Selasa, 26 Desember 2017

Ikan hiu berusia 512 tahun ditemukan di Samudra Atlantik Utara


Para Ilmuwan percaya telah menemukan hiu yang dikatakan sebagai vertebrata hidup tertua di dunia yang berusia 512 tahun yang ditangkap oleh nelayan di Samudra Atlantik Utara beberapa bulan yang lalu.

Berdasarkan ukuran dan beberapa penelitian yang telah dilakukan, peneliti yakin bahwa hiu itu berusia 512 tahun (lahir pada tahun 1505).


Saat ini, hiu greenland dikenal sebagai vertebrata paling panjang umur di dunia.

Menurut sebuah penelitian di Jurnal Science, berdasarkan perhitungan panjang tubuh hiu yang mencapai 18 kaki (5,4 meter), hiu ini diperkirakan berusia antara 272 dan 512 tahun.


Hiu greenland tumbuh hanya satu centimeter setiap tahun, dan membutuhkan waktu sangat lama untuk mencapai ukuran itu.

Menurut lembar kerja Florida Museum's tentang hiu, hiu greenland dapat tumbuh hingga berukuran 8 sampai 14 kaki (2,4 - 4,2 meter), namun dapat mencapai panjang maksimum hingga 24 kaki (7,3 meter).

Hiu greenland pada umumnya hidup di laut dalam Samudra Atlantik. Meski tidak pernah diamati berburu mangsanya, hiu ini diketahui sebagai predator puncak yang kebanyakan memakan ikan.

Hiu greenland dikenal sebagai pemulung (bangkai) dan tertarik oleh bau daging busuk yang berada di air.


Profesor Praebel mengatakan, "spesies vertebrata hidup terpanjang di planet ini telah membentuk beberapa populasi di Samudera Atlantik".

"Hal ini penting untuk diketahui, sehingga kami dapat mengembangkan tindakan konservasi yang sesuai untuk spesies penting ini."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar