerang keluarga setempat. Kemudian, penampakannya terjadi di beberapa ratus mil ke utara dan timur Fouke.

Makhluk itu diberi nama oleh jurnalis Jim Powell, yang melaporkannya untuk Texarkana Gazette dan Texarkana Daily News.

Berbagai laporan yang terjadi antara tahun 1971 dan 1974 menggambarkan monster itu sebagai makhluk seperti hominid besar yang ditutupi rambut hitam panjang, memiliki tinggi sekitar 2 meter dan berat antara 110-140 kg. Para saksi mata mengatakan dadanya memiliki lebar 1 meter.


Laporan berikutnya, yang ditebitkan selama awal tahun 1980an, mengklaim bahwa makhluk itu jauh lebih besar, dengan satu laporan menggambarkannya memiliki tinggi 3 meter, dengan berat diperkirakan 360 kg.

Beberapa laporan menggambarkan Fouke Monster dapat berjalan cepat dengan gaya berjalan berderap dan mengayunkan lengannya dengan gaya yang serupa dengan yang dilakukan monyet.

Laporan juga menggambarkanya memiliki bau yang buruk sekali, digambarkan sebagai kombinasi antara sigung dan anjing basah, dengan mata merah menyala seukuran dolar perak.


Berbagai jejak dan tanda cakar yang diklaim berasal dari makhluk itu telah ditemukan. Satu set jejak kaki dilaporkan berukuran panjang 43 cm dan lebar 18 cm, sementara yang lain muncul menunjukkan bahwa makhluk itu hanya memiliki tiga jari kaki.

Laporan sebelum 1971

Laporan penampakan pertama yang dilaporkan terjadi pada tahun 1953 dan 1955 ketika makhluk itu dilaporkan terlihat oleh seorang anak berusia 14 tahun.

Anak itu menggambarkannya memiliki rambut coklat kemerahan, mengendus udara dan tidak bereaksi ketika ditembak dengan birdshot.

Penyelidik, Joe Nickell melihat bahwa deskripsinya konsisten dengan beruang hitam yang salah diidentifikasi.

Meskipun sebagian besar kasusnya berasal dari awal 1970an, penduduk Fouke mengklaim bahwa makhluk seperti kera telah berkeliaran wilayah itu sejak tahun 1964, tetapi penampakan-penampakan itu belum dilaporkan ke layanan berita.

Legenda setempat juga menyatakan bahwa makhluk itu dapat ditelusuri lebih jauh ke penampakan yang terjadi pada tahun 1946.

Penampakan paling awal berada di daerah Jonesville. Oleh karena itu, makhluk ini dikenal sebagai "Jonesville Monster".


Sebelum laporan abad ke-20, beberapa laporan di area umum telah dikaitkan dengan Monster Fouke. Dua laporan yang paling banyak diedarkan berfokus pada laporan 1851 di Memphis Enquirer, dan laporan 1856 Caddo Gazette.

Laporan setelah 1971

Meskipun klaim telah terjadi sebelumnya, Monster Fouke menjadi berita utama pada tahun 1971, ketika makhluk itu dilaporkan menyerang rumah Bobby dan Elizabeth Ford pada malam hari tanggal 2 Mei.


Menurut Elizabeth Ford, makhluk yang awalnya ia anggap sebagai beruang, mencapai layar jendela rumahnya ketika dia sedang tidur.

Makhluk itu dikejar oleh suaminya dan saudaranya, Don, yang menderita shock ringan ketika dia tiba.

Selama pertemuan itu, Ford melepas beberapa tembakan ke arah makhluk itu dan percaya bahwa mereka telah mengenainya, meskipun tidak ada jejak darah yang ditemukan.

Pencarian luas yang telah dilakukan gagal untuk menemukan makhluk itu, namun ditemukan jejak kaki tiga jari di dekat rumah, tanda goresan di beranda, dan beberapa kerusakan di jendela dan papan rumah mereka.

Menurut Ford, mereka telah mendengar sesuatu yang bergerak di luar rumah pada larut malam, beberapa malam sebelum pertemuan itu terjadi.


Makhluk itu terlihat lagi pada 23 Mei 1971, ketika D. C. Woods, Jr., Wilma Woods, dan Mrs. R. H. Sedgass melaporkan telah melihat makhluk seperti kera yang melintasi Jalan Raya U.S 71.

Penampakan dalam jumlah banyak terjadi selama bulan-bulan berikutnya oleh penduduk lokal dan wisatawan, yang menemukan jejak kaki tambahan.

Jejak kaki paling terkanal ditemukan di ladang kedelai milik pemilik stasiun pengisian bahan bakar, Scott Keith.


Jejak itu diteliti oleh oleh Carl Galyon, yang tidak dapat mengonfirmasi keasliannya. Seperti cetakan jejak Ford, jejak itu menunjukkan bahwa makhluk itu hanya memiliki tiga jari kaki.

Makhluk itu mulai menarik minat banyak orang selama awal tahun 1970an.

Segera setelah berita penampakan Ford, stasiun radio KAAY memposting hadiah sebesar $1,090 untuk makhluk itu.

Beberapa upaya dilakukan untuk melacaknya dengan anjing, tetapi anjing-anjing itu tidak dapat mengikuti aromanya.

Ketika para pemburu mulai tertarik pada Monster Fouke, Sheriff Miller County, Leslie Greer, terpaksa menerapkan kebijakan "tidak menggunakan senjata" sementara untuk menjaga keamanan publik.

Pada tahun 1971, tiga orang didenda masing-masing $59 "karena mengajukan laporan monster yang palsu".

Setelah lonjakan gelombang perhatian besar, minat publik terhadap makhluk itu menurun sampai tahun 1973.


Minat terhadap Makhluk itu naik secara signifikan ketika Charles B. Pierce merilis dokumenter bergaya horor, The Legend of Boggy Creek (1972), yang pada akhirnya menginspirasi penampakan tambahan hingga akhir tahun 1990an.


Pada akhir tahun 1974, minat itu kembali berkurang dan penampakan berhenti, tetapi kemudian penampakannya dimulai kembali pada Maret 1978, ketika dua saudara lelaki melaporkan jejak yang ditemukan di Russellville, Arkansas.

Ada juga penampakan di Center Ridge, Arkansas. Lalu pada 26 Juni di tahun yang sama, penampakan dilaporkan terjadi di Crossett, Arkansas.

Selama periode ini, Monster Fouke disalahkan atas hilangnya hewan ternak dan serangan terhadap beberapa anjing.

Satu bulan setelah penampakan Ford, arkeolog Dr. Frank Schambach (Southern Arkansas University) menentukan bahwa "ada kemungkinan 99 persen jejak itu adalah tipuan".

Menurut Schambach, jejak-jejak itu bukan berasal dari spesies kera, seperti yang diklaim oleh para saksi. Jejak itu berasal dari makhluk yang memiliki tiga jari kaki, sementara semua primata termasuk hominid, memiliki lima jari kaki.

Selain jumlah jari kaki, Schambach mengutip beberapa keanehan lain sebagai bagian dari kesimpulannya :

"Wilayah itu tidak memiliki riwayat sejarah dari aktivitas primata, mengesampingkan kemungkinan bahwa makhluk itu adalah sisa-sisa spesies asli; semua primata benar-benar diurnal (aktif di siang hari), sementara Monster Fouke tampaknya sebagian aktif di malam hari."

Pada tahun 1986, Virgil Roberts (walikota Fouke) dan Leslie Greer (mantan Sheriff Miller County), berpendapat bahwa jejak Monster Fouke adalah buatan manusia.

Wakil Kepala, H. L. Phillips (rekan kerja Greer pada waktu itu), mengatakan bahwa dia tidak menerima panggilan mengenai monster itu selama bertahun-tahun.

Secara pribadi, dia tidak percaya monster itu ada "...Saya tidak mempercayainya. Tapi saya akan mengatakan anda jangan berdebat dengan orang-orang yang mengatakan bahwa mereka telah melihatnya. Banyak orang-orang yang terhomat dan bertanggung jawab".

Podcast Skeptoid menyimpulkan :

"Jadi secara total, setiap potongan kecil bukti bahwa Monster Fouke ada sama sekali anekdot. Tidak satu pun ada bagian yang dapat diuji. Monster Fouke sangat kurang cocok dengan model binatang hidup, tetapi sangat cocok dengan sebuah legenda lokal."

Monster Fouke mungkin Sasquatch yang sangat agresif, Skunk ape, atau humanoid berbulu lainnya yang membuat populasi tunggal.

Jika makhluk seperti kera raksasa yang belum ditemukan sebenarnya telah berkeliaran di Amerika Utara, kemungkinan besar mereka adalah keturunan dari Gigantopithecus.

Teorinya adalah bahwa Gigantopithecus bertahan lebih lama daripada yang ditunjukkan dalam catatan fosil, dan mereka lalu menyeberangi Jembatan Tanah Bering dengan manusia selama Zaman Es terakhir.

(Sumber : Fouke Monster, Boggy Creek Monster)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar