Jumat, 15 September 2017

Legenda Nguma-monene


Nguma-monene adalah makhluk cryptid yang digambarkan sebagai kadal besar dengan punggung bergerigi yang tinggal di Republik Kongo. Makhluk ini diduga sejenis hewan prasejarah yang masih bertahan hidup.

Nguma-monene, dalam bahasa Lingala berarti python atau boa besar. 


Nama itu diambil dari kata Nguma yang berarti "python, boa, atau ular", dan Monena yang berarti "besar".

Nguma-monene dideskripsikan sebagai kadal besar atau ular besar berukuran panjang sekitar 30-50 Kaki (9,1 - 15 meter), memiliki tubuh berdiameter 2-3 kaki (60 - 90 cm), berwarna coklat keabu-abuan, berkaki pendek, kepala dan lehernya seperti ular, dan memiliki punggung yang bergerigi.

Ilustrasi Nguma-monene

Laporan penampakan pertama dari makhluk ini terjadi di dekat Dongu Mataba, atau anak sungai Ubangi di Republik Kongo pada tahun 1961. 


Berselang sepuluh tahun kemudian, lebih tepatnya tahun 1971, Pastor Joseph Ellis mengaku telah melihat Nguma-monene.

Ketika melihatnya, dia memperkirakan panjang ekornya mencapai 10 meter dengan diameter sekitar 0,5 sampai 1 meter. Warnanya cenderung berwarna coklat keabu-abuan. Dia tidak melihat leher atau pun kepalanya ketika itu.


Penampakan tersebut dicatat oleh ahli biologi Universitas Chicago, Roy P. Mackal, yang juga memimpin dua ekspedisi ke rawa Likouala di Republik Kongo, saat mencari makhluk yang dijuluki Mokele-mbembe.

Mackal menyimpulkan bahwa makhluk tersebut memiliki tubuh rendah, dan lebih mirip seekor kadal daripada ular. 


Mackal juga mencatat bahwa punggungnya yang bergerigi (berbentuk segitiga atau diamond) itu, mirip dengan Mbielu-Mbielu-Mbielu, tapi Nguma-monene jelas bukanlah makhluk itu.

Nguma-Monene juga digambarkan sangat mirip dengan hewan darat masa awal, yaitu dimetrodon.


Dimetrodon bukanlah termasuk dinosaurus, karena banyaknya kemiripan dengan mamalia dibanding dengan dinosaurus. Dimetrodon dapat tumbuh sepanjang 3 sampai 3,8 meter, dan berjalan dengan cara yang sama seperti kadal modern.

Dimetrodon

Pada tahun 1928, seekor binatang menyerupai ular bernama Ngakoula-ngou atau Badigui, dilaporkan berada di daerah Ubangi-Shari. Laporan itu dibuat oleh inspektur Lucien Blancou, yang kemudian membuat laporan pertama tentang Emela-Ntouka pada tahun 1954.

Menurut laporan tersebut, makhluk itu membunuh seekor kuda nil di sungai Brouchouchou, tanpa meninggalkan bekas luka sedikit pun, dan juga menghancurkan lapangan Manioc, menyebabkan terbentuknya lintasan jalur selebar 1 sampai 1,5 meter.

Laporan serupa terjadi pada tahun 1932 dan tahun 1934, di mana makhluk itu diberi nama Diba, Songo, Mourou-ngou dan Badigui.

Dalam laporan tahun 1934, seorang pria tua datang menemui Blancou, karena pria tersebut telah diberitahu bahwa Blancou tertarik pada hewan tersebut.

Pria tersebut bercerita kepada Blancou bahwa sekitar tahun 1890, dirinya sedang memancing di Sungai Kibi (Distrik Bakala), saat melihat Badigui sedang makan dari sebuah pohon, yang disebut roro.

Dia menggambarkan lehernya setebal paha pria, dan bagian bahwa lehernya berwarna lebih terang. 


Dia tidak bisa melihat tubuhnya secara keseluruhan, hanya melihat lehernya yang berukuran 8 meter.

Pada tahun 1945, jejak binatang itu terlihat di dekat Ndélé, oleh pembawa senjata Blancou.

Pada tahun 1961, saudara perempuan tertua dari sekretaris pertama Majelis Umum Michael Zabatou, sedang mandi di Sungai Mataba, saat dia melihat kepala dan leher dari seekor makhluk yang muncul dari dalam air, sekitar 15 meter jauhnya.

Penduduk desa kemudian berlari ke tempat dia berada, ketika mendengar suara teriakannya. 


Mereka semua lalu menyaksikan binatang itu bergerak di air, dengan lidah bercabang dua yang keluar masuk melalui mulutnya, saat makhluk itu bergerak ke hulu sungai.

Penampakan lainnya terjadi pada bulan November 1971, Joseph Ellis sedang menyusuri Sungai Mataba dengan kano miliknya, saat dia melihat binatang menyerupai ular berukuran 9,1 meter dengan tubuh bergerigi, tengah berenang menyeberangi sungai, lalu keluar dari sungai, dan menuju ke hutan.

Nguma-Monene diyakini oleh beberapa orang sebagai dinosaurus yang masih hidup, kemungkinan besar sejenis spinosaurid atau spinosaurus.

Spinosaurus

Yang lainnya berpendapat bahwa Nguma-monene ini adalah dolichosaur yang masih hidup. 


Dolichosaur ("long lizard") adalah seekor reptil laut antara ular dan kadal. Hewan ini memiliki tubuh panjang dan ramping, seperti seekor ular.

Dolichosaurus

Dan dugaan bahwa makhluk itu adalah sejenis Nile monitor (Varanus niloticus), anggota besar keluarga kadal monitor (Varanidae) yang sebagian besar ditemukan di Afrika. 


Kadal ini dapat tumbuh hingga sepanjang 7 kaki (2,1 meter). Namun, punggungya terbilang halus, tidak bergerigi seperti deskripsi Nguma-monene.



Roy Mackal berpendapat bahwa Nguma-monene mungkin berasal dari spesies kadal monitor (Varanidae) yang tidak diketahui.

Sementara itu, orang skeptis mengatakan bahwa penampakan Nguma-Monene hanya kesalahan identifikasi yang dibesar-besarkan dari seekor buaya atau kadal modern.

(Sumber : Wikipedia, cryptidz.wikia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar