Minggu, 30 Juli 2017

Hewan langka tertangkap kamera di China


Pada Januari 2017, sebuah rekaman video memperlihatkan seekor makhluk misterius menyerupai persilangan antara seekor kuda dan rusa, terlihat di pedesaan China.

Rekaman tersebut direkam oleh kamera yang dipasang oleh tim Cagar Alam Danau Ebi, Xinjiang, Cina, untuk mencari tahu tentang spesies yang tidak diketahui di daerah tersebut. 


Periset telah memasang lima kamera inframerah di sekitar lahan basah Danau Ebi untuk menangkap aktivitas mereka.

Menurut People's Daily, rekaman tersebut diambil pada bulan Desember 2006 di Danau Ebi, di dekat perbatasan Cina dan Kazakhstan. 


Dalam rekaman tersebut, terlihat seekor hewan langka terekam kamera selama beberapa detik sedang memakan rumput.



Ini adalah pertama kalinya pejabat kehutanan Cina melihat spesies langka, yang dikenal sebagai "rusa kuda" atau rusa merah Danau Ebi dalam waktu sekitar satu dekade terakhir.

Diketahui bahwa sejak tahun 2000, para ilmuwan dan pejabat kehutanan terus meneliti spesies misterius tersebut. 


Kemudian pada tahun 2004, tim tersebut menangkap seekor rusa merah Danau Ebi dan mengirimkannya untuk dilakukan analisis DNA. 

Hasil dari tes DNA, menunjukkan bahwa kerabat terdekat rusa tersebut adalah spesies gansu wapiti, yang tinggal di Provinsi Gansu di dekatnya. 

Tim itu juga telah mengumpulkan data tentang sampel kotoran dan rambut dari binatang tersebut.


Gansu Wapiti dikenal sebagai spesies sangat langka dan hampir punah, yang diyakini populasinya kini hanya sekitar 100 ekor. 


Karena daerahnya sangat terpencil dan sulit dijangkau, membuat peneliti sangat sulit sekali untuk mengumpulkan data tentang banyaknya hewan di sekitar wilayah Danau Ebi yang terancam punah. 

Para peneliti juga mengaku belum menemukan bukti kuat lainnya, untuk mengetahui identitas asli dari binatang yang tertangkap kamera tersebut.

2 komentar: