Kamis, 22 Februari 2018

Legenda Olitiau


Olitiau adalah makhluk cryptid berwujud kelelawar atau reptil terbang raksasa yang dihipotesiskan ada di Afrika Tengah.

Kata Olitiau kemungkinan berasal dari perpaduan kata Ipulo "Ole" dan "Ntya", sebuah nama untuk tarian topeng seremonial yang digunakan untuk mewakili setan.

Nama itu bisa digunakan oleh penduduk asli Ipulo untuk menyebut setan secara umum, bukan untuk makhluk itu sendiri.

Olitiau dikatakan memiliki sayap selebar 6 - 12 kaki (1,8 sampai 3,6 meter). Tubuh mereka diduga berwarna hitam, dan sayap mereka digambarkan berwarna seperti coklat tua atau merah.

Rahang bawah mereka dikatakan memiliki gigi berukuran 2 inci, gigi bergerigi dengan jarak yang sama antara masing-masing gigi.


Ketika berburu hammer-headed fruit bat di Kamerun Selatan, Ivan T. Sanderson mengklaim bahwa Olitiau menukik ke arahnya dan ke pendamping perburuannya, Gerald Russell, di sepanjang sungai pegunungan pada tahun 1932.

Dia menyebutnya sebagai "kakek dari semua kelelawar".

Insiden yang dialami Sanderson sering digunakan sebagai contoh dari penampakan Kongamato.

Beberapa penjelasan untuk Olitiau telah diusulkan, dan terdaftar sebagai berikut :

Hammer-headed bats (kelelawar berkepala palu)


Kelelawar tersebut memiliki lebar sayap terbesar dari semua kelelawar di Afrika, yaitu sampai satu meter. Sangat mungkin bila Hammer-headed bat dilihat secara dekat dalam waktu sekejap, bisa tampak berukuran lebih besar.

Pterosaurus hidup

Meski Sanderson bersikeras bahwa apa yang dilihatnya adalah kelelawar, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa pterosaurus memiliki rambut atau struktur seperti rambut yang dikenal sebagai pycnofibers (salah satu flamen yang menyusun rambut pterosaurus).

Spesies kelelawar besar tidak diketahui

Karl Shuker mengikuti pernyataan Sanderson dalam menyarankan binatang tersebut mungkin termasuk "subordo" (suborder) dari microchiroptera.

Microchiroptera

Kemungkinan lain menduga bahwa Olitiau adalah anggota spesies kelelawar besar yang telah diketahui, namun mengalami pertumbuhan abnormal, sehingga memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran rata-rata spesiesnya.

(Sumber : wikipedia, cryptidz.wikia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar