Kamis, 31 Mei 2018

Teori Konspirasi Kematian Paul McCartney


"Paus is dead" adalah urban legend dan teori konspirasi yang menyatakan bahwa Paul McCartney sebenarnya telah meninggal pada tahun 1966 dan secara diam-diam digantikan oleh seseorang yang mirip dengannya.

Pada September 1969, mahasiswa Amerika menerbitkan artikel yang mengklaim bahwa petunjuk tentang kematian Paul McCartney dapat ditemukan di antara lirik dan karya The Beatles lainnya.


Perburuan terhadap petunjuk itu terbukti menular dan dalam beberapa minggu, telah menjadi fenomena internasional.


Pada 17 September 1969, Tim Harper, editor Drake Times-Delphic, menerbitkan sebuah artikel berjudul "Is Beatle Paul McCartney Dead?", mengacu pada rumor yang beredar di kampus yang mengutip petunjuk dari album terbaru Beatles, termasuk sebuah pesan yang ditafsirkan sebagai "turn me on, dead man", ketika "Revolution 9" (dari White Album) diputar secara terbalik.


Dalam laporan yang diterbitkan selambat-lambatnya 10 Oktober, petugas pers Beatles, Derek taylor menanggapi rumor itu dengan mengatakan :

"Baru-baru ini kami mendapat banyak pertanyaan tentang laporan bahwa Paul sudah mati. Kami mendapatkan banyak pertanyaan-pertanyaan seperti itu selama bertahun-tahun, tetapi dalam beberapa minggu terakhir kami telah menerimanya di kantor dan di rumah pada malam dan siang hari. Saya bahkan menerima panggilan telepon dari DJ dan yang lainnya di Amerika Serikat."

Pada 12 Oktober 1969, seorang penelepon ke stasiun radio Detroit WKNR-FM mengatakan kepada DJ Russ Gibb tentang rumor dan petunjuk kematiannya. Gibb dan penelepon lainnya kemudian menyiarkan dan mendiskusikan rumor itu selama satu jam.

Dua hari setelah siaran WKNR-FM, The Michigan Daily menerbitkan tinjauan satir Abbey Road oleh mahasiswa Universitas Michigan, Fred LaBour di bawah judul "McCartney Dead : New Evidence Brought to Light".


Terbitan itu mengindentifikasi berbagai petunjuk kematian Paul pada sampul album The Beatles, termasuk petunjuk baru dari Abbey Road.

LaBour telah menemukan banyak petunjuk dan heran ketika cerita itu diambil oleh surat kabar di seluruh Amerika Serikat. WKNR-FM lebih lanjut memicu rumor itu dengan program khusus pada subjek "The Beatles Plot" yang disiarkan pada 19 Oktober 1969.

Pada pagi hari 21 Oktober 1969, DJ WABC-AM, Roby Yonge mendiskusikan rumor itu selama lebih dari satu jam sebelum ditarik dari siaran karena melanggar format.

Kemudian, kantor pers The Beatles mengeluarkan pernyataan yang menyangkal rumor yang banyak dilaporkan oleh media nasional dan internasional.

Menurut teori, bahwa pada 9 November 1966, Paul McCartney memiliki argumen selama sesi rekaman Beatles dan dengan marah dia pergi menggunakan mobilnya, Austin-Healey, yang kemudian mengalami tabrakan, mengakibatkan Paul McCartney sendiri tewas akibat kecelakaan tersebut.




Untuk menghindari publik dari kesedihan dan duka cita, The Beatles mengganti Paul McCartney dengan "William Campbell", pemenang kontes mirip-McCartney (Beatle Look-a-like competition).

William Campbell

Kontes itu diselenggarakan oleh Brian Epstein (manajer Beatles) untuk mencari pengganti Beatles, berjaga-jaga jika salah satu personilnya ada yang tewas (tidak ada pemenang yang diumumkan untuk kontes ini).

Ketika Paul tewas pada tahun 1966, Brian Epstein dikatakan menyuap polisi dan wartawan agar kecelakaan dan kematian Paul tetap tersembunyi dari publik.

Brian kemudian membujuk tiga anggota Beatles yang tersisa untuk tetap bersama, dan menerima William Campbell sebagai pengganti Paul.

William mungkin terlihat seperti paul, tetapi bagaimana ia bisa meniru gaya musik McCartney?, beberapa percaya dia sangat dilatih dengan ketat dan terlatih secara profesional untuk memiliki suara seperti McCartney.

Dia juga sama-sama berbakat, mempesona, jenaka dan pintar seperti Paul asli. Meskipun dia orang Amerika, ia dengan cepat diasumsikan memiliki aksen khas Paul yang berasal dari Liverpool, dan dengan operasi plastik kecil, penampilan William menjadi terlihat mirip dengan Paul.


Menurut teori ini, kematian Paul menjelaskan mengapa band The Beatles berhenti melakukan konser pada tahun 1966 dan mulai menumbuhkan jenggot.

Ratusan petunjuk yang diduga berkaitan dengan kematian Paul telah dilaporkan oleh penggemar dan pengikut legenda ini.

Beberapa foto yang memperlihatkan perbandingan antara Paul McCartney dengan Faul (peniru Paul) :













Faul ketika berada di Kenya sekitar November 1966 :




Faul terlihat bermain gitar menggunakan tangan kanan ketika berada di India. Menurut teori, The Beatles pergi ke India untuk menemui Maharishi Mahesh Yogi agar dia bisa melakukan ritual yang akan menarik jiwa Paul ke dalam tubuh William Campbell, namun usaha itu tidak berhasil.


Petunjuk lainnya temasuk pesan saat mendengar lagu yang diputar secara terbalik dan interpretasi simbol-simbol dari lirik dan cover album Beatles.

Salah satu contoh yang sering dikutip adalah kata-kata "I buried Paul" yang diucapkan oleh John Lennon di bagian akhir lagu "Strawberry Fields Forever".



Lennon kemudian menjelaskan bahwa kata-kata itu sebenarnya adalah "cranberry sauce".

Contoh lain berasal dari cover Abbey Road yang diklaim menggambarkan prosesi pemakaman, di mana John Lennon, berpakaian putih (melambangkan sosok surgawi), Ringo Starr, berpakaian hitam (melambangkan pengurus pemakaman), George Harrison, berpakaian Denim (melambangkan penggali kubur) dan Paul McCartney, tanpa alas kaki dan tidak sejalan dengan yang lain (melambangkan jenazah).


Pada cover Abbey Road terdapat plat nomor pada Volkswagen yang bertuliskan "28IF", yang konon menunjukkan bahwa Paul akan berusia 28 tahun jika selamat dari kecelakaan itu (pada saat itu Paul sebenarnya berusia 27 tahun).


Di sebelah kanan gambar, terlihat mobil polisi berwarna hitam yang dipercaya sebagai petunjuk dari polisi yang membantu menutupi berita kematian Paul.


Mata Paul tertutup, dan merokok pada tangan yang salah (Paul adalah kidal).


Cover album Abbey Road versi Australia memperlihatkan noda darah di jalan, diklaim sebagai petunjuk kecelakaan yang dialami Paul di sebuah jalan.


Pada cover belakang "Abbey Road", titik-titik di sebelah kiri "Beatles", jika dihubungkan akan membentuk angka "3", menandakan bahwa hanya ada 3 Beatles yang tersisa.


Di sebelah kanan, terlihat bayangan aneh yang terlihat seperti tengkorak.


Cover "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band" juga memiliki beberapa petunjuk tentang konspirasi kematian Paul McCartney.


Sebuah tangan berada di atas kepala Paul, seolah-olah dia diberkati oleh seorang pendeta sebelum dimakamkan.


Boneka lilin George, Ringo, John dan Paul terlihat sedih dengan kepala mengarah ke bawah, melihat ke arah banyak bunga-bunga, di mana di sebelah kiri mereka terlihat Sonny Liston, petinju terkenal yang terlihat seperti pendeta. Dikatakan bahwa mereka sedang melihat kuburan Paul.


(Artinya : "Di sini terbaring Paul")

Ada bunga kuning berbentuk gitar kidal yang hanya memiliki 3 senar, mewakili tiga anggota Beatles yang tersisa, dan juga diyakini mengeja "Paul".



Terdapat potret Siwa, simbol dari kehancuran dan transformasi. Tangan kanannya menunjuk kepada Paul "lama" (kehancuran), sedangkan tangan kirinya menunjuk kepada Paul "baru" (transformasi).


Terdapat boneka pria dengan garis hitam di kepalanya, melambangkan cedera parah di kepala Paul.


Terdapat juga TV dalam keadaan mati, petunjuk bahwa berita kematian paul tidak disiarkan atau disembunyikan dari publik.


Paul adalah satu-satunya anggota Beatles yang memegang instrumen berwarna hitam (yang lain berwarna keemasan).


Gunakan sebuah cermin pada bagian tengah drum, tepat pada logo "Sgt. Peppers" secara horizontal, maka akan menjadi "I ONE IX HE DIE." Ini merujuk kepada tanggal kematian Paul, 9 November (11-9).


"I ONE I X" berarti bahwa satu dari empat telah hilang, dan kemudian "HE DIE" menunjuk Paul sebagai Beatles yang telah mati.

Di sisi kanan, terdapat boneka yang memakai sweater bertuliskan “WELCOME THE ROLLING STONES”.

Joel Glazier menegaskan bahwa The Rolling Stones membantu menutupi kematian Paul dan petunjuk itu adalah ucapan terima kasih dari The Beatles.


Sebuah model dari Aston-Martin (jenis mobil yang dikendarai Paul pada saat kecelakaan) terlihat di kaki boneka. Bagian dalam mobil berwarna merah, melambangkan kecelakan berdarah Paul.


Juga terdapat noda darah pada sarung tangan pengemudi.


Pada cover belakang "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band", semua personil menghadap ke depan, berbeda dengan Paul yang menghadap ke belakang dari arah kamera.


Juga pada cover belakang, George menunjuk pada lirik "Wednesday morning at five o'clock", petunjuk mengenai waktu kematian paul.


Meski John, Paul dan George memiliki tinggi yang sama, Paul tampak lebih tinggi daripada anggota Beatles lainnya.


Perbandingan tinggi Paul dengan anggota Beatles lainnya :


Paul bersama dengan Jane Asher sebelum tahun 1967, dan sesudah tahun 1967


Paul menggunakan tambalan bertuliskan "OPD" (Officially Pronounced Dead atau secara resmi dinyatakan mati)


(Keempat Beatles sebenarnya menerima tambalan yang betuliskan "OPP", singkatan dari "Ontario Provincial Police.")


Dalam "Magical Mystery Tour", sebuah foto memperlihatkan Paul duduk di depan tanda bertuliskan "I You Was", mungkin bisa diartikan juga sebagai "I Was You".


Di "Magical Mystery Tour", terdapat foto tangan yang berada di atas kepala Paul, seperti yang sebelumnya terlihat pada cover album "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band".


Kata "Hill" yang meluncur di kepala kartun Paul merupakan petunjuk untuk cedera kepala berat yang diderita oleh Paul akibat dari kecelakaan fatalnya.


Terdapat foto Paul dengan bass tanpa menggunakan sepatu, petunjuk lain mengenai kematiannya. Namun, sepatu itu berada di sebelah kiri Paul, dan beberapa orang mengatakan sepatu itu ditutupi semacam merah darah.


Pada drum Ringo juga terdapat tulisan "Love The 3 Beatles", menunjukkan bahwa tanpa Paul yang asli, hanya tersisa tiga The Beatles untuk dicintai.


Pada video "Blue Jay Way", terdapat tubuh tanpa kepala bertuliskan "Magical Mystical Boy" di dadanya.

Beberapa mengatakan bahwa ini adalah tubuh asli Paul setelah mengalami kecelakaan, sementara yang lain mengenalinya sebagai tubuh Mal Evans.


Juga terdapat Aston Martin di belakang George, mobil yang dikendarai Paul saat mengalami kecelakaan.


Dalam adegan "Your Mother Should Know", Paul memakai bunga anyelir hitam, sementara Beatles lainnya memakai yang berwarna merah. Anyelir hitam adalah bunga langka yang merupakan simbol duka cita dan kematian.

Namun, Paul mengatakan bahwa dia mengenakan bunga hitam karena kehabisan bunga berwarna merah.


Pada cover "White Album", terdapat gambar "Paul" dengan kumis dan kacamata yang sebenarnya adalah William Campbell sebelum di make up menjadi Paul.


Ada juga gambar Paul di bak mandi yang terlihat seperti bagaimana jenazah Paul sedang dicuci sebelum dilakukan otopsi, setelah dia mengalami kecelakaan.


Pada gambar "White Album" terdapat bekas luka di bibir Paul dari operasi plastik yang dilakukan untuk mengubah wajahnya.


Pada cover album "Yesterday and Today" di mana Paul terlihat duduk pada sebuah tempat barang, sebuah spekulasi mengatakan bahwa gambar itu menunjukkan Paul berada dalam peti mati.


Pada cover "Butcher", memperlihatkan The Beatles bersama dengan daging-daging berdarah. Terlihat dua boneka tanpa kepala mengapit kepala Paul, sedangkan George memegang kepala boneka yang terputus dengan rambut yang terbakar, tepat di samping kepala Paul.

Paul terlihat tidak memiliki gigi di mulutnya, namun terdapat gigi palsu di tangan kanannya.


Judul "Yesterday and Today" melambangkan kontroversi yang dimulai kemarin "Yesterday" dan masih belum terselesaikan bahkan sampai hari ini "Today".

Pada cover "Let It Be", Paul menghadap ke arah yang berbeda, dan latar belakang berwarna merah darah membuatnya terlihat menonjol dibandingkan dengan Beatles lainnya.


Cover album yang dirilis di Kanada menunjukkan empat lilin dengan satu lilin padam yang kemungkinan menggambarkan petunjuk kematian Paul bahwa satu anggota Beatles telah mati.


Pada "Yellow Submarine" terdapat batu nisan yang menampilkan nomor 49. Sebuah spekulasi mengatakan bahwa karena "Paul" memiliki 4 huruf dan "McCartney" memiliki 9 huruf, maka seseorang yang terkubur di situ adalah Paul McCartney.


Pada video "Free As a Bird" terdapat refleksi di kaca mobil yang diduga memperlihatkan kepala Paul setelah kecelakaan fatalnya.


Video "Free as a Bird" juga dikatakan memiliki banyak petunjuk seputar kematian Paul, seperti adanya kerumunan orang yang sedang melihat sebuah kecelakaan mobil dengan polisi yang berjaga seolah menutupi kejadian tersebut.

Dalam video "I Am The Walrus", dari sebelah kanan terlihat sebuah mobil yang melaju tepat ke arah kepala Paul, petunjuk dari kecelakaan yang menghantam kepalanya.


Hal yang sama juga dapat terlihat di video "Strawberry Fields Forever", dan dalam gambar "A Collection of Beatles Oldies", di mana terlihat sebuah mobil yang mengarah ke kepala.



Beberapa lagu yang dikatakan merupakan petunjuk tentang kematian Paul McCartney di antaranya :

*) Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band

Menjelaskan tentang kedatangan William Campbell. The Beatles berpura-pura menjadi band lain untuk mengungkapkan kebohongan itu.

I don't really want to stop the show

But I thought that you might like to know

That the singer's going to sing a song

And he wants you all to sing along

So let me introduce to you

The one and only Billy Shears

And Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band




*) Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band (Reprise)

Paul is really dead you know, really really dead, paul is dead brother paul is dead, ring the bell, take it to the love the answer



*) With A Little Help From My Friends

Billy Shears

Sebuah kata yang berarti "Billy's here", mengacu pada kedatangan William Campbell (Billy Shears dikenal juga sebagai William Campbell).



*) She's Leaving Home (Menunjukkan waktu kecelakan Paul)

Wednesday morning at five o'clock

*) Good Morning, Good Morning (Waktu kecelakaan Paul yang cocok dengan lagu "She's Leaving Home")

Nothing to do to save his life

And you're on your own you're in the street

People running around it's 5 o'clock

Watching the skirts you start to flirt, now you're in gear


*) A Day In The Life

Dikabarkan bahwa liriknya menjelaskan lebih detail mengenai kecelakaan yang dialami Paul

He blew his mind out in a car

He didn't notice that the lights had changed

A crowd of people stood and stared

They'd seen his face before

Nobody was really sure he was from the house of Paul


(Di dalam lirik mengatakan "House of Lords", tetapi itu terdengar ambigu)



*) I Am The Walrus - (Reversed)

Ha! ha! Paul is dead! Ha ha! Paul is dead!



Something wrong with my eye ! (mengacu kepada mata Paul yang terlihat berbeda dari sebelumnya)



Mata Paul pada tahun 1965 (atas),
Fool on the hill (tengah), dan Hey Jude (bawah)

*) Fool On The Hill

"The fool" atau "si bodoh" tampaknya adalah William Campbell atau "the fool" adalah Paul, yang mati karena kecelakaan (Dalam buku kecil halaman 9, terdapat kartun Paul berlabel "The Fool on the Hill".

*) Hello Goodbye (perpisahan Paul dan kedatangan William Campbell).

"You say goodbye, I say hello"

*) All You Need Is Love

Yes he's dead,...We loved you, yeah, yeah, yeah



Sebuah pemeriksaan audio kemudian membuktikan bahwa John mengatakan "Yesterday", dan "She loves you, yeah, yeah, yeah, She'd love to, yeah, yeah, yeah...").

*) Glass Onion

Here's another clue for you all, the walrus was Paul



Ini berkaitan dengan keyakinan Norse (Nordik) bahwa walrus adalah tanda kematian. Di India, walrus adalah simbol kematian.


*) I Will

I Will... ("William Campbell ?")



*) While My Guitar Gently Weeps

Paul, Paul, Paul, Paul, Paul...



*) Blue Jay Way - (Reversed)

Paul is Bloody...



There's a fog upon LA...(Paul)

And my friends have lost their way...(died)

We'll be over soon they said...(Paul is very)

Now they've lost themselves instead...(Bloody)




*) Helter Skelter - (Reversed)

I likes death



*) I'm So Tired - (Reversed)

Paul is dead man, miss him.. miss him.. miss him...



*) Don't Pass Me By"

You were in a car crash

And you lost your hair




*) Revolution #9 (Number 9, Number 9)

Turn me on, dead man



Di lagu itu juga terdapat banyak rekaman percakapan bebas yang dikatakan sebagai petunjuk kecelakaan dan kematian Paul. Terdengar juga suara tabrakan, kebakaran, sirine, dan teriakan paul berkata "Get me out."

*) Only A Northern Song

When you're listening late at night, You may think the band are not quite right

If You think the harmony

Is a little dark and out of key

You're correct

There's nobody there




*) Hey Bulldog

You think you know me, but you haven't got a clue



*) Come Together (mengacu kepada tiga anggota Beatles yang tersisa).

One and one and one is three



*) Real Love - (Reversed)

Paul, we used to sing with you, we used to sing



*) Birthday - (Reversed)

Paul is dead..dead..dead, we're singing halleluja



*) Johnny's Birthday - George Harrison (Reversed)

He never wore his shoes we all know he was dead



*) How do you sleep? - John Lennon

Those freaks was right when they said you was dead



*) Gratitude - Paul McCartney (Reversed)

Who is this now ?...I was Willie Campbell



*) House of Wax

Hidden in the yard.

Underneath the wall.

Buried deep below a thousand layers lay The answer to it all


(Diduga mengacu kepada petunjuk kematian Paul yang tersembunyi, yang akan menjawab semuanya)



Paul, he is living in me



Pada 21 Oktober 1969, kantor pers Beatles mengeluarkan pernyataan yang menyangkal rumor kematian Paul, menganggapnya sebagai "beban sampah lama" dan mengatakan bahwa "cerita itu telah beredar selama sekitar dua tahun, kami mendapatkan surat-surat mengenai itu tetapi Paul masih sangat bersama kami."

Rumor itu mulai menurun ketika pada 7 November 1969, majalah Life menerbitkan wawancara dengan McCartney.


Paul McCartney berkata :
"Mungkin Rumor itu dimulai karena saya belum banyak tampil di media belakangan ini. Saya telah melakukan pers yang cukup untuk seumur hidup, dan Saya tidak memiliki sesuatu untuk dikatakan hari ini. Saya senang bersama keluarga saya dan Saya akan bekerja ketika Saya bekerja. Saya dihidupkan selama sepuluh tahun dan saya tidak pernah berhenti. Sekarang Saya beristirahat kapan pun saya bisa. Saya lebih suka menjadi sedikit kurang terkenal akhir-akhir ini."
Pada November 1969, manajer penjualan Capitol Records melaporkan peningkatan signifikan dalam penjualan album katalog Beatles yang dikaitkan dengan rumor kematian Paul.

Rocco Catena, wakil presiden Capitol dari national merchandising, memperkirakan bahwa "ini akan menjadi bulan terbesar dalam sejarah, dalam hal penjualan Beatles".

Album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band dan Magical Mystery Tour, yang keduanya telah keluar dari chart sejak Februari, keduanya kembali memasuki chart Billboard Top LP, masing-masing mencapai nomor 101 dan 109.

Terry Knight, penyanyi di Capitol Records, telah menyaksikan sesi White Album Beatles di mana Ringo Starr telah keluar dan pada Mei 1969, merilis sebuah lagu berjudul "Saint Paul" tentang pecahnya The Beatles yang akan terjadi.

Lagu ini berhasil mencapai chart Bubbling Under Hot 100 di nomor 114 pada akhir Juni tahun itu dan dengan cepat dilupakan hingga beberapa bulan kemudian, ketika lagu itu diambil oleh stasiun radio sebagai penghormatan untuk "almarhum" Paul McCartney.

Sebuah program televisi yang disiarkan di WOR (New York) pada 30 November 1969, diselenggarakan oleh pengacara selebriti F. Lee Bailey, di mana Bailey memeriksa LaBour dan saksi lainnya tentang rumor kematian Paul, tetapi dia menyerahkan kesimpulan tersebut kepada pemirsa.

Sebelum rekaman, LaBour mengatakan kepada Bailey bahwa artikelnya dimaksudkan sebagai lelucon, dan Bailey mendesah dan menjawab, "Yah, kita punya satu jam televisi untuk melakukannya; anda harus mengikuti ini."

Dalam album live 1993 yang berjudul Paul Is Live, Paul memparodikan sampul Abbey Road dan petunjuk di dalamnya.


Pada tahun 2015, LaBour mengatakan kepada The Detroit News bahwa dia masih secara berkala dihubungi oleh para ahli teori konspirasi yang telah berusaha menghadirkannya dengan dugaan perkembangan terbaru mengenai rumor kematian Paul.


Mengenai kecelakaan yang dialami oleh Paul, sebenarnya dia memang mengalami kecelakaan saat mengunjungi keluarganya di Liverpool pada 26 Desember 1965.

Paul jatuh dari sepeda kumbang, membuat giginya rusak, merobek bibirnya dan meninggalkan bekas luka.


Untuk menutupi jahitannya, Paul mulai menumbuhkan kumis. Bekas luka Paul berupa gigi depan yang setengah patah dapat terlihat dalam video promosi "Paperback Writer" dan "Rain" pada Mei 1966.


Selain William Campbell, seseorang yang dikatakan sebagai pengganti Paul McCartney lainnya adalah Phil Ackrill.


Phil bersama Bonzo Dogs (kiri) dan bersama The Beatles (kanan)


Di bawah ini adalah foto John Halliday. Dia tinggal di rumah masa kecil Paul McCartney.


Sebuah teori mengatakan bahwa penampilan John Halliday terlihat identik dengan Paul McCartney "asli".


Banyak yang mempertanyakan apakah Halliday ini sebenarnya adalah Paul McCartney asli yang keluar dari Band, dan memilih untuk hidup tenang di Liverpool.



Rumor serupa yang juga telah beredar termasuk tuduhan Avril Lavigne yang meninggal pada tahun 2003 dan digantikan oleh seseorang bernama Melissa Vandella.

Ada banyak petunjuk tentang legenda ini yang muncul dalam budaya populer, termasuk:


Artikel majalah Wired Italia 2009 menampilkan analisis oleh dua konsultan riset forensik yang membandingkan foto-foto terpilih Paul sebelum dan sesudah kematian dengan mengukur tengkorak wajahnya.



Pada tahun 2010, penulis Amerika, Alan Goldsher menerbitkan novel kombinasi Paul Is Undead : The British Zombie Invasion, yang menggambarkan semua personil Beatles sebagai zombie kecuali Ringo Starr.


Pada tahun 2015, band indie rock EL VY merilis sebuah lagu berjudul "Paul is Alive", yang berisi lirik referensi untuk Beatlemania.

Pada tahun 2017, program televisi animasi Rick and Morty membuat petunjuk pada mitos itu dalam sebuah adegan di mana makhluk yang dikenal sebagai "truth tortoise" mengucapkan kalimat yang membingungkan, yang ketika diputar terbalik menghasilkan suara yang mengatakan "I'm a Beatle, Paul is dead."

(Sumber : wikipedia)

17 komentar:

  1. belum terpecahkan juga, apakah William Campbell & Paul pernah dipertemukan pada masanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk pertemuannya saya juga belum tahu..

      Hapus
  2. Konspirasi Paul Is Dead
    https://www.youtube.com/watch?v=AZYf1-WOT6M

    BalasHapus
  3. Saya emang ngerasa wajahnya sir Paul ada perubahan pas di album2/video klip setelah tahun 1966

    BalasHapus
  4. Tidak boleh ada dua matahari yang bersinar john dan paul

    BalasHapus
  5. Guys Kalian Kepikiran gak sih klo sebenernya konspirasi paul mccartney ini buat-buatan saja, sebenernya konspirasi ini hanya digunakan untuk menaikan rating the beatles dgn cara menaruh kata" aneh di setiap lagu, hal itu menyebabkan orng jadi ingin tau dan mendegarkan lagu the beatles. lalu dgn keadaan fisik paul yg berubah, atau jgn" hanya buatan mereka agar orng lbh mencari lbh dlm tntng paul dan the beatles. Cover album yg aneh, apakah membuat orng untuk mencari lbh dlm tntng the beatles. dan jaman dlu untuk dpt cover album brrti harus membeli album nya terlebih dahulu, apa jgn" itu hanya buatan mereka.

    BalasHapus
  6. john halliday bener sih lebih mirip paul mccartney

    BalasHapus
  7. Wadaw.. banyak banget clue nya di postingan ni hahaha, ane yg bukan fans Beatles jd penasaran 😁

    BalasHapus
  8. Tdk mungkin mc cartney sdh tewas. Sulit cr orang yg sama wajahnya vocalnya skillnya. Dia orang genius klu dia bkn yg asli kok beatles bubar gara2 mc cartney imitasi ingin menguasai the beatles.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mc cartney asli still life. Bohong klu sdh mati. Klu sdh mati beatles kok bubar gara2 mc cartney imitasi ingin berkuasa dg Lennon

      Hapus
  9. ringo star pernah mengatakan paul mccartney sudah digantikan 3 kali.
    mungkin saja itu : 1. john halliday, 2. william shears campbell/billy shears, 3. phil ackrill

    BalasHapus