Sabtu, 18 Agustus 2018

Misteri Solway Firth Spaceman


Solway Firth Spaceman (dikenal juga sebagai Solway Spaceman atau Cumberland Spaceman) adalah sosok yang terlihat dalam sebuah foto yang diambil oleh Jim Templeton pada tahun 1964.

Foto yang diambil di Burgh Marsh, dekat Burgh by Sands, yang menghadap ke Solway First di Cumbria, Inggris ini diklaim Templeton memperlihatkan sosok seseorang yang mengenakan pakaian luar angkasa di latar belakang, dan bersikeras bahwa dia tidak melihat kehadiran siapa pun ketika foto itu diambil.

Pada 23 Mei 1964, Jim Templeton, seorang petugas pemadam kebakaran dari Carlisle, Cumberland (sekarang bagian dari Cumbria), mengambil tiga foto putrinya yang berumur lima tahun saat perjalanan sehari ke Burgh Marsh.

Templeton mengatakan bahwa satu-satunya orang lain di tempat itu selain istrinya (Annie) adalah sepasang perempuan tua yang duduk di dalam mobil di ujung (rawa) Burgh Marsh.

Dalam sebuah surat kepada Daily Mail pada tahun 2002, Templeton menyatakan :

"Saya mengambil tiga foto putri saya yang bernama Elizabeth dalam pose yang sama - dan terkejut ketika gambar tengah dari Kodak memperlihatkan apa yang tampak seperti seorang angkasawan di latar belakang.

Templeton bersikeras bahwa dia tidak melihat sosok itu sampai setelah foto-fotonya dikembangkan, dan analisis kodak mengonfirmasi bahwa foto itu asli.


Foto itu kemudian diproduksi secara luas di koran-koran dan mendapat minat dari ufologist.

Surat kabar lokal, Cumberland News mengangkat kisah itu dan dalam beberapa jam kisah itu sudah ada di seluruh dunia. Foto ini tentu saja bukan foto palsu, dan membingungkan banyak orang tentang bagaimana sosok itu bisa muncul di latar belakangnya.

Templeton mengatakan bahwa setelah foto itu diterbitkan, dia didatangi oleh dua orang yang mengatakan berasal dari pemerintah (mungkin semacam Men In Black), yang menolak untuk memperlihatkan identitas mereka dan bahwa "mereka bekerja untuk pemerintah dan bahwa mereka hanya diidentifikasi berdasarkan angka".

Setelah membawa kedua orang itu ke tempat foto itu diambil, Templeton mengatakan bahwa ketika dia menjelaskan tidak melihat sosok angkasawan pada waktu itu, kedua pria menjadi marah lalu pergi, dan meninggalkannya.

Pada September 1964, Templeton menolak kedua pria itu sebagai seorang penipu, mengatakan : "Itu semua tampak seperti lelucon praktis bagi saya. Saya yakin orang-orang itu bukan agen keamanan."

Sebuah analisis menyimpulkan bahwa sosok "angkasawan" itu adalah istri Templeton, yang berdiri dengan punggung menghadap ke arah kamera, dan gaunnya tampak menjadi putih karena overexposure.

Menurut penulis UFO, David Clarke pada tahun 2014, "spaceman" atau "angkasawan" kemungkinan besar adalah Annie (istri Templeton) yang hadir pada saat itu dan terlihat juga pada foto-foto lain yang diambil pada saat yang sama.

Annie Templeton mengenakan gaun biru pucat yang kemudian overexposure menjadi terlihat putih di foto-foto lainnya. Dia juga memiliki rambut bob yang gelap.

Foto di mana Annie Templeton bisa terlihat dalam bidikan kamera

David Clarke mengatakan :

"Saya pikir untuk beberapa alasan istrinya berjalan ke arah bidikan kamera dan dia (Jim) tidak melihatnya karena dengan menggunakan kamera seperti itu, anda hanya bisa melihat 70% dari apa yang ada di bidikan melalui viewfinder (jendela bidik)."

Telah diperdebatkan bahwa ketika menggunakan software foto untuk menggelapkan gambar dan meluruskan horizon, sosok itu semakin tampak seperti orang biasa yang dilihat dari belakang.


Clark mengatakan : "Orang-orang masih akan membicarakannya dalam 50 tahun lagi."

Menanggapi permintaan dari ufologist untuk mengetahui apakah foto itu menarik bagi para ahli, Kementerian Pertahanan (Ministry of Defence) Inggris mengatakan bahwa foto Templeton tidak menarik bagi mereka.

(Sumber : wikipedia, ameblo.jp)

6 komentar: