Rabu, 13 September 2017

Legenda Mamlambo


Mamlambo adalah makhluk cryptid yang muncul dalam cerita rakyat Afrika Selatan dan Zulu. Makhluk ini meneror desa-desa di sekitar Sungai Mzintlava, atau juga dikenal sebagai Sungai Umzimhlava, Afrika Selatan.

Saksi mata mengambarkan Mamlambo sebagai makhluk sepanjang 1,8 - 2,1 meter, memiliki leher seperti ular, kepala seperti kuda,  tubuh seperti buaya, memiliki empat kaki pendek, dan ekor yang panjang.


Saksi mata mengatakan bahwa makhluk itu mempunyai dua mata hijau berkilau, yang menurut legenda setempat memiliki semacam kekuatan memikat orang, untuk melakukan kontak mata dengan Mamlambo.

Seorang tetua bernama Matshunga, mengklaim telah melihat makhluk yang disebut sebagai Mamlambo.

"Itu adalah ular besar, saya telah melihat apa yang dilakukannya..Itu memiliki kepala dan leher seekor ular, dan bersinar di malam hari dengan lampu hijau."


Mamlambo terkenal menyeret mangsanya ke dalam wilayahnya yang berair, kemudian mulai menenggelamkan mereka. Begitu mangsanya telah mati, Mamlambo akan membuka tengkorak kepalanya dan mulai menyedot otak hingga  semua darah yang berada pada korbannya. 


Itulah mengapa Mamlambo juga dijuluki sebagai "Brain-Sucker".

Mitos tentang Mamlambo menjadi perhatian ilmuwan cryptozoologist pada tahun 1997, ketika surat kabar Afrika Selatan melaporkan tentang penampakan monster reptil raksasa di Sungai Mzintlava, di dekat Gunung Ayliff, Afrika Selatan.


Penduduk desa di daerah tersebut mengklaim bahwa makhluk itu berukuran 67 kaki (20 meter), berkepala kuda, bagian bawah seperti ikan, berkaki pendek, lehernya seperti ular, dan bersinar seperti lampu hijau di malam hari.


Selama tahun 1997 antara bulan Januari dan April, sebanyak sembilan kematian telah dikaitkan dengan Mamlambo.

Penampakan dari apa yang digambarkan sebagai reptil raksasa dilaporkan terjadi di dekat Lubaleko, sebuah desa yang terletak di Sungai Mzintlava pada bulan April 1997. 


Mereka yang tingal di daerah tersebut berdoa agar makhluk itu tidak pernah menyerang atau mendatangi mereka kembali.

(Sumber : Wikipedia, cryptidz.wikia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar