Sabtu, 26 Agustus 2017

Objek misterius di pantai Selandia Baru


Pada tahun 2016 lalu, sebuah benda asing berukuran raksasa yang ditutupi semacam rumput laut berwarna putih ditemukan terdampar di Pantai Muriwai, sekitar 25 mil barat laut Auckland, Selandia Baru.

Melissa Doubleday sedang berkendara saat dia melihat pemandangan aneh di sekitar pantai. Dia lalu memotretnya dan membagikan foto tersebut ke media sosial. 


Beberapa orang berspekulasi bahwa itu adalah monster laut, pohon natal pantai, hingga dugaan sebuah kapsul perjalanan waktu milik alien.

"Hanya penasaran, apakah ada yang tahu apa ini ??! Terdampar di Pantai Muriwai," ujar Melissa Doubleday, ketika mempostingnya di Facebook.

Objek misterius itu dijuluki dengan nama "Monster Muriwai".


Setelah kemunculannya membuat bingung dan memicu beberapa perdebatan online, pada akhirnya objek misterius itu memiliki penjelasan yang lebih masuk akal.

Menurut para ahli New Zealand Marine Sciences Society, objek ini hanyalah sepotong kayu apung besar yang seluruh bagiannya tertutupi oleh teritip gooseneck yang disebut lepas anatifera.

Kayu Apung

Lepas Anatifera

Lepas Anatifera, umumnya dikenal sebagai pelagic gooseneck barnacle atau smooth gooseneck barnacle, adalah spesies teritip di keluarga Lepadidae. 


Teritip ini seringkali ditemukan dalam jumlah banyak, serta menempel pada kayu apung, lambung kapal, dermaga, pancing, rumput, bahkan kura-kura laut.




Sebuah gempa dengan kekuatan yang cukup besar, seringkali dapat mengangkat objek atau benda yang berada di dasar laut, yang kemudian membawanya hingga ke daratan. 


Tidak jarang benda tersebut memiliki bentuk yang aneh dan tidak biasa ketika ditemukan terdampar di sekitar pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar