Senin, 07 Agustus 2017

Legenda Michigan Dogman


Michigan Dogman adalah makhluk legendaris menyerupai werewolf yang pertama kali dilaporkan pada tahun 1887 di Wexford County, Michigan.

Michigan Dogman digambarkan sebagai makhluk setinggi 2 meter, bermata biru atau kuning pekat, dengan tubuh seorang pria (manusia) dan berwajah seperti anjing. 


Dikatakan juga makhluk ini berjalan dengan kedua kakinya, serta terkadang mengeluarkan lolongan menakutkan yang terdengar seperti jeritan manusia.

Ilustrasi wajah Dogman

Ilustrasi Dogman

Pada tahun 1987, Disc Jockey (DJ) bernama Steve Cook di WTCM-FM, Traverse City, Michigan, merekam sebuah lagu berjudul "The Legend", yang pada awalnya diputar sebagai lelucon April Mop. 


Lagu ini dia ciptakan berdasarkan pada laporan penampakan sebenarnya tentang makhluk itu (Michigan Dogman).

Steve cook




Steve merekam lagu tersebut dengan dukungan keyboard dan mengkreditkannya ke Bob Farley. Setelah memainkan lagu tersebut, Steve menerima telepon dari pendengar radionya, yang mengatakan bahwa mereka pernah menemukan makhluk yang diceritakan dalam lagu tersebut.

Minggu-minggu berikutnya, lagu itu menjadi lagu yang paling banyak di minta di Stasiun radio tersebut. 


Dia juga menjual lagu itu ke dalam bentuk kaset lagu seharga empat dolar, dan menyumbangkan hasil dari lagu tersebut ke tempat penampungan hewan.


Selama bertahun-tahun, Steve telah menerima lebih dari 100 laporan tentang keberadaan makhluk itu. 


Dia kemudian menambahkan lirik-lirik baru pada lagu tersebut di tahun 1997, setelah mendengar sebuah laporan tentang seekor hewan tidak dikenal di sebuah pondok di Luther, Michigan. 

Dia kembali merekam lagu tersebut di tahun 2007, kali ini dengan dukungan Mandolin.

Penampakan pertama dari Michigan Dogman terjadi pada tahun 1887 di Wexford County, ketika dua penebang kayu melihat makhluk yang mereka gambarkan memiliki tubuh seorang pria dan kepala seekor anjing.


Penampakan lainnya terjadi di sepanjang Upper Peninsula, Michigan. 


Penduduk setempat menemukan jejak anjing tidak biasa di tanah, di sekitar beberapa ekor kuda yang telah mati, kuda-kuda tersebut diduga mati karena ketakutan.

Jejak Dogman

Pada tahun 1938, Robert Fortney sedang memancing di sungai Muskegon di dekat desa kecil Michigan di Paris. 


Sesaat kemudian, beberapa ekor anjing liar keluar dari hutan, Robert langsung menembakan pistolnya dan membuat anjing liar itu ketakutan, kecuali satu anjing besar yang berdiri di atas kaki belakangnya. 

Anjing itu berusaha menakuti-nakuti Robert dengan tatapan mata biru yang tajam. Dia sempat menembak ke arah anjing itu, namun makhluk itu sudah menghilang kembali ke dalam hutan.

Ilustrasi kejadian yang dialami Robert Fortney

Pada tahun 1950an, laporan tentang makhluk serupa juga terjadi di Allegan County. 


Pada tahun 1961, seorang penjaga malam sedang berpatroli di sekitar pabrik manifaktur di Big Rapids, Michigan. 


Saat itulah dia melihat sesosok makhluk aneh yang pada awalnya dia mengira itu adalah seorang manusia, namun ternyata sosok itu memiliki ciri-ciri seperti anjing. 

Dia menarik senjata miliknya, dan ketika hendak menembak, saat itu dia teringat bahwa dia membawa kamera. 

Dia lalu mengeluarkan kamera dan mengambil gambar binatang mengerikan itu. 

Foto miliknya belum pernah dianalisa, dan foto tersebut masih merupakan misteri yang belum terpecahkan.

Suatu malam di musim panas tahun 1961, seorang pria duduk di teras rumahnya sambil meminum kopi ditemani roti manis. 


Beberapa saat kemudian, dia melihat pergerakan di dekat pagar, di belakang bangunan. Dia menarik pistol miliknya dan mengamatinya selama beberapa menit. Dia melihat bahwa itu bukanlah seseorang, karena sesuatu itu tampak jauh lebih tinggi.

Dia menjelaskan bahwa sosok itu tampak ditutupi rambut berwarna coklat atau abu-abu. Bahunya sangat lebar dan dadanya terlihat kuat. Makhluk itu terkadang berjalan dengan empat kaki, lalu berdiri dengan dua kaki, dan terlihat seperti sedang mencari sesuatu.

Dia diam-diam berjalan ke dalam rumah untuk meraih kamera kodak miliknya. Ketika dia melangkah kembali ke teras depan, makhluk itu tengah bergerak perlahan menyusuri jalan, tepat di bawah lampu. 


Dia mengatur rana kamera untuk waktu yang lama, menahannya sesegera mungkin (meski tangannya bergetar), dan kemudian dia berhasil mengambil gambarnya. Beberapa detik kemudian, makhluk itu sudah dalam posisi merangkak, dan perlahan masuk kembali ke dalam hutan.

Foto yang berhasil didapat oleh seorang pria di tahun 1961

Laporan lainnya terjadi di Manistee dan Cross Village di tahun 1967.


Pada tahun 1968, Dee McHale di Upper Penninsula, Michigan, berhasil memotret apa yang dia duga sebagai Dogman sedang melintasi lapangan, ketika makhluk itu sedang mengikuti kawanan rusa.

Foto Dee McHale

Pada musim gugur tahun 1986, Ray Greenway sedang dalam perjalanan pulang dari perekrutan tentara Manistee di dekat Manistee, Michigan. 


Saat itu hari sudah malam, dan dia melihat sesuatu di kegelapan jalan. Lampu depannya memantulkan cahaya dari apa yang tampak seperti mata, namun terlalu tinggi untuk ukuran seekor rusa.

Tiba-tiba saja, sesosok makhluk tak dikenal itu mulai berlari ke arahnya, membuat lompatan yang luar biasa, dan melesat melintasi jalan. 


Dia sangat yakin bahwa makhluk itu bukan rusa, "Aku tahu ini bukan rusa. Saya ingat bahwa saya melihat kedua mata, seolah-olah sedang menatap saya sepanjang waktu. Dengan kemampuan lompatannya, saya tidak akan pernah melupakan hal itu."


Pada musim gugur tahun 1987, sebuah kisah pertemuan Dogman diceritakan oleh seseorang yang berasal dari kota kecil Sparta.

"Pada akhir pekan, saya dan dua sahabat saya tinggal di kabin milik keluarga saya, yang terletak tidak jauh dari kota kecil Sparta. Dua teman saya pergi, sementara saya tinggal di dalam kabin. Ketika mereka berada di jalan pedesaan, tiba-tiba keduanya melihat sesuatu berdiri di pinggir jalan."

Dari lampu depan mobil, tampaknya sesuatu itu seperti sosok manusia dengan bulu abu-abu. Semakin mendekat, sosok itu terlihat semakin jelas. Ukurannya seperti laki-laki, berdiri dengan dua kaki, ditutupi rambut atau bulu berwarna abu, dengan wajahnya seperti serigala. 


Kedua anak tersebut mengatakan bahwa itu terlihat seperti serigala dari film Hollywood.


Pada tahun 1993, daerah sekitar Reed City, Michigan telah menjadi sarang aktivitas Dogman. 


Salah seorang saksi bernama Courtney menceritakan pertemuannya yang berlangsung selama musim dingin 1993 sampai 1994. 

Courtney yang ketika itu seorang remaja, sedang menyelinap di belakang rumah orang tuanya, di dekat Danau Todd Timur Laut Reed City. Dia menghadap gudang kosong yang di berada tepat sebelah rumahnya.

"Lumbung itu selalu membuatku ketakutan, dipenuhi peralatan tua yang berkarat, papan-papan busuk, yang bersandar ke segala arah. Ayahku berkata untuk menjauhinya, karena semua itu bisa saja runtuh. Menjelang malam itu, saya berdiri sekitar lima puluh kaki dari gudang, dan melihat sinar matahari menembus celah di sisinya."

Courtney mengalihkan pandangannya dari lumbung selama beberapa menit, lalu ada sesuatu yang menarik perhatiannya. 


 "Ada beberapa gerakan, cahaya berkedip-kedip, tapi aku benar-benar tidak tahu apa itu. Lalu sosok itu menoleh ke belakang dan menatap lurus ke arahku, tingginya sekitar 1,8 meter, warnanya gelap, penampilannya seperti anjing, dengan hidung runcing, dan telinga runcing yang sangat besar."


Courtney berlari ke rumahnya untuk mengambil senter, namun ketika dia kembali ke luar, dan mengarahkan senternya ke sosok itu, ternyata dia sudah menghilang. 


Dia pun tidak pernah melihat sosok itu lagi.

Dia kemudian berbicara dengan tetangganya yang juga telah melihat sesuatu "seukuran kerbau tapi berbentuk seekor anjing", di gudang yang sama, beberapa bulan sebelum pertemuan Courtney.


Tetangganya itu merasa sangat ketakutan dan histeris selama berhari-hari. Ayahnya mengambil senjata dan mencarinya di gudang, tapi sosok itu tidak pernah ditemukan.

Pada tahun 1970an, sebuah film 8mm tua ditemukan di dalam sebuah kotak (kemungkinan sebuah kotak box). 
Film tanpa suara tersebut diisi oleh adegan keluarga di sebuah hutan bertanggal tahun 1970an. 

Pada 30 detik menuju akhir rekaman, sebuah adegan memperlihatkan makhluk merangkak berada di kejauhan, perlahan mendekat ke arah kamera, dan di detik berikutnya, makhluk itu menyerang, sehingga membuat kamera terjatuh, dan rekaman pun berakhir.

Beberapa orang mengklaim bahwa makhluk itu adalah Dogman.


Adegan terakhir sebelum rekaman berakhir


Namun, rekaman ini kabarnya telah terbukti palsu di tahun 2010. Bahkan, orang yang membuatnya pun mengakui bahwa itu hanya tipuan.

Pada tahun 2004, sebuah foto yang dikenal sebagai "Onaway Photo" diambil oleh seorang anak laki-laki yang sedang berada di mobil bersama dengan orang tuanya. 


Foto itu diambil ketika mereka beristirahat di tempat sepi, lalu anak mereka yang berada di belakang mobil, melihat makhluk itu, dan langsung memotretnya.

Onaway Photo

Foto di bawah ini diambil di wilayah Indian Wells, Arizona. Dalam foto tersebut mungkin menunjukkan sosok Dogman yang legendaris. Sementara itu, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai foto ini.

Foto dari Arizona

Pada tahun 2007, laporan lainnya diceritakan oleh seorang saksi yang ingin dirinya tetap anonim, berikut ceritanya :

"Sabtu malam, saya pulang dari rumah seorang teman di Benzonia, untuk kembali ke Traverse City. Selama perjalanan menyusuri jalan Cinder, beberapa mil di luar kota Bendon, saya mengamati sepasang mata di depan jalan. Saya pikir mungkin itu seekor rusa, lalu saya mulai melambat. Ketika semakin mendekat, saya mengetahui bahwa apapun itu, ukurannya jauh lebih besar dan jauh lebih gelap dari seekor rusa."

Dia menggambarkan bahwa makhluk itu mirip dengan serigala berwarna gelap yang sangat besar. Makhluk itu tidak berdiri dengan empat kaki, namun berdiri tegak dengan kedua kakinya. Dia memperkirakan makhluk itu setinggi 1,8 meter.

Awalnya dia percaya bahwa itu hanyalah boneka binatang raksasa yang sengaja diletakkan di sana, sebagai semacam lelucon, karena dia belum pernah melihat hal seperti itu selama hidupnya. 


Beberapa saat kemudian, makhluk itu menjatuhkan dirinya, sehingga kini berdiri dengan keempat kakinya, lalu berlari ke seberang jalan, dan menghilang ke dalam hutan yang gelap.

Dia sempat membeku di tempat duduknya, sambil bertanya-tanya makhluk apakah itu. 


Dia cukup beruntung membawa kamera digital pada malam itu, dan memotret jejak yang dibuat oleh makhluk tersebut.

Jejak kaki di wilayah Bendon

Pada tahun 2014, seorang pria merilis gambar binatang tak dikenal yang berkeliaran di Hutan Texas Timur. Pria yang tidak ingin disebutkan namanya ini, mengirim gambar itu kepada Dale Boswell, seorang musisi dari Phoenix City, Alabama.

Dalam gambar itu terlihat seekor makhluk berwarna cokelat dengan rambut pendek dan moncong panjang. Makhluk itu berada dalam posisi berlutut di atas sekumpulan daun pohon mati, dan tampaknya tidak memperhatikan kehadiran pria yang memotretnya.

Dia bertanya-tanya, apakah makhluk itu seekor Dogman atau Bigfoot ?

"Saya tidak mempunyai banyak info, karena fotografernya meminta untuk tetap anonim. Tapi baru-baru ini, saya diberi tahu bahwa pria tersebut adalah seorang pemburu di Texas Timur. Dia mengatakan bahwa dia hanya mengambil satu foto, karena dia takut dengan makhluk itu. Dia juga mengatakan belum pernah kembali lagi ke sana sejak hal itu terjadi", Tulis Boswell kepada Cryptozoology News.

Foto yang didapat Boswell

Sebuah gambar yang diambil oleh seorang wanita dari Wexford, Michigan

Rusa yang diklaim telah diserang oleh Dogman di daerah Ottawa, Michigan


Pada tahun 2016, seorang petani di sebuah desa kecil di Macedonia sedang menggali lahan baru di ladangnya, saat bajaknya menyentuh benda yang ternyata sebuah kotak yang dirantai. 


Dengan keberanian dan rasa penasaran yang tinggi (berharap menemukan emas), dia membuka kotak itu, dan menemukan tengkorak aneh yang menurutnya terlihat seperti tengkorak dari werewolf, atau "Vrkolak" dalam bahasa setempat.

Tutup kotak berisi tulisan huruf Cyrillic yang umum digunakan dalam bahasa Bulgaria dan Macedonia. 


Beberapa orang menduga bahwa tengkorak ini ada hubungannya dengan legenda Dogman.

The Novo Selo Skull

The Novo Selo Skull

Selama bertahun-tahun, penyidik Cryptozoology bernama Linda Godfrey, telah mengikuti perkembangan makhluk aneh menyerupai serigala ini. Dia juga seorang penulis yang telah menerbitkan banyak buku tentang makhluk berwujud serigala.

Linda Godfrey


Dalam bukunya The Beast of Bray Road, dia membandingkan penampakan Michigan Dogman dengan makhluk serupa yang terlihat di Wisconsin, yang dikenal sebagai Beast Of Bray Road. 


Dia memiliki bukti tentang apa yang dia yakini sebagai cetakan jejak Dogman, dan mempunyai cakar serigala besar berukuran 15 cm.

Walaupun semua saksi mata yang telah melihat hewan setengah anjing dan setengah manusia ini merasa ngeri dan ketakutan. Menurut catatan, tidak pernah ada kematian atau serang fisik terhadap manusia yang berkaitan langsung dengan makhluk ini. 


Mereka menganggap makhluk itu tidak akan menyakiti seseorang tanpa sebuah alasan yang jelas.

(Sumber : Wikipedia)

1 komentar:

  1. Mahkluk yg belum teridentifikasi, kostum, atau mungkin werewolf.

    BalasHapus