Sabtu, 24 Februari 2018

Legenda Dobhar-chú


Dobhar-chú adalah makhluk cryptid dari cerita rakyat Irlandia. Makhluk ini juga dikenal sebagai Doyarchu, Dobarcu, Dhuragoo, Sea Dog, atau Irish-Crocodile.

Dobhar-chú jika diterjemahkan secara kasar memiliki arti "anjing air".

Digambarkan sebagai makhluk menyerupai seekor anjing dan berang-berang, meski terkadang digambarkan sebagai makhluk setengah anjing, setengah ikan, yang hidup di air, dan memiliki bulu dengan sifat pelindung tubuhnya.


Penampakannya telah didokumentaaikan selama bertahun-tahun. Mereka dikatakan sangat agresif terhadap manusia dan anjing.


Dobhar-chú dikatakan menyerang dalam kelompok atau pasangan. Pertama, satu dari mereka akan menyerang, dan jika serangan itu gagal, maka Dobhar-chú lain akan segera menyerang, baik mengikuti mangsanya melalui air atau mengejarnya di daratan.


Penampakan modern pertama dicatat dalam 'A Description of West Connaught' (1684), oleh Roderick O'Flaherty.

Pada tahun 2003, artis Irlandia, Sean Corcoran dan istrinya mengklaim telah melihat seekor Dobhar-chú di Pulau Omey, Connemara, County Galway.

Mereka mendeskripsikannya sebagai makhluk gelap besar yang membuat lengkingan menakutkan, berenang sangat cepat, dan memiliki kaki seperti sirip berwarna orange.


Sebuah batu nisan yang ditemukan di pemakaman Conwall di Glenade, County Leitrim, diketahui menggambarkan Dobhar-chú dan dikaitkan dengan sebuah kisah tentang seorang wanita lokal yang diserang oleh makhluk tersebut.


Batu nisan tersebut diklaim sebagai nisan kuburan seorang wanita yang dibunuh oleh Dobhar-chú pada abad ke-17. Wanita tersebut konon bernama Gráinne.

Ketika itu, suaminya diduga mendengar teriakan istrinya saat dia mencuci pakaian di Glenade Lough, County Leitrim, dan segera datang untuk memberi pertolongan.

Ketika sampai di sana, istrinya sudah meninggal, dengan Dobhar-chú berada pada tubuhnya yang berdarah dan telah dimutilasi.

Suaminya lalu membunuh Dobhar-chú dengan menikam bagian hati makhluk tersebut.

Sesaat kemudian, Dobhar-chú itu membuat suara bersiul, lalu pasangannya (Dobhar-chú lain) muncul dari jerami, mengejar pria tersebut, namun setelah pertarungan yang panjang dan berdarah, dia berhasil membunuhnya juga.

Perlu dicatat bahwa dobharchú adalah kata Irlandia modern untuk "berang-berang".

"Dobhar" adalah bentuk yang lebih tua dan kata yang asalnya sama, yang ditemukan dalam bahasa Celtic lainnya. Dalam bahasa Irlandia, "Chu" adalah "anjing".


Di zaman modern, Dobhar-chú sangat langka atau bahkan mungkin telah punah, namun mereka dikatakan masih dapat ditemukan di Pulau Achill, sebelah barat County Mayo.

Di pulau tersebut ada sebuah danau bernama Sraheens Lough. Dobhar-chú dikatakan tinggal di sana untuk saat ini.

(Sumber : wikipedia, cryptidz.wikia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar