Jumat, 24 November 2017

Legenda Cadborosaurus willsi


Cadborosaurus willsi, atau dikenal juga sebagai Caddy, atau Amy, adalah makhluk cryptid ular laut dalam cerita rakyat Amerika Utara.

Nama itu berasal dari "Cadboro" Bay di Greater Victoria, British Columbia, dan kata "saurus" dari bahasa Yunani yang berarti kadal atau reptil.

Orang-orang Sydney Inlet menyebut Cadborosaurus sebagai "hiyitl'iik".

Dalam mitologi penduduk asli Kanada (Sechelt atau orang-orang Shishalh), Cadborosaurus dijuluki sebagai "T'chain-ko".

Sedangkan bagi orang-orang K'omoks di pulau Vancouver, Cadborosaurus memiliki nama panggilan "Numkse lee Kwala".

Menurut keterangan saksi mata, Cadborosaurus willsi digambarkan menyerupai ular sepanjang 40 atau 70 kaki (12-21 meter), berleher panjang dengan kepala seperti kuda (atau unta), mungkin memiliki punuk, memiliki dua kaki depan (atau sirip depan), dan memiliki ekor seperti ekor ikan paus.

Beberapa laporan menggambarkan makhluk ini memiliki rambut di lehernya.

Ilustrasi Cadborosaurus willsi

Terdapat lebih dari 300 klaim penampakan yang terjadi selama jangka waktu 200 tahun terakhir.

Laporan pertama penampakan Caddy dialami oleh pengacara Victoria bersama istrinya ketika berlayar dengan kapal pesiar pada tahun 1933.

Mereka mendeskripsikannya sebagai "ular mengerikan dengan kepala unta !".


Setahun kemudian, lebih tepatnya tahun 1934, dua anggota pemerintah melaporkan telah melihat makhluk dengan deskripsi yang sama seperti yang dilaporkan tahun 1933.

Pada tahun yang sama, dua nelayan melaporkan telah melihat dua monster di teluk, yang salah satunya sepanjang 60 kaki (18 meter), sedangkan yang lainnya berukuran setengah dari yang pertama.

Penampakan yang cukup menarik dialami oleh dua pemburu ketika mereka mencoba mengobati bebek mereka yang terluka. 


Saat keduanya tengah mengobati bebek, monster itu langsung muncul dari air, menelan bebek, menggertak kepada beberapa burung camar, lalu menyelam kembali ke dalam air.

Mereka mencatat bahwa kepalanya berukuran 6 kaki (1,8 meter) dengan gigi tajam seperti gergaji.

Stasiun penangkapan ikan paus di Vancouver berhasil membunuh paus sperma pada Oktober 1937. 


Ketika melepaskan dan memeriksa isi perut di pelabuhan Naden, mereka menemukan bangkai makhluk tidak diketahui sepanjang 12 kaki (3,6 meter).

Bangkai itu memiliki kepala seperti kuda, tubuh seperti ular, dengan sirip ekor berduri.



Tidak ada yang tahu pasti bangkai makhluk apakah itu. 


Bahkan ilmuwan pun tidak dapat mengidentifikasikan makhluk yang ada pada foto tersebut. 

Meski beberapa di antaranya telah menduga bahwa bangkai itu memiliki ciri-ciri mamalia dan sifat reptil, mereka masih kurang yakin.

Salah satunya menduga bahwa makhluk itu adalah zeuglodon, namun penjelasan tersebut kurang tepat karena bangkai itu terlalu ramping dan kepalanya tidak sesuai dengan gambaran zeuglodon.

Pada tahun 1939, sebuah penampakan yang mungkin menjadi penampakan terdekat dengan Caddy dialami oleh Kapten Paul Sowerby.
"Kami sedang menuju utara, sekitar 30 mil dari lepas pantai, dan melihat sesuatu setinggi 1,2 meter keluar dari air. Jadi, kami memutuskan untuk bergerak ke arah itu dan mulai mengamatinya."

"Awalnya, saya pikir itu terlihat seperti beruang kutub dengan rambut yang berantakan."
 
"Ketika kami tiba tepat di sampingnya, dengan keadaan air yang jernih, di sana hanya terdapat "gumpalan seperti tiang" setidaknya sepanjang 40 kaki (12 meter) dengan mata yang besar."

"Rekan saya berkata 'Apakah kamu melihat matanya?', saya tidak memiliki ingatan lain tentang mulut dan hidungnya sama sekali, hanya (melihat) kedua mata yang sangat besar, dan mata itu sepertinya dapat dibuka dari atas ke bawah
."
Pada 13 Februari 1953, sepuluh orang melaporkan telah melihat Caddy. Semuanya melihat dalam sudut pandang yang berbeda, dan tidak ada deskripsi yang bertentangan satu sama lain.

Pada Agustus 1963, W. Hagelund mengklaim telah menangkap bayi Caddy di dekat pulau De Courcy.

Pada Juli 1991, Phyllis Harsh mengklaim telah menangkap bayi Caddy kecil berukuran 2 kaki (60cm), dan mengembalikannya kembali ke dalam air di pulau San Juan.

Pada tahun 2009, nelayan bernama Kelly Nash konon telah memfilmkan beberapa menit rekaman yang menunjukkan makhluk berukuran 10 sampai 15 kaki (termasuk yang muda) di teluk Nushagak.


Berikut Screenshot video Kelly Nash :










Beberapa penemuan bangkai yang dihubungkan dengan Cadborosaurus :

Pada 10 November 1930, sebuah kerangka sepanjang 7,3 meter dengan sirip ditemukan di pulau Glacier dekat Valdez. Sisa-sisa kerangka tersebut diawetkan di Cordova untuk studi ilmiah, dan kerangka itu mungkin milik seekor ikan paus.

Pada November 1934, bangkai yang telah terdekomposisi secara buruk sepanjang 9 meter ditemukan di pulau Henry dekat Prince Rupert.

Bangkai tersebut diidentifikasikan milik hiu penjemur (basking shark).



Pada Oktober 1937, bangkai yang diduga milik Cadborosaurus, yang berasal dari perut paus sperma ditemukan.

Sampel dari bangkai tersebut dikirim ke BC Provincial Museum.

Pemimpin museum, Francis Kermode, untuk sementara mengidentifikasikan bangkai itu sebagai janin dari paus balin.

Pada tahun 1941, sebuah bangkai yang disebut "Sarah the sea hag" ditemukan di pantai Kitsilano.

W.A. Clemens dan Ian McTaggart-Cowan mengidentifikasikannya sebagai bangkai milik ikan hiu.

Pada Desember 1947, bangkai dari makhluk sepanjang 13 meter ditemukan di pulau Vancouver, dan telah diidentifikasikan sebagai bangkai ikan hiu.


Pada 1950, bangkai makhluk yang memiliki 4 ekor dengan rambut tebal ditemukan di Oregon, dan diidentifikasikan sebagai milik hiu paus.

Pada 1956, bangkai sepanjang 30 meter dengan rambut berukuran 2 inci ditemukan di suatu tempat di dekat Alaska. Meski memiliki kutipan "makhluk tidak diketahui", W.A. Clemens mengidentifikasikan bangkai tersebut sebagai paus berparuh.

Pada April 1962, bangkai sepanjang 4,2 meter dengan kepala seperti gajah ditemukan di dekat Ucluelet. Bangkai tersebut diseret menuju daratan oleh Simon Peter, dan menduga bahwa itu adalah bangkai gajah laut.

Pada September 1963, sebuah bangkai dengan kepala menyerupai kuda ditemukan di dekat pelabuhan Oak, pulau Whidbey.

A. D. Welander dari perikanan berpikir bahwa itu adalah bangkai hiu penjemur (basking shark).

Pemimpin dari Earth and Ocean Sciences, Dr. LeBlond dan pensiunan kepala biologis di Canadian Museum of Nature, Dr. Blousfield, menyatakan bahwa setiap binatang dengan bentuk memanjang telah diajukan sebagai penjelasan untuk Caddy.

Binatang tersebut di antaranya conger eel, ikan paus bungkuk, gajah laut, oarfish, hiu penjemur, dan singa laut.


Keduanya juga menyatakan bahwa tidak ada makhluk yang telah diketahui, yang cocok dengan karakteristik Caddy, berdasarkan (lebih dari 200) penampakan yang telah dikumpulkan selama lebih dari satu abad.

Beberapa penjelasan (atau dugaan) Cadborosaurus willsi :

Zeuglodon

Deskripsi Caddy memiliki kemiripan dengan ciri-ciri mamalia, yaitu panjang, ramping, dengan ekor bercabang seperti paus.

Seekor ikan paus kuno yang sudah punah seperti zeuglodon, telah disarankan sebagai makhluk yang mungkin telah disalahartikan sebagai Caddy.

Namun, masalahnya adalah Caddy dideskripsikan memiliki kepala seperti kuda atau unta, sedangkan zeuglodon memiliki kepala yang lebih mirip ular.

Zeuglodon

Singa laut

Pada tahun 1943, dua petugas polisi, Inspektur Robert Owens dan Sersan Staff Jack Russell, melihat "ular laut besar dengan kepala seperti kuda" di Georgia Strait.

Kemudian dengan sepasang teropong, Sersan Russel melihat bahwa penampakan aneh itu ternyata hanya singa laut berukuran besar yang memimpin kawanan enam singa laut lainnya.


Bagi mata telanjang, pergerakan mereka ketika berenang yang menyelam lalu muncul kembali ke permukaan air secara terus-menerus, memang akan terlihat seperti pergerakan seekor monster laut.

Oarfish

Ada sebuah dugaan bahwa Caddy sebenarnya adalah seekor oarfish.

Hewan ini dapat tumbuh hingga sepanjang lebih dari 17 meter dengan berat mencapai lebih dari 300 kg.

Ilmuwan senior di the Scripps Institution of Oceanography, H. J. Walker mengatakan "Mereka (oarfish) panjang, berwarna perak, dan (bergerak) berombak-ombak seperti ular sebagaimana ketika mereka berenang di air."


Hiu penjemur (basking shark)

Bangkai dari hiu penjemur yang telah terdekomposisi (membusuk) sering disalahartikan sebagai Caddy, dan terkadang berhasil menipu para ahli maupun orang awam.

Bangkai hiu penjemur yang telah membusuk juga terkadang menyerupai bentuk dari plesiosaurus.



Pipefish

Michael Woodley, Darren Naish dan Cameron McCormick, beragumen bahwa "bayi Caddy" yang ditangkap oleh William Hagelund pada tahun 1968 sebenarnya hanyalah seekor Pipefish.


Beberapa orang berpikir bahwa Cadborosaurus willsi adalah makhluk reptil seperti plesiosaurus, tetapi dengan adanya rambut dan ekor seperti ikan paus, membuat cryptozoologist lainnya percaya bahwa mereka mungkin zeuglodon yang berhasil bertahan hidup dan selamat dari kepunahan.

(Sumber : Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar