Senin, 12 Februari 2018

Legenda Giglioli's Whale


Giglioli's Whale atau Paus Giglioli (Amphiptera pacifica) adalah spesies paus yang diakui oleh Enrico Hillyer Giglioli. Spesies ini tidak dikenali oleh komunitas ilmiah umum.

Pada 4 September 1867, di atas kapal yang disebut Magenta, sekitar 1200 mil di lepas pantai Cile, ahli zoologi melihat spesies paus yang tidak dikenali.

Paus itu sangat dekat dengan kapal (terlalu dekat untuk ditembak dengan meriam), dan diamati selama seperempat jam, memungkinkan Giglioli melakukan pengamatan yang sangat rinci.

Secara keseluruhan, paus itu terlihat mirip rorqual, sepanjang 60 kaki (18 meter) dengan tubuh memanjang.

Perbedaan paling mencolok dengan rorqual adalah adanya dua sirip punggung besar berukuran 6,5 kaki (2 meter) yang terpisah.


Tidak ada paus yang telah diketahui yang memiliki dua sirip punggung, rorqual hanya memiliki satu sirip punggung, sedangkan beberapa paus lainnya tidak memilikinya.

Rorqual

Laporan lain dari paus bersirip dua yang berukuran sama tercatat dari kapal nelayan Lily di lepas pantai Aberdeenshire di Skotlandia pada tahun berikutnya.

Pada 1983, di antara Corsica dan daratan Prancis, ahli zoologi Prancis, Jacques Maigret melihat makhluk yang tampak serupa dengan laporan sebelumnya.

Meski keberadaanya belum terbukti ada, binatang itu diklasifikasikan oleh Giglioli.

Enrico Hillyer Giglioli

Bagaimanapun, ilmuwan kemungkinan mengklasifikasikan ikan paus dengan dua sirip punggung tersebut di bawah Balaenopteridae, famili paus balin besar.


Paus tersebut mungkin merupakan mutasi genetik, sama seperti manusia yang lahir dengan polydactyly (kondisi kelebihan jari dalam dunia medis).

Beberapa paus bungkuk telah terlihat memiliki dua sirip punggung, entah itu karena luka atau cacat.

Mengingat dugaan ukuran spesies itu sebesar 60 kaki (18 meter) dan ciri (menyerupai seekor rorqual), sangat diragukan bahwa spesies semacam itu memang ada dan dilaporkan oleh penangkap paus komersial modern.

Jika binatang itu ada, hampir pasti itu adalah individu yang cacat bukan spesies (baru) yang berbeda.

Makhluk cryptid lain dengan dua sirip punggung adalah rhinoceros dolphin (lumba-lumba badak).

(Sumber : Wikipedia)

1 komentar: