Sabtu, 27 Oktober 2018

Misteri Crop circle


Crop circle atau crop formation adalah pola teratur yang dibuat secara misterius di area ladang tanaman.

Istilah ini pertama kali diciptakan pada awal tahun 1980an oleh Colin Andrews.

Jumlah crop circle meningkat banyak dari tahun 1970an hingga saat ini, dan ada sedikit studi ilmiah tentang cop circle.

Pada tahun 1991, Bower dan Chorley, mendapat reputasi karena telah menciptakan banyak lingkaran (circle) di seluruh Inggris setelah satu crop circle mereka digambarkan oleh penyelidik sebagai "tidak mungkin dibuat oleh tangan manusia."

Formasi crop circle biasanya dibuat dalam waktu semalam, meskipun beberapa dilaporkan muncul pada siang hari.


Konsep "crop circle" dimulai dengan tipuan asli pada akhir tahun 1970an oleh Doug Bower dan Dave Chorley.


Keduanya mengatakan bahwa mereka terinspirasi oleh kasus "saucer nest" Tully di Australia, di mana seorang petani mengklaim pertama kali melihat UFO, kemudian menemukan lingkaran alang-alang yang menjadi rata.

Pada tahun 1678, sebuah berita The Mowing-Devil: or, Strange News Out of Hartfordshire diklaim oleh beberapa cereologist sebagai yang pertama menggambarkan crop circle.


Peneliti crop circle, Jim Schnabel tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang bisa dijadikan sejarah karena itu menggambarkan tangkai yang dipotong bukan yang ditekuk.


Pada tahun 1686, naturalis Inggris, Robert Plot melaporkan rings on arcs of mushrooms (fairy ring atau fairy circle) di The Natural History of Stafford-Shire dan mengusulkan aliran udara dari langit sebagai penyebabnya.

Pada 1991, meteorologist, Terence Meaden menghubungkan laporan ini dengan crop circle modern, klaim yang telah dibandingkan dengan yang dibuat oleh Erich von Däniken.

Pada tahun 1960an, di Tully, Queensland, Australia, dan di Kanada, ada banyak laporan penampakan UFO dan formasi melingkar di rawa-rawa dan ladang tebu.


Tiga lingkaran yang ditemukan pada 8 Agustus 1967 di sebuah ladang di Duhamel, Alberta, Kanada, telah disimpulkan oleh Departemen Pertahanan Nasional sebagai buatan, tetapi tidak bisa mengatakan siapa dan bagaimana membuatnya.

Kasus yang paling terkenal adalah 1966 Tully "saucer nest", ketika seorang petani menyaksikan kapal berbentuk piring yang naik sekitar 12 meter dari rawa dan kemudian terbang.

Saat meyelidikinya, dia menemukan area yang hampir melingkar sepanjang 32 kaki (9,7 meter) dengan lebar 25 kaki (7,6 meter), di mana rumput diratakan dalam kurva searah jarum jam dan alang-alang telah tercabut dari lumpur.


Petugas polisi setempat, Royal Australian Air Force, dan University of Queensland menyimpulkan bahwa kemungkinan besar itu disebabkan oleh penyebab alami, seperti down draught (angin naik turun yang ganas), willy-willy atau dust devil (angin puyuh yang kuat) atau oleh puting beliung.

Pada tahun 1973, G.J. Odgers (Direktur Hubungan Masyarakat, Departemen Pertahanan (Kantor Udara)), menulis kepada seorang wartawan bahwa "piring" itu mungkin puing-puing yang diangkat oleh yang menyebabkan willy-illy.

Hoaxers, Bower dan Chorley mengatakan mereka terinspirasi oleh kasus ini untuk mulai membuat crop circle modern yang muncul di zaman sekarang.

Sejak tahun 1960an, ada gelombang UFOlogist di Wiltshire, dan ada rumor tentang "saucer nests" yang muncul di area itu, tetapi tidak pernah difoto.

Ada laporan lain sebelum tahun 1970an tentang formasi melingkar, terutama di Australia dan Kanada, tetapi selalu lingkaran yang biasa, yang mungkin disebabkan oleh angin puyuh.

Di Fortean Times, David Wood melaporkan bahwa di tahun 1940, dia membuat crop circle di dekat Gloucestershire menggunakan tali.

Pada tahun 1997, Oxford English Dictionary mencatat penggunaan paling awal dari istilah "crop circle" dalam edisi 1988 Journal of Meteorology, mengacu pada film BBC.

Munculnya istilah dari "crop circle" dikaitkan dengan Colin Andrews pada akhir tahun 1970an atau awal 1980an.



Mayoritas laporan tentang crop circle muncul dan menyebar sejak akhir tahun 1970, ketika banyak lingkaran mulai terlihat di seluruh pedesaan Inggris.

Fenomena ini menjadi dikenal luas pada akhir tahun 1980an, setelah media mulai melaporkan crop circle di Hampshire dan Wiltshire.

Crop circle di Wiltshire pada Juni 2009

Setelah pernyataan Bower dan Chorley pada 1991 bahwa mereka bertanggung jawab terhadap banyak crop circle, banyak lingkaran mulai muncul di seluruh dunia.


Hingga saat ini, sekitar 10.000 crop circle telah dilaporkan secara internasional, dari lokasi seperti bekas Uni Soviet, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, serta Kanada.

Sejak awal abad ke-21, formasi lingkaran telah meningkat dalam hal ukuran dan kompleksitasnya, dengan beberapa menampilkan sebanyak 2.000 bentuk yang berbeda, dan beberapa menggabungkan karakteristik matematika dan ilmiah yang kompleks.







Peneliti Jeremy Northcote menemukan bahwa crop circle di Inggris pada tahun 2002 tidak tersebar secara acak di seluruh daratan.

Crop circle cenderung muncul di dekat jalan-jalan, area dengan populasi medium ke padat, dan di monumen warisan budaya seperti Stonehenge atau Avebury, bahwa crop circle ini selalu muncul di area yang mudah diakses.

Stonehenge crop circle (Wiltshire, 7 Juli 1996)

Avebury crop circle (Wiltshire, 1 Agustus)

Hal ini menunjukkan bahwa crop circle lebih mungkin disebabkan oleh tindakan manusia yang disengaja dibandingkan dengan aktivitas paranormal.

Crop circle Bower dan Chorley

Pada tahun 1991, Doug Bower dan Dave Chorley menjadi berita utama yang mengklaim bahwa mereka yang memulai fenomena ini pada tahun 1978 dengan menggunakan alat sederhana yang terdiri dari papan kayu, tali, dan topi bisbol yang dilengkap dengan lingkaran kawat untuk membantu mereka berjalan dalam garis lurus.


Untuk membuktikannya, mereka membuat lingkaran di depan wartawan. Seorang "cereologist" (pendukung dari penjelasan paranormal crop circle), Pat Delgado, memeriksa lingkaran dan menyatakannya asli sebelum terungkap bahwa itu adalah tipuan.


Terinspirasi dari laporan crop circle di Australia dari tahun 1966, Bower dan Chorley mengklaim bertanggung jawab terhadap semua lingkaran yang dibuat sebelum 1987, dan untuk lebih dari 200 crop circle di tahun 1978 sampai 1991 (dengan 1.000 lingkaran lain yang tidak dibuat oleh mereka).

Setelah pengumuman mereka, keduanya mendemonstrasikan pembuatan crop circle.

Menurut Profesor Richard Taylor:

"Pictographs (simbol bergambar) yang mereka buat terinspirasi para seniman crop circle gelombang kedua. Crop circle telah berevolusi menjadi fenomena internasional, dengan ratusan pictographs canggih yang sekarang muncul setiap tahun di seluruh dunia."

Crop circle untuk kebutuhan seni dan bisnis

Sejak awal tahun 1990an, Circlemakers yang didirikan oleh Rod Dickinson dan John Lundberg (dan kemudian termasuk seniman Wil Russell dan Rob Irving), telah menciptakan crop circle di Inggris dan di seluruh dunia sebagai bagian dari penerapan seni mereka dan untuk klien komersial.


Pada malam 11 sampai 12 Juli 1992, sebuah kompetisi membuat crop circle dengan hadiah sebesar £3,000 (didanai sebagian oleh Yayasan Arthur Koestler) diadakan di Berkshire.

Sheldrake menulis bahwa :

"Eksperimen itu konsklusif. Manusia memang bisa membuat semua ciri dari formasi lingkaran state-of-the-art pada saat itu. Sebelas dari dua belas tim membuat formasi yang lebih mengesankan atau kurang mengesankan yang mengikuti desain yang ditetapkan."

Pada tahun 2002, Discovery Channel menugaskan lima mahasiswa lulusan aeronautika dan astronautika dari MIT untuk menciptakan crop circle mereka sendiri, yang bertujuan untuk menduplikasi beberapa ciri yang diklaim untuk membedakan crop circle "asli" dari kepalsuan seperti yang dibuat oleh Bower dan Chorley.

Penciptaan crop circle itu direkam dan digunakan dalam dokumenter Discovery Channel Crop Circles: Mysteries in the Fields.

Penciptaan crop circle

Konsensus ilmiah pada crop circle adalah bahwa mereka diciptakan oleh manusia sebagai hoax, iklan, atau karya seni.

Metode yang paling dikenal luas bagi satu atau sekelompok orang untuk membuat crop circle adalah dengan mengikat satu ujung tali ke titik jangkar dan ujung lainnya ke papan yang digunakan untuk menggilas tanaman.


Skeptis dari paranormal menunjukkan bahwa semua karakteristik crop circle sepenuhnya kompatibel dengan yang dibuat oleh Bower dan Chorley.

Dalam efek tiruan, lingkaran yang semakin kompleks mulai muncul di banyak negara di seluruh dunia, termasuk dalam fraktal (benda geometris yang kasar pada segala skala dan terlihat dapat dibagi-bagi dengan cara radikal).

Fisikawan telah menyarankan bahwa formasi yang paling kompleks mungkin dibuat dengan bantuan GPS dan laser.

Pada tahun 2009, formasi lingkaran yang dibuat selama tiga malam berturut-turut, tampaknya tidak selesai, dengan beberapa lingkaran yang terlihat setengah.

Penjelasan alternatif crop circle

*) Cuaca

Telah dikemukakkan bahwa crop circle mungkin merupakan hasil fenomena meteorologi yang luar biasa, mulai dari tornado aneh hingga bola petir, tetapi tidak ada bukti adanya crop circle yang diciptakan oleh penyebab tersebut.

Sebuah surat tahun 1880 kepada editor Nature oleh ilmuwan amatir, John Rand Capron, menggambarkan bagaimana badai baru-baru ini telah menciptakan beberapa lingkaran tanaman yang rata di ladang, bahwa bentuknya adalah "sugestif dari beberapa tindakan angin siklon".

Pada tahun 1980, Terence Meaden, ahli meteorologi dan fisikawan, mengusulkan bahwa crop circle disebabkan oleh angin puyuh yang jalurnya dipengaruhi oleh perbukitan Inggris selatan.


Ketika lingkaran menjadi lebih kompleks, Meaden harus menciptakan teori yang juga semakin kompleks, menyalahkan electromagneto-hydrodynamic "plasma vortex".

Teori meteorologi menjadi populer, bahkan direferensikan oleh fisikawan Stephen Hawking pada tahun 1991, yang mengatakan bahwa "Corn circle adalah hoax atau dibentuk oleh gerakan vortex udara".

Pendapat Stephen Hawking tentang hoax itu didukung ketika Bower dan Chorley menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas semua crop circle itu.

Pada akhir 1991, Meaden mengakui bahwa crop circle yang memiliki desain kompleks dibuat oleh hoaxers (Bower dan Chorley).

*) Paranormal

Sejak menjadi fokus perhatian media yang luas pada 1980an, crop circle telah menjadi subjek spekulasi oleh berbagai paranormal, ufologis, dan peneliti anomalistik, mulai dari usulan bahwa mereka diciptakan oleh fenomena meteorologi aneh sebagai pesan dari makhluk luar angkasa.

Sketsa pesawat luar angkasa menciptakan crop circle

Ada juga spekulasi bahwa crop circle memiliki hubungan dengan Ley Lines (garis lurus pada peta dunia yang menghubungkan situs agama, dan struktur buatan manusia, serta dikatakan memiliki makna spiritual)

Banyak kelompok New Age memasukkan crop circle ke dalam sistem kepercayaan mereka.

Beberapa pendukung paranormal berpikir bahwa crop circle disebabkan oleh bola petir dan bahwa pola yang sangat kompleks harus dikontrol oleh beberapa entitas (sesuatu yang berwujud).

Beberapa entitas yang diusulkan adalah : Gaia meminta untuk menghentikan pemanasan global dan polusi manusia, Tuhan, makhluk gaib (misalnya dewa India), pikiran kolektif kemanusiaan melalui "medan kuantum", atau dari makhluk luar angkasa.

Menanggapi kepercayaan lokal bahwa "makhluk luar angkasa" dalam UFO bertanggung jawab atas crop circle yang muncul, LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Indonesia menggambarkan crop circle sebagai "buatan manusia".

Thomas Djamaluddin, profesor penelitian astronomi dan astrofisika di LAPAN, menyatakan "Kami telah sepakat bahwa 'hal' ini tidak dapat dibuktikan secara ilmiah."

Penggemar paranormal, ufologists, dan penyelidik anomalistik telah menawarkan penjelasan hipotesis yang telah dikritik sebagai pseudoscientific (diklaim sebagai ilmiah tetapi tidak mengikuti metode ilmiah) oleh kelompok skeptis dan ilmuwan, termasuk oleh Committee for Skeptical Inquiry.

Tidak ada bukti kredibel tentang asal usul crop circle dari luar angkasa yang telah disajikan.

*) Aktivitas Binatang

Pada tahun 2009, jaksa agung kepulauan Tasmania menyatakan bahwa walabi Australia telah ditemukan menciptakan crop circle di ladang bunga opium, yang ditanam secara legal untuk keperluan pengobatan, setelah mereka mengkonsumsi beberapa bunga opium dan berlari dalam lingkaran.

*) Daya tarik

Pada tahun 2000, Colin Andrews, yang telah meneliti crop circle selama 17 tahun, menyatakan bahwa sementara dia percaya 80% buatan manusia, dia berpikir terhadap lingkaran yang tersisa, dengan desain yang kurang rumit, dapat dijelaskan oleh pergeseran tiga derajat di medan magnet Bumi, yang menciptakan aliran yang "menyetrum" tanaman, menyebabkan mereka rata dan membentuk lingkaran.

Pada tahun 2009, The Guardian melaporkan bahwa aktivitas crop circle telah memudar di sekitar Wiltshire, sebagian karena para pembuatnya lebih suka menciptakan crop circle untuk promosi perusahaan yang membayar upaya mereka dengan baik.

Meskipun para petani menyatakan keprihatinan atas kerusakan tanaman mereka, respon terhadap kemunculan crop circle sering kali disambut antusias, dengan penduduk lokal mengambil keuntungan dari peningkatan pariwisata dan kunjungan dari para ilmuwan, peneliti crop circle, dan individu yang mencari pengalaman spiritual.

Pasar penjualan dari minat crop circle termasuk tur bus atau helikopter dari lokasi crop circle, tur berjalan kaki, T-Shirts, dan dari penjualan buku.

Meskipun penyebab alami yang tidak jelas atau crop circle berasal dari alien telah disarankan, tidak ada bukti ilmiah untuk penjelasan tersebut, dan semua crop circle konsisten dengan sebab dan akibat yang berhubungan dengan manusia.

(Sumber : Crop circle)

1 komentar:

  1. Artikel yang skeptis dan abu2 seperti enigmablogger... Good. Tambahan kalo alien bikin crop circle untuk kampanye pelestarian alam, kenapa medianya gandum yg jelas2 adalah tanaman, tindakan vandalism jg sepertinya bkn tindakan khas alien.

    BalasHapus