Minggu, 25 November 2018

Makhluk sepanjang 26 kaki terlihat di Selandia Baru


Pada 19 November 2018, makhluk misterius seperti cacing sepanjang 26 kaki (7,9 meter) ditemukan oleh dua penyelam di dekat gunung berapi kuno di Selandia Baru.

Hathaway dan Andrew Buttle sedang syuting di bawah air untuk video yang mempromosikan tentang New Zealand’s White Island ketika mereka bertemu makhluk laut ini.

Rekaman itu memperlihat makhluk panjang seperti cacing berongga yang terkadang berdenyut serta kembang-kempis ketika bergerak perlahan di air.


Ketika dia menyadari sesuatu itu berada di dasar lautan di bawahnya, dia tahu bahwa dia harus bergerak cepat untuk memfilmkannya.


Steve Hathaway dan Andrew Buttle segera mengidentifikasi makhluk berongga itu sebagai pyrosomes.

Pyrosomes adalah koloni berbentuk silinder atau kerucut yang terdiri dari ratusan hingga ribuan individu berukuran lebih kecil, yang dikenal sebagai zooid.


Menurut Washington Post, para ilmuwan sering menyebut makhluk itu sebagai "unicorn yang aneh dari laut" karena cahaya bioluminenensi dan sifat misteriusnya.


Beberapa laporan paling awal dari pyrosomes datang dari pelaut tahun 1880an yang memperhatikan cahaya terang saat berlayar.

Hathaway mengatakan : "Saya selalu ingin melihatnya. Saya sudah banyak berada di bawah air, dan saya telah melihat banyak binatang."

"Karena tidak pernah melihatnya secara langsung atau bahkan melihat rekaman video atau foto sebelumnya, saya cukup ragu dan gembira sekali bahwa makhluk seperti itu ada."

"Saya tahu alam tidak menunggu siapa pun, dan saya tidak bisa membiarkan kesempatan ini berlalu begitu saja."


"Saya sangat bersemangat. Ini seperti menemukan sesuatu yang telah anda impikan selama bertahun-tahun."


Hathaway mengatakan bahwa musim semi di pulau itu membawa banyak fitoplankton, yang mungkin menjelaskan alasan pertemuannya dengan makhluk tersebut.

Linsey Sala (ilmuwan di Scripps Institution of Oceanography California) mengatakan tidak semua pyrosomes tumbuh dan memiliki ukuran seperti yang dijumpai oleh Hathaway, beberapa yang ditemukan di dekat Selandia Baru dan Australia dapat berukuran "menjadi sangat besar", dan dalam beberapa kasus pyrosomes dapat mencapai panjang 45 sampai 60 kaki (13 - 18 meter).

(Sumber : express.co.uk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar