Jumat, 16 November 2018

Legenda Tlanusi


Dalam mitologi Cherokee, Tlanusi adalah lintah raksasa sebesar rumah pemakan hidung dan telinga mangsanya yang tinggal di sungai di Carolina Utara.

Legenda

Di dekat pertemuan antara Hiwassee dan Valley Rivers, di ujung utara kota Murphy, orang-orang Cherokee percaya terhadap legenda tentang seekor monster sungai legendaris yang mereka sebut "Tlanusi'yi," the Leech Place.


Tepat di atas tikungan dua sungai di sepanjang Valley River terdapat lubang yang dalam di mana pinggiran sempit dari batu besar mengalir melintasi aliran air.

Penduduk Cherokee menggunakan pinggiran sempit sebagai jembatan sampai pada suatu hari beberapa orang berjalan di sepanjang jalan kecil dan melihat benda merah besar sebesar rumah yang berada di tebing batu di sungai.

Ketika mereka memperhatikannya, benda itu mulai membuka gulungan, merentangkan diri di sepanjang batu sampai itu terlihat seperti lintah besar dengan garis-garis merah dan putih di sepanjang tubuhnya.


Setelah menyaksikannya menggulung dan berbaring sekali lagi, makhluk itu merayap menuruni batu, menghilang ke dalam air di lubang sungai yang dalam.

Mereka mengatakan air mulai mendidih dan berbusa ketika tiba-tiba gumpalan besar dari semburan berwarna putih terlempar tinggi ke udara dan turun seperti hujan deras ke tempat di mana mereka berdiri, rasa ingin tahu mereka berubah menjadi ketakutan saat mereka berlari dari tempat tersebut sebelum air itu mengenai mereka.

Mereka mengatakan bahwa terkadang tubuh penduduk asli akan ditemukan di sepanjang tepi sungai yang mereka pikir telah tersapu batu dan ditarik ke bawah air. Ketika diperiksa, tubuh itu telah kehilangan telinga dan hidung mereka.

Orang-orang berhenti untuk menyeberangi jembatan batu dan menghindari tempat yang mereka sebut "Tlanusi'yi," the Leech Place.

(Sumber : Cherokee Legend of Cherokee County, Tlanusi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar