Rabu, 24 Oktober 2018

Legenda El Cuero


El Cuero adalah monster danau sangat berbahaya dari Amerika Selatan, yang berburu di Danau Lacar, Pegunungan Andes.

El Cuero, yang berarti "The Hide" (kulit binatang) atau "leather" (kulit), adalah makhluk yang menyerupai ikan pari primitif.

Makhluk ini memiliki sirip dada yang lebar, dan ekor seperti cambuk. Matanya berada di tangkai atau batang dan mulutnya tampak dapat diperpanjang, seperti sturgeon.


Makhluk ini memiliki kepala tidak berbulu dan berduri, serta tubuhnya memiliki tampilan seperti kulit sapi yang terhampar.


Saksi mata juga melaporkan melihat cakar tajam di sepanjang pinggiran El Cuero, yang digunakan untuk mendapatkan mangsanya. Ukuran El Cuero berkisar antara 2 sampai 5 kaki (60 cm - 1,5 meter) dengan berat sekitar 65 pon.


Meskipun El Cuero mungkin terkait jauh dengan keluarga ikan pari air tawar yang dikenal sebagai Stenohaline, yang menghuni Amerika Selatan, ada beberapa perbedaan yang penting antara ikan pari air tawar Amerika Selatan dan El Cuero.

Penduduk asli Amerika Selatan selalu mengatakan bahwa El Cuero adalah predator rakus, menjulukinya sebagai "aquatic tiger" (harimau akuatik).

Monster itu keluar dari danau seperti buaya dan menelan mangsanya (manusia). Lalu menggunakan hidung besar seperti belalai untuk menusuk kulit dan menghisap organ-organ internal dan darah mangsanya.


Serangan El Cuero terhadap manusia ada banyak namun kontroversial. Satu kisah menceritakan seorang wanita sedang mencuci pakaian di tepi danau saat bayinya tidur di dekatnya.

Menurut wanita itu, El Cuero meledak keluar dari air seperti buaya, menelan si bayi, lalu meluncur kembali ke dalam air secepat ketika makhluk itu muncul.


Makhluk-makhluk yang serupa dengan El Cuero telah dilaporkan menghuni sungai dan laguna Argentina dan Chili, dan legendanya telah tersebar di seluruh penduduk asli kedua negara tersebut.

Beberapa peneliti telah menunjukkan kesamaan antara binatang ini dan Hueke-Hueke yang ganas (makhluk cryptid danau Amerika Selatan lainnya). Laporannya sangat mirip sehingga para ahli menganggap mereka adalah binatang yang sama.

Selama berabad-abad, ibu-ibu di Amerika Serikat memperingatkan anak-anak mereka untuk menjauh dari tepi danau dan sungai-sungai, takut "Hueke-Hueke" akan memakan mereka.

Asal-usul binatang fantastis yang disebut sebagai "The Leather" (yang berarti kulit binatang) ini berasal dari penduduk setempat yang mengklaim bahwa ketika Hueke-hueke "mengapung di permukaan air, kulit luarnya tampak seperti itu".


Hal tersebut telah mendorong beberapa peneliti untuk menghubungkan Hueke-hueke dengan makhluk cryptid Amerika Selatan yang sangat berbahaya, yaitu El Cuero.

Penjelasan yang mungkin

Para ilmuwan berteori bahwa El Cuero mungkin adalah invertebrata primitif yang mirip dengan nudibranch. Nudibranch adalah predator aktif seperti El Cuero yang bahkan dapat menyentak ke daratan ketika berburu moluska.


Mungkin juga El Cuero adalah reptil Matamata, kura-kura yang memiliki cangkang datar dan berwajah aneh.


Ada juga kemungkinan bahwa serangan ganas dari El Cuero merupakan sebuah kesalahan identifikasi.

Penjelasan yang mungkin untuk El Cuero adalah short tailed river stingray,
spesies ikan pari air tawar raksasa di Amerika Selatan

Beberapa peneliti telah menyarankan bahwa makhluk-makhluk ini mungkin spesies ikan pari air tawar dari keluarga Potamotrygonidae, yang ditemukan di seluruh Amazon dan selama bertahun-tahun telah mengembangkan mekanisme pertahanan diri (ujung runcing) yang tidak biasa ditemukan di alam liar.

(Sumber : cryptidz.wikia, new-cryptozoology.wikia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar