Sabtu, 29 September 2018

Misteri Flying Rod


"Rods" (terkadang dikenal sebagai "flying rods", "skyfish", "air rods", atau "solar entities") adalah istilah yang digunakan dalam cryptozoology, ufology, dan fotografi luar ruangan untuk menunjuk objek memanjang dalam bentuk batang yang bercahaya.

Video objek berbentuk batang yang bergerak cepat di udara telah diklaim oleh beberapa ahli ufo dan ahli cryptozoology sebagai bentuk kehidupan alien, makhluk "extradimensional", atau UFO yang sangat kecil.

Berbagai interpretasi paranormal muncul dalam budaya populer, dan salah satu pendukung yang secara terang-terangan menyebut rod sebagai bentuk kehidupan alien adalah Jose Escamilla, yang mengklaim telah menjadi yang pertama memfilmkan mereka pada 19 Maret 1994 di Roswell, New Mexico, ketika mencoba merekam sebuah UFO.

Sejak saat itu, Escamilla telah membuat video tambahan dan memulai tur untuk mempromosikan klaimnya.

Flying rods ditemukan pada tahun 1990an. Mereka tidak terlihat oleh mata, tetapi dapat terlihat oleh kamera.

Bagi orang yang percaya pada teori flying rods berdasarkan cryptozoology, flying rods mungkin makhluk hidup, dan mungkin terkait dengan cerita-cerita yang berusia lebih tua dari atmospheric beasts.


Bagi orang skeptis, flying rods adalah sejenis potongan puing-puing yang berterbangan karena tertiup oleh angin, serangga atau burung yang direkam dalam kondisi yang tidak biasa, atau blip pada film yang disebabkan oleh kesalahan dalam pemprosesan film.

Orang-orang menemukan bahwa pada beberapa film, mulai dari video rumahan hingga ke film di bioskop, memiliki gangguan aneh yang tampak seperti batang buram yang sebagian besar transparan, dan terkadang berwarna keputihan.


Sebagian besar gangguan ini bergerak cepat dan nyaris tidak terlihat oleh mata.


Orang-orang yang memeriksa film untuk anomali semacam ini mulai menyebut apa yang mereka sebut sebagai "sky fishing". Mereka menemukan bahwa rods ini tersebar luas, terlalu banyak contoh untuk dipelajari semuanya.


Studi dekat rekaman flying rods mengungkapkan sejumlah fitur yang sangat menarik.

Ketika rods diperbesar, menampilkan fitur dari objek tiga dimensi. Dengan kata lain, rods bukanlah noda pada lensa kamera atau film itu sendiri, tetapi sesuatu di lingkungan yang sebenarnya difilmkan secara tidak sengaja.


Pengukuran secara teliti menunjukkan bahwa sebagian besar rods memiliki panjang antara empat inci dan tiga kaki.

Mereka tampak seperti silinder dalam bentuk sama tanpa ada perbedaan antara ujung kepala dan ujung ekor, dengan sepasang appendage (bagian tubuh luar yang menonjol keluar dari tubuh suatu organisme, seperti antena, atau sayap) di sepanjang silinder ini.


Dalam beberapa rods, appendage ini terlihat seperti sirip yang bergetar cepat di sepanjang silinder dalam gerakan gelombang bergelombang. Rods lainnya memiliki appendage yang terlihat seperti sayap lebah yang bergerak sangat cepat.


Sebagian besar rods berwarna buram dan transparan, membuat penampilan mereka tidak mencolok. Beberapa sangat putih, bahkan terkadang putih pekat.


Selain karakter tiga dimensi, rods ini tampaknya bertingkah dengan cara yang cerdas. Terkadang beberapa rods mengikuti satu sama lain dan tampak bermain satu sama lain dengan cara yang mungkin sama dengan yang dilakukan oleh kupu-kupu.

Sebuah teori bahkan mengatakan bahwa rods adalah probe UFO yang dikirim oleh alien, meskipun tidak ada bukti khusus yang menghubungkan alien dan flying rods.

Kolumnis The Straight Dope, Cecil Adams menyebut rods sebagai sebuah hoax (tipuan) "di mana orang-orang yang tidak bermoral mengeksploitasi publik yang mudah ditipu untuk mendapatkan keuntungan", dan mengatakan bahwa para peneliti telah menunjukkan bahwa rods hanyalah trik cahaya yang dihasilkan dari bagaimana gambar (terutama video) serangga terbang direkam dan diputar ulang.

Secara khusus, kepakan sayap serangga yang cepat terbukti menghasilkan efek seperti rods (batang), serta gerakan blur, karena kamera memotret dalam waktu eksposur panjang yang relatif lama.

Pada Agustus 2005, China Central Television (CCTV) menayangkan dokumenter dua bagian tentang flying rods di Cina.

Peristiwa yang dilaporkan dari Mei hingga Juni 2005 di Tonghua Zhenguo Pharmaceutical Company di Kota Tonghua, provinsi Jilin, berhasil membongkar misteri flying rods.

Kamera pengintai merekam rekaman flying rods yang identik dengan yang ditampilkan di video Jose Escamilla.

Karena tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, para ilmuwan yang penasaran di fasilitas tersebut memutuskan bahwa mereka akan mencoba memecahkan misteri ini dengan berusaha menangkap makhluk-makhluk terbang ini.

Jaring-jaring besar dipasang dan kamera pengintai yang sama kemudian menangkap gambar rods yang terbang ke jebakan. Ketika jaring diperiksa, "rods" tidak lebih dari ngengat biasa dan serangga terbang biasa lainnya.

Penampakan rods (sebenarnya adalah ngengat yang tertarik pada lampu sorot)

Penyelidikan selanjutnya membuktikan bahwa flying rods yang terlihat pada video adalah ilusi optik yang diciptakan oleh kecepatan perekaman yang lebih lambat dari kamera.


Setelah menghadiri ceramah oleh Jose Escamilla, penyelidik UFO, Robert Sheaffer, menulis bahwa "beberapa rods-nya jelas serangga yang melintasi lapangan pada kecepatan tinggi" dan yang lain tampak seperti "appendage" sayap burung yang blur atau menjadi kabur oleh eksposur kamera.

Sebuah percobaan menunjukkan bahwa rods ini muncul di film karena ilusi optik atau kolusi (terutama dalam rekaman video interlaced), dan biasanya adalah jejak dari sayap serangga yang terbang dalam kecepatan tinggi.

(Sumber : Rod, Air Rods)

7 komentar:

  1. Oalah, semangat kk jangan takut blog ini sepi, aku penasaran sama misteri didunia ini

    BalasHapus
  2. Saya pembaca setia,baru koment,saya suka blog2 misteri yg skrg sdh langka

    BalasHapus
  3. Yupz....flying rods itu hanya efek exposure kamera aja.... padahal aslinya mah cuma ngengat atau serangga malam yang terbang diadepan kamera low exposure...hehehee

    BalasHapus
  4. meski sepi komen tapi yakin yg baca itu banyak

    BalasHapus
  5. meski sepi komen tapi yakin yg baca itu banyak

    BalasHapus
  6. Indonesia yang bahas ini cuma blog ini salute! 100%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok blog-blog lain yang sudah membahas tentang Flying Rod, bahkan sebelum blog ini dibuat. Terima kasih sudah berkunjung..

      Hapus