Minggu, 12 November 2017

Legenda Ogopogo


Dalam cerita rakyat Kanada, Ogopogo atau Naitaka (n'ha-a-itk, untuk "iblis danau") adalah seekor monster danau yang dilaporkan tinggal di Danau Okanagan, British Columbia, Kanada.

Danau Okanagan adalah danau besar di lembah Okanagan, British Columbia, Kanada. 


Panjang danau ini mencapai 135 km, lebar sekitar 4 - 5 km, dan luas permukaan berukuran 348 km. Kedalaman rata-rata danau ini sekitar 76 meter dengan kedalaman maksimal 232 meter.

Danau Okanagan

Patung Ogopogo


Ogopogo diduga telah dilihat oleh orang-orang First Nations sejak abad ke-19.


Skeptis Benjamin Radford mencatat bahwa cerita-cerita dari First Nations ini tidak mengacu pada monster danau seperti Ogopogo, namun juga mengacu kepada roh air legendaris.

Gambaran yang paling umum mengenai Ogopogo adalah makhluk berwarna hijau, berukuran 40 sampai 50 kaki (12 - 15 meter), dengan tubuh seperti ular.


Ogopogo pertama kali disebutkan berdasarkan kisah dari seorang pria di tahun 1860 yang menggiring kuda-kudanya untuk berenang di danau dekat dengan pulau Rattlesnake. 


Mereka lalu ditarik ke bawah oleh sesuatu yang tidak diketahui dan tidak terlihat. Kemudian hal itu dikaitkan dengan mitos dari Ogopogo.


Pada tahun 1926, penampakan yang diklaim sebagai Ogopogo terjadi di pantai Okanagan Mission, yang kabarnya disaksikan oleh orang-orang berjumlah 30 mobil yang mengklaim telah melihat hal yang sama.

Foto Ogopogo yang diambil oleh Eric Parameter pada tahun 1964

Pada tahun 1968, Art Folden memfilmkan apa yang diklaim sebagai rekaman makhluk Ogopogo. 


Rekaman yang diambil di sebuah bukit di tepi danau itu menunjukkan sebuah arus besar yang bergerak melintasi air. 

Dia juga mengatakan bahwa rekamannya memperlihatkan sesuatu yang besar dan hidup.

Berdasarkan hasil analisis komputer, rekaman tersebut menyimpulkan bahwa itu adalah objek gelap yang padat.



Foto Ogopogo yang diambil oleh Edward Fletcher pada tahun 1976

Pada tahun 1989, Ogopogo kembali terekam kamera oleh seorang penjual mobil bernama Ken Chaplin. 


Bersama dengan ayahnya, Clem Chaplin, mereka mengklaim telah melihat makhluk seperti ular sedang berenang di danau, yang juga menggerakan ekornya untuk menciptakan cipratan air.

Chaplin menduga bahwa hewan itu memiliki panjang sekitar 4,6 meter.




Beberapa orang percaya bahwa binatang yang dilihat Chaplin adalah berang-berang, karena karakteristik hewan itu selalu menciptakan cipratan air. Namun jika dilihat berdasarkan ukuran, tentu saja ukuran tersebut terlalu besar untuk ukuran seekor berang-berang.

Foto tahun 1985 yang memperlihatkan Ogopogo di permukaan danau Okanagan

Perangko Kanada yang menampilkan Ogopogo diterbitkan pada tahun 1990

Pada tahun 2005, sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh Benjamin Radford, Joe Nickell, dan John Kirk untuk acara TV National Geographic Channel Is It Real ?, mengungkapkan bahwa objek yang difilmkan oleh Folden memang binatang yang nyata, namun ukuran dari binatang itu terlalu tinggi.

Pada tahun 2011, rekaman video dari sebuah ponsel berhasil menangkap dua bentuk gelap di dalam air. Radford kemudian menganalisi video tersebut untuk Discovery News, dan menyimpulkan bahwa kualitas videonya buruk, dan kameranya goyang.

Namun pada detik 30, alih-alih menunjukkan satu objek panjang, rekaman itu memperlihatkan dua objek mengambang yang berdekatan satu sama lain pada sudut yang sedikit berbeda.

"Tidak ada gundukan, atau bentuk kepala, hanya dua bentuk panjang, dan gelap. Singkatnya, itu sangat mirip dengan kayu apung. Hal itu tidak mengherankan karena danau Okanagan memiliki puluhan ribu kayu bulat yang diproduksi oleh Industri kayu, yang terkadang mengapung tepat di permukaan danau."


Surat kabar lokal The Daily Courier di Kelowna, British Columbia, melaporkan bahwa dua ilmuwannya telah sepakat untuk menganalisis sisa-sisa bangkai misterius yang ditemukan di pantai Danau Okanagan.

Bangkai sepanjang lebih dari satu meter itu ditemukan oleh Dan Poppoff ketika sedang mengayuh kayak di danau.

Sampel jaringan makhluk itu dikirim ke peneliti di Ontario untuk dilakukan pengujian DNA, dan bangkainya diperiksa oleh ilmuwan di Alberta.

Meski tertarik untuk mengetahui bangkai makhluk apakah itu, Poppoff enggan untuk mengatakan bahwa bangkai yang terlihat aneh itu adalah penghuni legendaris Danau Okanagan, atau yang lebih dikenal sebagai Ogopogo.

Foto Ogopogo yang diambil oleh Dan Basaraba

Foto yang diambil oleh Michelle dan Gilles Beliveau ini memperlihatkan objek yang berada tepat di bawah permukaan danau Okanagan. Mereka memperkirakan objek ini memiliki panjang 7,6 meter dan berjarak sekitar 15 meter dari perahu

Ahli cryptozoology Inggris, Karl Shuker, mengkategorikan Ogopogo sebagai sejenis monster danau dengan banyak punuk, dan menduga bahwa itu mungkin sejenis paus primitif seperti basilosaurus. 


Namun, karena bukti fisik makhluk itu sangat terbatas, ditambah dengan foto dan rekaman video yang tidak jelas, penampakannya mungkin hanya kesalahan identifikasi dari berang-berang atau kayu apung di danau.

Basilosaurus

Kemungkinan lainnya menduga bahwa Ogopogo adalah sejenis plesiosaurs, mosasaurus, atau pliosaurus.

Sangat mungkin juga bahwa beberapa kasus kemunculan Ogopogo disebabkan karena kesalahan identifikasi dari gelombang air cukup tinggi di danau yang bergerak di permukaan, sehingga terlihat seperti pergerakan makhluk air atau ular yang panjang.

(Sumber : Wikipedia, cryptidz.wikia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar