Selasa, 23 Januari 2018

Legenda Goeldi's marmoset


Goeldi's marmoset atau Goeldi's monkey (Callimico goeldii) adalah monyet berukuran kecil dari Amerika Selatan yang hidup di atas lembah sungai Amazon yang terletak di Bolivia, Brazil, Kolombia, Ekuador, dan Peru.

Goeldi's marmoset adalah satu-satunya spesies yang diklasifikasikan ke dalam genus Callimico, dan terkadang disebut sebagai "Callimico".


Goeldi's marmoset memiliki tubuh berwarna kehitam-hitaman atau coklat kehitaman, dan rambut di kepala dan ekornya terkadang berwarna merah, putih, atau coklat keperakan.


Goeldi's marmoset memiliki panjang tubuh sekitar 20 sampai 23 cm, dengan ekor sepanjang 25 sampai 30 cm.

Mereka hidup dalam kelompok kecil berjumlah sekitar enam individu yang tinggal hanya beberapa kaki dari monyet lainnya, dan tetap berhubungan melalui teriakan (panggilan) bernada tinggi.


Di musim hujan, makanan mereka termasuk buah-buahan, serangga, laba-laba, kadal, katak, dan ular.

Sementara di musim kemarau, mereka memakan fungi, menjadikan mereka sebagai satu-satunya primata tropis yang diketahui bergantung pada sumber makanan tersebut.


Penemuan Goeldi's marmoset

Telah menjadi hal umum bagi suku hutan Peruvian dan suku Amazon Brazil untuk berbicara tentang makhluk humanoid aneh yang mendiami hutan.

Makhluk tersebut diketahui sebagai Chullachaki atau Chullachaqui, makhluk menyerupai manusia pendek dengan kaki berujung runcing terbalik, berwarna gelap seperti malam, yang tinggal jauh di dalam hutan.


Telah dikatakan membujuk mangsanya untuk mengikutinya menuju tempat jauh di dalam hutan, di mana seorang yang berpengalaman sekalipun tidak dapat menemukan jalan keluar.

Mereka melakukan hal tersebut dengan menyamarkan diri sebagai mangsa hewan, bukan sebagai pemangsa.

Kemampuan luar biasa mereka untuk meniru makhluk lain membuatnya tidak mungkin dibedakan dengan penghuni hutan lainnya, kecuali dengan bentuk kakinya yang aneh.

Chullachaqui adalah semacam roh hutan yang menjaga daratan dan binatang, dan akan menghukum seorang manusia jika mereka melanggar larangan atau melakukan hal bodoh (tidak bijaksana) di hutan.

Menurut legenda lokal, Chullachaqui adalah anggota dari spesies tua, spesies yang telah hidup jauh sebelum manusia ada, dan mereka sama sekali tidak tertarik dengan manusia.

Chullachaqui mendiami hutan yang berlokasi jauh dari penduduk manusia, di mana mereka seharusnya memiliki taman dan tanah yang bisa mereka pelihara.


Ketika misionaris Spanyol pertama kali diberitahu tentang makhluk tersebut oleh anggota suku Quechuan, dia menganggap hal tersebut sebagai suku takhayul.

Tidak sampai tahun 1904 ketika primata aneh (Goeldi's marmoset) berhasil ditemukan dan cocok dengan deskripsi dari Chullachaqui.

Spesies tersebut ditemukan oleh naturalis Swiss bernama Emil August Goeldi.

Dia terkejut dengan penemuan primata aneh yang berbeda dengan monyet lainnya, seekor monyet yang memiliki cakar, bukan kuku.


Nama Goeldi itu sendiri berasal dari nama penemunya yaitu Emil August Goeldi.

Goeldi's marmosets lebih memilih untuk mencari makan di semak belukar yang lebat dengan kelompok yang tinggal di tempat terpisah yang dipisahkan dalam jarak mil, yang sesuai dengan habitat mereka.

Karena hal tersebut, mereka tergolong sebagai binatang yang sangat langka.


Spesies ini bisa dianggap sebagai bentuk pertengahan antara tamarin, marmoset dan ceboid (kelompok monyet yang diyakini berevolusi dari prosimians (primata yang bukan monyet atau kera) yang terisolasi di Amerika Selatan).

(Sumber : Wikipedia, cryptidz.wikia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar