Minggu, 11 Februari 2018

Legenda White River Monster


White River Monster adalah makhluk besar legendaris yang dilaporkan pertama kali terlihat dari tepi White River dekat Newport di bagian Timur laut Arkansas.

Meskipun dilaporkan sebagai seekor monster, makhluk ini sangat dicintai oleh penduduk setempat yang berada di dekat bagian dari White River (sungai di Arkansas), dan secara lokal disebut sebagai "Whitey".

Ilustrasi monster white river atau Whitey

Beberapa orang percaya bahwa monster itu berpengaruh terhadap perang saudara yang pernah terjadi. Sungai itu juga digunakan sebagai transportasi, dan monster itu seharusnya bertanggung jawab atas terbaliknya perahu di sungai.


Penampakannya dimulai pada tahun 1915.

Pada 1 Juli 1915, seorang pemilik perkebunan yang terletak di dekat sungai melihat monster yang ia gambarkan memiliki kulit abu-abu, dan "selebar mobil dan sepanjang tiga mobil."

Minggu pertama tahun 1937, perahu penangkap ikan rekreasi memperhatikan bahwa mereka merasa sulit untuk mendaratkan banyak ikan.

Makhluk itu kembali menampakkan diri, dan langsung dilaporkan ke Bramlett Bateman, pemilik perkebunan, yang kemudian mengonfirmasi penampakan tersebut.

Dia mendeskripsikannya sebagai makhluk yang memiliki "kulit seekor gajah, selebar empat atau lima kaki (1,2 atau 1,5 meter), sepanjang 12 kaki (3,6 meter), dengan wajah seperti ikan lele, yang bermalas-malasan (berdiam) di permukaan air."

Merasa makhluk itu adalah ancaman bagi ladang panennya, dia bermaksud meledakkan pusaran air kecil di mana makhluk itu terlihat dengan bahan peledak (TNT), namun otoritas daerah menolak hal tersebut dilakukan.

Sensasi dari media menghasilkan kehadiran pengunjung dari berbagai negara, beberapa membawa kamera, bahan peledak, dan senapan angin.

Ketika tidak ada penampakan yang terjadi, gagalnya rencana untuk menangkap ikan raksasa, dan ketika penyelam laut dalam gagal untuk menemukan makhluk itu, Bateman diduga telah menciptakan hoax, meskipun lebih dari 100 penampakan telah dicatat selama periode kehebohan monster tersebut.


Monster itu kembali terlihat lagi pada musim panas tahun 1971.

Saksi mata yang mengalami pertemuan mengatakan bahwa itu "seukuran gerbong barang (boxcar)", dengan tulang menonjol di dahinya.

Seseorang mengatakan : "Itu terlihat seolah-olah sesuatu itu telah berganti kulit, tapi itu adalah jenis kulit atau daging yang halus, dan (sesuatu) itu membuat suara-suara aneh yang terdengar seperti kombinasi antara lenguhan sapi dan ringkikan kuda."

Di bawah ini adalah foto yang diduga sebagai foto penampakan monster white river:



Kisah lain dari monster itu mendeskripsikan munculnya jejak tiga jari kaki sepanjang 14 inci di Pulau Towhead, mengarah ke sungai melalui jalur dari pohon yang bengkok dan semak-semak yang telah hancur.

Pada 1973, Senator Negara Bagian, Robert Harvey memperkenalkan sebuah undang-undang yang menciptakan perlindungan terhadap monster tersebut di sepanjang White River, dan ilegal bagi siapapun untuk mengganggu dan membahayakan monster (Whitey) di bawah perlindungan yang telah ditetapkan.

Area perlindungan tersebut berlokasi di antara "titik selatan sungai yang dikenal sebagai Old Grand Glaize dan titik utara Sungai yang dikenal sebagai Rosie."

Menurut para ilmuwan, penampakan monster White River kemungkinan sebagai kasus kesalahan identifikasi.

Ahli cryptozoologist dan ahli biologi, Roy P. Mackal menduga bahwa makhluk itu adalah "contoh jelas dari binatang air (telah dikenal) yang berada di luar habitat normal atau jangkauannya, dan oleh karena itu ia tidak dikenali oleh pengamat yang tidak terbiasa dengan jenisnya."

Mackal percaya bahwa makhluk itu sebenarnya adalah gajah laut jantan berukuran besar yang mengembara dari Sungai Mississippi menuju White River.

Seekor gajah laut jantan memiliki berat rata-rata sekitar 2,300 kg dan panjang 4,3 meter.


Gajah laut jantan memiliki banyak kesamaan dengan deskripsi dari saksi mata yang pernah mengalami pertemuan dengan monster tersebut, seperti kulit abu-abu, jejak tiga jari kaki, kulit seperti mengelupas ketika musim panas, dan suara seperti panggilan hewan peternakan (sapi dan kuda).


Rata-rata gajah laut hidup hanya sampai usia 15 tahun (meskipun mereka bisa hidup lebih lama di wilayah yang bebas dari predator), sedangkan laporan penampakan monster itu telah terjadi selama lebih dari lima puluh tahun.

Kemungkinan lainnya menyatakan bahwa Whitey hanyalah ikan berukuran besar yang tidak diketahui dan belum teridentifikasi.

(Sumber : Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar