Selasa, 11 Desember 2018

Legenda Artrellia


Artrellia (Au Angi-Angi, Kaiaimunu, atau Rharhru) adalah kadal arboreal (hidup di pepohonan) seperti naga yang dilaporkan dari Papua New Guinea.

Kadal besar dengan panjang 3,7 sampai 12 meter ini dikatakan sebagai pemakan manusia.


Pada tahun 1930an, anggota Ekspedisi Archbold American Museum of Natural History ke pedalaman Papua New Guinea diberitahu tentang naga pemakan manusia ini.

Pada tahun 1961, Robert Grant dan David George menjelajahi Strachan Island District, ketika mereka bertemu dengan kadal abu-abu sepanjang sekitar 8 meter dengan lehernya sendiri memiliki panjang 90 cm.

Binatang yang ditangkap di rawa dekat Teluk Papua pada tahun 1980 oleh Operation Drake Expedition terbukti menjadi spesimen dari crocodile monitor. Panjangnya dilaporkan bervariasi, dari 2 meter dan 2,2 meter.

Salah satu ahli zoologi, Ian Redmond, kemudian melihat binatang sepanjang 3,7 meter.

Kemungkinan penjelasan untuk makhluk ini adalah Crocodile monitor (Varanus salvadorii).


Crocodile monitor memiliki gigi melengkung, jari-jari memanjang, cakar tajam yang sangat melengkung dan bantalan karet di bawah kakinya. Binatang ini juga suka terlihat berada di pepohonan atau beristirahat pada sebuah batang pohon.

Panjang ekornya dua hingga tiga kali lebih panjang dari panjang tubuh dan kepalanya. Binatang ini biasanya tumbuh lebih dari 12 kaki (3,6 meter), menjadikannya sebagai kadal terpanjang di dunia.


Satu spesimen yang diukur secara tidak resmi berukuran 4,7 meter, dan ada rumor dari individu yang memiliki panjang 20 kaki (6 meter).

(Sumber : Artrellia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar