Rabu, 02 Agustus 2017

Cacing Raksasa ditemukan di Vietnam


Sekitar bulan November 2013, beberapa situs online sempat dihebohkan dengan berita tentang makhluk raksasa, atau lebih tepatnya cacing raksasa di Vietnam. kemunculannya membuat orang bertanya-tanya, makhluk apakah yang terdampar di daratan tersebut.




Menurut kabar yang beredar, makhluk yang tampak seperti cacing raksasa itu ditemukan oleh warga saat mereka sedang menggali tanah. Karena ukurannya yang besar, kemunculan makhluk ini dengan segera menjadi pusat perhatian warga.

Mereka lalu datang beramai-ramai ke lokasi kejadian untuk melihat monster itu, dan beberapa orang lainnya datang karena penasaran dengan ukurannya yang terbilang sangat besar untuk ukuran seekor cacing.

Beberapa saat kemudian, makhluk besar itu diangkat ke sebuah truk untuk dipindahkan ke suatu tempat.



Spekulasi aneh muncul, dan mengatakan bahwa makhluk itu adalah cacing raksasa seperti dalam film Tremors, atau cacing pasir dalam film Dune, bahkan dugaan bahwa cacing ini adalah hasil eksperimen genetik yang gagal dari alien.

Beberapa orang yang memeriksa video ini berpendapat bahwa kejadian ini tidak menunjukkan makhluk besar yang telah digali dari tanah.

The Huffington Post bertanya kepada Loren Coleman, seorang direktur Museum Cryptozoology Internasional di Portland, Maine, mengenai makhluk yang muncul dalam video tersebut. 


Coleman yakin bahwa makhluk itu mungkin paus sirip.

Paus Sirip (Fin Whale)

Dalam sebuah email, Coleman mengatakan : "Ini hanya monster di mata penduduk desa dan media, tapi bagi ilmuwan Cryptozoologist, Zoologist and Marine Biologist, ini tentu saja paus balin."

Situs web tersebut juga menghubungi Gary Griggs, yang berada di Laboratorium Long Marine di University of California, Santa Cruz. 


Dia mengatakan bahwa itu jelas bukan cacing, mungkin itu paus biru.

Paus Biru

Cryptozoologist Jerman, Markus Hemmler, menulis : 


"Loren, saya membaca bahwa anda mengatakan kepada Huff, bahwa 'Graboid' di Vietnam yang baru ditemukan mungkin adalah paus sirip. Itu adalah paus Bryde dan saya menemukan sejarah lengkap yang mungkin menjelaskan dari awal terdampar sampai ke kuburannya. Semua yang terbaik, Markus."

Paus Bryde

RocketNews24 menerbitkan klarifikasi tentang lokasi sebenarnya mengenai kejadian ini : 


"Kami sebelumnya melaporkan bahwa monster itu ditemukan di Vietnam. Setelah beberapa komentar dari beberapa pembaca kami, kami memeriksa dan berkonsultasi dengan seorang pembicara Vietnam dan menemukan bahwa itu sebenarnya terjadi di Kamboja."

Sebuah penjelasan mengatakan, kemungkinan video tersebut memperlihatkan seekor paus terdampar, yang sudah dalam keadaan mati, dan siap diangkut dalam sebuah truk untuk dimakamkan. 


Ikan paus sangat dihargai dalam kebudayaan mereka. Hewan itu sama sekali tidak diburu ataupun dimakan oleh penduduk di sana.

Sebagai contoh, di Vietnam, paus dianggap sebagai pertanda keberuntungan. Namun, ketika hewan itu mati, para nelayan akan bekerja sama untuk menarik hewan itu ke pantai, dan akan dilakukan semacam upacara pemakaman.


Contoh lainnya, pada tahun 2010, ketika seekor ikan paus mati ditemukan 26 mil di lepas pantai, 10 kapal nelayan bekerja sama untuk menarik bangkai itu ke tanah untuk dimakamkan. 


Hal itu mereka lakukan sebagai bentuk cinta dan penghormatan besar kepada makhluk laut (terutama kepada ikan paus).

Bangkai paus yang akan dikubur di pantai Phan Rang Vietnam

Meski mengubur makhluk laut di darat terasa aneh, hal itu justru sudah menjadi kebiasaan nelayan setempat. Bagi mereka, mengubur bangkai ikan paus akan memberi mereka keberuntungan ketika melaut, dan itu merupakan tradisi lama yang sering dilakukan oleh nelayan sejak dulu.

1 komentar: