Minggu, 09 Desember 2018

Legenda Anaconda Raksasa


Laporan anaconda raksasa terjadi sejak kolonisasi Eropa di Amerika Selatan, ketika penampakannya mulai beredar di antara para koloni.

Ukuran anaconda terbesar telah menjadi bahan perdebatan antara cryptozoologist dan zoologist.

Penampakan pertama yang tercatat dari anaconda raksasa berasal dari kolonisasi Amerika Selatan, ketika penjelajah Eropa awal memasuki hutan lebat dan mengklaim telah melihat ular raksasa berukuran panjang hingga 18 meter.

Agta, suku di mana seperempat pria di sana
telah diserang oleh ular raksasa

Penduduk asli juga melaporkan anaconda berukuran 10 hingga 18 meter. Perlu diketahui bahwa jarang ada anaconda yang berukuran lebih dari 5 meter.

Sejak awal abad ke-20, The wilddlife Conservation Society menawarkan hadiah uang tunai dalam jumlah besar untuk pengiriman langsung ular apa saja yang memiliki panjang 9,1 meter atau lebih, tetapi hadiah itu belum pernah diklaim, meskipun dengan banyaknya penampakan anaconda raksasa yang terjadi.

Dalam sebuah survei terhadap 780 anaconda liar di Venezuela, yang terbesar berhasil ditangkap dan memiliki panjang 5,2 meter.

Ekspedisi petroleum di Kolombia pada tahun 1944, diklaim telah mengukur spesimen anaconda yang panjangnya 11,4 meter, tetapi klaim itu tidak pernah terbukti.

Ilmuwan Vincent Roth mengklaim telah menembak dan membunuh spesimen berukuran 10,3 meter, namun seperti klaim yang lainnya, klaim Roth tidak memiliki bukti yang kuat.

Klaim lain dari anaconda besar dibuat oleh petualang Inggris Percy Fawcett.

Kolonel Percy Harrison Fawcett

Setelah survei perbatasan Bolivia/Brazil 1906, Fawcett menulis bahwa dia menembak anaconda yang berukuran 19 meter dari hidung ke ekornya. Setelah dipublikasikan, laporan Fawcett ditertawakan.

Laporan Fawcett sebagai berikut :

"Kami hanyut dengan mudah di sepanjang arus yang lamban tidak jauh di bawah pertemuan Tigor dan Rio Negro ketika hampir di bawah haluan muncul kepala segitiga dan beberapa kaki dari tubuh yang bergelombang. Itu adalah anaconda raksasa. Saya melompat untuk mengambil senapan saya ketika makhluk itu mulai bergerak di tepi sungai, dan tidak menunggu untuk membidik peluru berhidung lunak .44 ke tulang belakangnya, sepuluh kaki di bawah kepala jahatnya. Tiba-tiba ada putaran busa, dan beberapa pukulan keras ke kapal, mengguncang kami seolah-olah kami telah berlari dalam hambatan..."

Beberapa dekade kemudian, cryptozoologist Belgia, Bernard Heuvelmans datang untuk membela Fawcett, dengan alasan bahwa tulisan Fawcett pada umumnya jujur dan dapat diandalkan.


Sejarawan Mike Dash menulis klaim dari anaconda yang jauh lebih besar, yang diduga memiliki panjang 45 meter, dengan beberapa penampakan yang didukung oleh foto (meskipun foto itu kurang berskala).

Dalam fiksi

Anaconda telah ditampilkan dalam banyak cerita di Amerika Latin, seperti yang ditulis oleh Horacio Quiroga (penulis Uruguay) yang juga mendirikan sekelompok intelektual Argentina dan Uruguay sekitar tahun 1920 yang disebut Anaconda Association.

Sekitar tahun 1921, dia juga menerbitkan buku berjudul Anaconda.

Willard Price, penulis terkenal dari banyak buku anak-anak pada pertengahan abad ke-20, menulis tentang anaconda berukuran 10 meter di "Amazon Adventure".

Film tahun 1997, Anaconda, menampilkan perburuan anaconda raksasa yang membunuh beberapa anggota kru dokumenter. Anaconda juga ditampilkan di episode Lost Tapes berjudul "Megaconda".


Anaconda telah diverifikasi dapat tumbuh hingga memiliki panjang 5,5 meter dengan berat 100 kg.


Secara khusus, anaconda hijau adalah jenis ular terbesar di dunia yang populasinya masih tersedia.


Warna tubuh anaconda berwarna hijau kecoklatan dengan bercak-bercak bundaran hitam besar di punggungnya serta bercak berbentuk huruf "O" di kedua sisi badannya.


Sementara anaconda yang memiliki reputasi terpanjang berukuran 5,5 meter, anaconda dengan panjang yang ekstrem telah dilaporkan untuk spesies ini (tanpa verifikasi).

Beberapa klaim menggambarkan anaconda yang berukuran 8 meter hingga 12 meter (klaim ini tetap belum diverifikasi).

Pete Zuccarini merekam anaconda raksasa

Banyak penemuan-penemuan spesimen yang panjangnya mencapai 13 meter dengan tubuh sebesar batang pohon kelapa.

Meski begitu, masyarakat di daerah aliran sungai Amazon mempercayai adanya spesimen-spesimen ular yang berukuran jauh lebih besar.

(Sumber : Giant anaconda, Titanoboa and largest snakes of the world)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar