Minggu, 03 September 2017

Legenda Tokoloshe


Tokoloshe, juga disebut dengan Tikoloshe atau Hili, adalah binatang kecil yang muncul dalam mitologi Zulu. Makhluk yang berbentuk seperti primata ini menghuni negara-negara Afrika selatan dan Lesotho.

Makhluk ini dikatakan bergerak cepat, bahkan gerakannya seperti hantu, dan diduga sangat menyukai susu yang mengental. 


Sebuah Laporan mengklaim bahwa Tokoloshe akan mencoba mencekik korbannya. Karena sifat kekerasan itulah penduduk setempat merasa takut terhadapnya.

Tokoloshe mungkin hidup mengembara, lalu menyebabkan kerusakan di mana pun tempat yang ia datangi, terutama mengganggu dan menakuti anak kecil, membuat Tokoloshe dianggap sebagai roh jahat yang nakal.


Tokoloshe dideksipsikan berwarna abu-abu, memiliki kuku serta jari kurus memanjang, dan memiliki lubang kecil di kepalanya. Deskripsi lainnya mengatakan Makhluk ini memiliki tampilan seperti gremlin. Ada pula yang menggambarkan Tokoloshe sebagai makhluk humanoid beruang.


Beberapa penjelasan mengatakan bahwa Tokoloshe menyerupai zombie, hingga hubungannya dengan hal-hal poltergeist, yang sengaja diciptakan oleh dukun Afrika Selatan yang tersinggung oleh seseorang.


Hal itu didasarkan karena beberapa penduduk Zulu masih percaya pada takhayul, dan hal seperti Tokoloshe, seekor makhluk berbulu, diduga diciptakan oleh penyihir atau dukun, untuk menyakiti musuhnya, baik dengan cara menggigit jari kaki orang yang tertidur, atau yang lebih parah seperti memperkosa korbannya.

Ilustrasi ketika Tokoloshe menyerang warga

Di bawah ini adalah beberapa berita yang berhubungan dengan Tokoloshe:






Menurut legenda, satu-satunya cara agar Tokoloshe tidak menggangu pada malam hari adalah dengan meletakkan batu bata di bawah setiap tempat tidur seseorang.

(Sumber : Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar